Cara mengecek mesin mobil bekas wajib anda ketahui bagi anda yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas. Saat ini mobil merupakan alat transportasi yang menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan fasilitas transportasi umum dirasa kurang menunjang sehingga banyak orang yang lebih tertarik menggunakan kendaraan umum. Akan tetapi harga mobil yang sangat tinggi membuat tidak semua orang dapat memiliki mobil idaman mereka.

Namun bukan berarti anda tidak dapat memiliki mobil seperti yang lainnya. Saat ini anda dapat menyiasati keadaan tersebut dengan membeli mobil bekas. Bagi sebagian orang mungkin kurang terlalu mempercayai kualitas mobil-mobil bekas. Karena tidak mengetahui bagaimana pemakaian mobil sebelumnya seperti apa. Banyak pembeli yang terkecoh hanya dengan tampilan fisik mobil saja seperti cat mobil yang masih mengkilap, bodi mobil yang tidak memiliki cacat, dan bau wangi kabin. Padahal bisa saja sebelumnya, penjual mobil mencuci dan membersihkan kabin mobil. Bahkan banyak yang memoles beberapa bagian mobil sehingga tampak baru dan menarik minat banyak orang

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir dengan trik penjual yang seperti itu . Anda juga bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang masih bagus. Bagaimana caranya? Telitilah sebelum membeli mobil yang anda inginkan. Pastikan anda tidak terkecoh hanya dengan melihat penampilan luarnya saja. Periksalah bagian mesin pada mobil yang akan anda beli. Berikut beberapa tips cara mengecek mesin pada mobil bekas apakah masih dalam peforma yang baik atau tidak.

Pemeriksaan Fisik Mesin
Sebelum menghidupkan mesin mobil, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dahulu pada kondisi fisik mesin. Pemeriksaan dapat anda mulai dengan membuka kap mesin, kemudian amati apakah mesin pada mobil dalam kondisi yang terawat atau tidak. Mesin mobil yang terlalu kotor dapat menunjukkan bahwa mesin mobil kurang terawat sebelumnya. Selain itu amati satu persatu bagian mesin mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya. Perhatikan pula baut dan mur pada mesin mobil. Pastikan tidak ada baut dan mur yang cacat.

Periksa Tali Kipas
Setelah itu, lakukan pemeriksaan pada tali kipas. Pemeriksaan tali kipas dapat anda lakukan dengan menggoyang-goyangkan tali kipas pada mobil tersebut. Dalam keadaan normal, tali kipas akan terasa kendur saat digoyangkan. Namun apabila tali kipas terasa keras, ada kemungkinan jika sebelumnya mobil dipakai bekerja terlalu keras atau sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Pemeriksaan Radiator
Anda dapat melakukan pemeriksaan radiator dengan cara membuka tutup beserta reservoirnya. Perhatikan apakah kondisinya keruh atau jernih. Dalam keadaan normal harusnya jernih. Jangan lupa untuk memeriksa penampung oli power steering, washer wiper, dan juga selang-selangnya. Selang yang masih dalam kondisi yang baik adalah selang yang masih empuk.

Periksa Oli Kendaraan
Periksa oli kendaraan mobil yang akan anda beli dengan mencabut dipstick dan kemudian pegang oli yang berada pada ujung dipstick. Apabila kondisi oli dalam keadaan encer, tidak pekat, dan lengket, hal ini menunjukkan oli kendaraan masih dalam keadaan yang bagus. Selain itu, periksa juga bau oli kendaraan. Bila oli dalam keadaan yang baik maka tidak akan tercium bau terbakar atau gosong pada oli. Lakukan juga pemeriksaan ini setelah mesin dihidupkan. Dalam kondisi normal harusnya oli akan lebih encer daripada sebelumnya.

Pemeriksaan Aki Kendaraan
Lakukan pemeriksaan pada aki, terminal aki, perkabelan, kotak sekering mesin dan kabel busi. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan aki dengan melihat tanggal aki. Kondisi aki yang masih sangat terawat maka alternatornya akan berjalan dengan baik. Selain itu pada terminal aki, apabila terlihat sering dibuka tutup maka akan menunjukkan kondisi aki yang tidak baik. Lakukan pula pemeriksaan pada kabel busi. Dalam keadaan yang normal, kabel busi akan terasa lemas dan tidak kaku. baca juga: merawat aki mobil.

Pemeriksaan Bagian Bawah Mobil
Cermati bagian bawah mobil untuk memastikan tidak ada bagian mobil yang bekarat. Pastikan juga tidak ada tetesan oli yang berasal dari bagian bawah mobil. Selain itu perhatikan apakah terdapat bercak-bercak hitam pada saluran pembuangan gas. Bercak hitam pada knalpot menunjukkan bahwa terdapat kebocoran di dalamnya. Pastikan jangan membeli mobil tersebut apabila dalam keadaan seperti ini.

