Mesin mobil merupakan bagian mobil yang paling pital. Keadaan mesin mobil sangat menentukan gerak atau kinerja mobil itu sendiri. Jika keadaan mesin mobil kurang oftimal, maka anda harus waspada dan segera lakukan pengecekan.

Biasanya pengendara mobil bisa merasakan sendiri keadaan mesin mobilnya ketika sedang mengendarai mobil. Saat merasakan sesuatu yang tidak biasanya, disitulah mobil kamu sedang mengalami masalah. perawatan mesin mobil memang sangat perlu dilakukan secara rutin.

Jangan anggap remeh jika sudah terjadi masalah pada mesin mobil kamu, segeralah lakukan pengecekan. Bila kamu bodo amat dengan keadaan mesin mobil kamu, sia-siap saja mobilkamu akan turun mesin. Bila mobil kamu turun mesin, siapin saja duit yang banyak, karena biaya untuk memperbaiki mesin mobil yang turun mesin tidak sedikit. Baca juga mengenai tenaga mesin mobil ngempos.

Ciri-Ciri Mesin Mobil Masih Bagus

Daripada menunggu mesin rusak mending melakukan pengecekan secara berkala. Caranya yaitu selalu mengecek bagian-bagian mesin mobilkamu dan tidak membiarkan masalah yang terlihat sepele, karena jika yang sepele dibiarkan lama-lama menjadi masalah besar juga.

Mungkin bagi beberapa pengendara mobil tidak begitu paham dengan yang namanya permesinan. Jika begitu adanya, kamu bisa bawa mobil kamu ke bengkel dan biarkan orang bengkel yang bekerja sesuai keahliannya dalam mengecek dan memperbaiki mobil. Baca juga mengenai mesin mobil panas saat macet.

Tapi bila kamu mau melakukan pengecekan sendiri pada mesin mobil kamu. Alangkah lebih baik kamu tau ciri-ciri mesin mobil kamu masih bagus atau tidaknya, supaya kamu tau bagian mana yang perlu diperbaiki dan penanganan seperti apa yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa kamu teliti pada mesin mobil kamu :

1. Mesin Mobil Masih Memiliki Suara Halus

Ciri ciri mesin mobil masih bagus yang pertama ialah mesin masih bersuara halus. Saat mesin mobil dihidupkan suara mesin mobil halus dan konstan. Tidak terdengar suara asing yang keluar dari mesin mobil, seperti suara logam yang saling berbenturan atau suara lainnya.

Bila kamu berada di tempat ramai, biasanya suara mesin mobil susah untuk diteliti. Sebaiknya bawa mobil kamu ke tempat yang sepi kemudian hidupkan mesin mobil kamu selama 5 menit lalu buka dan tutup kap mesin, lakukan berkali-kali sampai benar-benar suara mesin mobil terdengar halus dan tidak tersendat-sendat. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

2. Tidak Terjadi Kebocoran Bahan Bakar atau Oli

Ciri ciri mesin mobil masih bagus yang kedua ialah tidak ada kebocoran pada bahan bakar dan oli. Bahan bakar atau oli yang berceceran menandakan adanya suatu kebocoran yang terjadi pada bagian selang atau penyimpanan bahan bakar/oli.

Mesin mobil yang masih bagus ditandakan dengan tidak adanya kebocoran pada komponen mesin mobil seperti halnya bahan bakar, oli atau cairan lainnya. Selain itu, mesin mobil yang masih bagus ditandain dengan baut atau mur yang masih terpasang dengan baik pada mesin dan tidak dol.

3. Oper Gigi Berlangsung Cepat

Ciri ciri mesin mobil masih bagus selanjutnya yakni oper gigi masih lancar. Mesin mobil yang bagus biasanya saat mengoper gigi berjalan lancar, tidak terasakeras dan berlangsung cepat. Supaya tuas gigi tetap bagus kinerjanya, biasakan mengoper gigi secara baik juga benar dan jangan asal-asalan.Jika perpindahan gigi agak sulit, maka menandakan adanya masalah yang terjadi pada mesin mobil.

4. Lampu Indikator Tidak Ada yang Menyala

Fungsi dari lampu indikator adalah untuk mengetahui adanya kerusakan yang terjadi pada mesin mobil. Jika mesin mobil mengalami kerusakan, biasanya lampu akan menyala.

Lampu indikator letaknya di panel instrumen yang menyatu dengan speedometer juga techometer.Cek semua lampu indikator, mulai dari indikator mesin, rem, temperatur mesin, aki, bahan bakar, oli, dan lampu indikator lainnya.

5. Pada Ujung Kenalpot Terlihat Bersih

Ciri mesin masih bagus juga ditandain dengan keadaan ujung kenalpot yang bersih dan berwarna agak coklat kemerahan. Warna tersebut dihasilkan dari adanya campuran bahan bakar dan udara yang berlangsung stabil pada ruang pembakaran dan komposisi yang pas.

Untuk mengeceknya, nyalakan mobil beberapa menit kemudian lihat ujung kenalpot mobil kamu. Apabila ujung kenalpot terlihat kotor, itu menandakanmesin mengalami masalah.

6. Warna Asap Normal

Ciri ciri mesin mobil masih bagus berikutnya adalah asap yang masih normal. Kondisi mesin dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari kenalpot. Asap yang normal pada kenalpottidak berwarna hitam, tidak putih, tidak juga berwarna kebiruan. Karena jika asap kenalpot berwarnahitam, putih atau kebiruan, tandanya ada masalah yang terjadi pada komponen mesin.

7. Keadaan Temperatur Mesin Normal

Temperatur mesin yang normal antara 85 sampai 95 derajat celcius. Bila terjadi temperatur mesin tinggi atau overheating mesin akan tiba-tiba mati, berarti mesin mobil bermasalah.

Untuk mengetahui temperatur mesin dalam keadaan normal atau mesin terjadi overheating atau tidak, kamu bisa mengeceknya dengan cara melihat lampu indikator temperatur yang terletak di panel speedometer.

8. Mesin Bertenaga Maksimal

Mesin mobil yang bertenaga maksimal dapat dirasakan saat melaju dalam kecepatan tinggi. Semakin cepat kendaraan melaju, berarti tenaga mesin semakin bagus. Sebaliknya bila mobil melaju pelan, tandanya tenaga mesin sudah melemah.

Selain itu cek juga bagian kompresi mesin, pastikan tidak terjadi kebocoran karena bila terjadi kebocoran tenaga mesin akan kecil atau lemah.

9. Tersambungnya Timing Belt

Timing belt bertugas untuk mengalirkan tenaga dari poros menuju nok. Pastikan timing belt masih tersambung, karena bila timing belt tidak tersambung akan mengakibatkan masalah pada mesin. Masalah yang timbul adalah terjadinya tabrakan antar klep dan juga piston.

10. AC Mobil Masih Dingin

Ciri lain untuk mengetahui mesin mobil dalam keadaan baik atau tidak dapat dilihat dari kinerja AC. Bila AC masih dingin, tandanya mesin mobil masih bekerja dengan baik. Namun jika mesin bermasalah, kinerja AC akan terputus sehingga AC tidak bekerja dengan wajar.

Sampai disini ulasan kali ini mengenai Ciri-Ciri Mesin Mobil Masih Bagus. Keadaan mesin yang prima menentukan laju mobil dan kenyamanan saat berkendara. Jaga terus keadaan mesin mobil kamu dengan cara selalu mengecek kondisi mesin secara berkala.

Lakukan juga perbaikan pada komponen mesin yang bermasalah dengan cara membawa mobil ke bengkel atau memperbaiki sendiri bila mampu. Jangan biarkan mesin mobil dalam keadaan kurang frima, sebab jika dibiarkan mesin mobil akan mengalami turun mesin.Kalo sudah turun mesin, ya wasalam.Gak usah diperbaiki mending beli mobil baru hehe

Semoga artikel kali ini yang membahas mengenai ciri ciri mesin mobil masih bagus bisa berfaedah bagi semua yang telah membaca. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktunya membaca artikel saya ini. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya atau di lain kesempatan ya sobat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here