Hidupkan Mesin dan Periksa Komponen dalam Mobil
Setelah selesai dengan pengecekan fisik mesin, coba untuk menghidupkan mesinnya. Mobil yang terawat dengan baik, ketika dinyalakan akan langsung menyala dan tidak tersendat sendat meskipun dalam keadaan dingin. Kemudian cek semua indikator pada dashboard mobil apakah semuanya dapat berfungsi normal atau tidak. Nyalakan semua komponen mulai dari AC hingga lampu-lampu pada mobil. Dalam keadaan mesin yang menyala, perhatikan suara mesin mobil. Mesin mobil yang masih baik akan mengeluarkan suara yang halus dan konstan. Pastikan suara mesin tidak tersendat pada saat mesin dalam kondisi stasioner. Dan juga perhatikan suara mesin apakah terdapat suara seperti gesekan logam atau tidak.

Periksa pula bagian saluran pembuangan gas, perhatikan warna asap knalpot . Apabila asap yang keluar berwarna hitam, hal ini menunjukkan bahwa mobil tersebut sangat boros. Namun apabila asap yang dikeluarkan berwarna putih, maka menunjukkan terdapat kerusakan pada ring pisto atau seal klep.

Anda juga perlu memperhatikan bagian ujung knalpot. Apabila ujung knalpot hitam dan banyak terdapat jelaga, hal ini menunjukkan bahwa campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar tidak ideal. Biasanya mobil dengan keadaan saluran pembuangan gas seperti ini memiliki tenaga yang payah. Mesin knalpot yang masih bagus dapat dilihat dengan keadaan bagian ujungnya yang tetap bersih dan berwarna cokelat kemerahan.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada AC mobil. Periksa bagian kondensor AC yang biasanya terletak dekat dengan radiator. Pegang dengan hati hati dan lihat apakah kondisi kondensor AC sudah cukup panas atau belum. Kondensor AC yang masih baik harusnya tidak cukup panas. Periksa juga dyer atau filter dan penampung freon. Lihat dengan seksama apakah pada gelas pengintip terdapat gelembung atau tidak. Pada keadaan normal harusnya jernih dan tidak terdapat gelembung atau busa. Selain itu dyer yang mengalami kebocoran biasanya akan terlihat kotor.

Pemeriksaan Lampu-Lampu pada Mobil
Perhatikan nyala lampu mobil. Pastikan nyala lampu harus seimbang antara lampu kanan dan kiri begitupun dengan lampu rem.

Pemeriksaan Komponen yang Menggunakan Listrik
Nyalakan dan perhatikan kinerja semua bagian mobil yang menggunakan listrik seperti:

power mirror
power window
power rectangle
wiper
dan beberapa komponen lainnya.

perhatikan dengan cermat dan pastikan semua komponen bekerja dengan normal dan sesuai dengan fungsinya.

Uji Coba Mobil
Setelah pemeriksaan semua bagian mobil telah dilakukan dan anda tidak menemukan sesuatu hal yang buruk. Maka sebaiknya anda perlu mencoba mobil tersebut. Lakukan tes jalan di berbagai kondisi jalan baik jalanan macet, menanjak, menurun, jalanan yang berkelok-kelok serta lakukan juga pada jalanan yang lurus dan dengan jarak yang cukup jauh. Lakukan pula pada jalanan sepi dengan tidak ada kendaraan lain yang melintas , hidupkan mesin dan masukkan gigi pada posisi satu kemudian injak pedal gas setengah lalu ganti gigi pada posisi tiga dengan terus menginjak pedal gas. Apabila perubahan kecepatan gigi dan putaran mesin cukup cepat berarti akselerasi mobil masih sangat bagus.

Selain pemeriksaan mesin seperti diatas, anda juga harus teliti dalam berbagai hal lainnya seperti pemilihan tempat membeli mobil bekas, apakah terpercaya atau tidak. Kelengkapan surat-surat mobil mulai dari STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKP, pastikan STNK dan BPKP kendaraan asli sehingga memudahkan anda dalam pembalikan nama. Jika anda masih kurang yakin, anda dapat memastikan cek fisik melalui kantor samsat terdekat. Yang lebih penting lagi adalah pastikan bagian-bagian mobil tersebut masih original. Anda dapat mengkonfirmasi nya langsung kepada pemilik mobil. Teliti dengan cermat mobil yang anda akan beli agar tidak terjadi masalah di kemudian harinya.

Sekian informasi tentang cara mengecek mesin mobil bekas. Apabila dirasa anda masih susah memahami penjelasan diatas. Anda dapat mengajak teman atau keluarga anda yang benar-benar paham mesin mobil untuk membantu anda memilih mobil bekas sesuai dengan keinginan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here