Kelebihan dan Kekurangan Mobil FerozaDaihatsu Feroza merupakan salah satu jenis mobil SUV yang memiliki desain sama dengan mobil Rocky ataupun Traft namun diusung dengan menggunakan mesin bensin.

Mobil pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 1992, mobil ini memang dirakit lokal sama dengan Rocky dan Traft.

Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Feroza yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Mobil Feroza
Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil Feroza:

1. Desain Eksterior Nya Yang Gagah

Hal yang menjadi kelebihan dari mobil feroza ini adalah desainnya yang gagah dan macho. Eksterior nya memang didesain dengan tampilan kotak yang minim dengan lekukan. Tampilannya yang gagah juga didukung dengan ground clearancenya yang memang tinggi serta desain pilar B yang dapat difungsikan sebagai pelindung rollover.

2. Mampu Berjalan Pada Jalanan Lumpur atau Banjir

Karena desain ground clearance nya yang tinggi ini lah, membantu mobil ini melewati jalanan pada saat banjir. Bahkan mobil ini mampu melesat pada kondisi jalanan yang banjir sekalipun. Selain itu, mobil ini juga akan sangat cocok digunakan sebagai kendaraan proyek yang harus melewati medan yang terjal sekalipun.

3. Kapasitas Muatan Yang Besar

Mobil ini termasuk jenis mobil SUV, sehingga memiliki ukuran yang cukup besar dan dapat menampung penumpang yang lebih banyak dibandingkan jenis mobil lainnya. Kabin mobil ini dapat menampung hingga 6 orang penumpang di dalamnya. Sehingga bagi anda yang memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, mobil ini akan sangat direkomendasikan untuk anda.

4. Peforma Mesin

Mobil ini didukung oleh mesin dengan kapasitas 1.6 liter yang dapat menghasilkan power hingga 94 Hp pada putaran 5700 rpm serta torsi mencapai 127 Nm pada putaran 4800 rpm. Meskipun terlihat sangat lemah untuk ukuran bodinya yang besar, namun mesin mobil ini sangat disenangi pecinta mobil Daihatsu karena terbilang lebih bagu bila dibandingkan dengan mesin karburator. Hal ini dikarenakan mesin mobil ini sudah berkonfigurasi 16 katup.

5. Sistem Suspensi Mobil

Sistem suspensi pada mobil feroza ini sudah memerapkan double wishbone yang peredan kejut telescopic serta stabilizer nya sudah menggunakan pegas torsi bar. Hal ini lah yang membuat anda merasa nyaman menggunakan mobil ini meskipun anda berada pada jalanan yang rusak sekalipun.

6. Sistem Pengereman Yang Digunakan

Kelebihan lainnya dari mobil ini terletak pada sistem pengereman yang digunakan. Sitem pengereman mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram yang lengkap dengan booster pada roda bagian depan. Sedangkan pada roda belakang masih menggunakan rem drum dengan leading dan trailing. Dan untuk rem parkirnya, mobil ini menggunakan rem mechanical internal expansion pada bagian roda depan. Sehingga membuat anda merasa nyaman saat memarkirkan mobil baik di jalanan miring, menurun, hingga menanjak sekalipun.

Kekurangan Mobil Feroza
Selain kelebihan-kelebihan diatas, ternyata ada kekurangan pada mobil feroza tersebut antara lain adalah:

1. Akses Belakang Yang Cukup Sulit

Yang menjadi kekurangan dari mobil feroza ini adalah akses belakangnya yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan mobil ini menerapkan pintu samping di depan serta pintu belakang yang berada di belakang jok penumpang belakang. Sehingga membuat anda akan kesulitan mengakses bagian belakang mobil ini.

2. Fitur Interiornya Sangat Minim

Kekurangan lainnya yang mudah terlihat adalah pada desain interior mobil ini. Meskipun desain eksteriornya cukup tangguh dan gagah, namun hal ini berbanding terbalik dengan interior mobil ini. Fitur-fitur pada interior mobil terbilang sangat minim. Bahkan sistem keamanannya pun masih sangat kurang. Sehingga bagi anda pecinta fitur-fitur berteknologi, sepertinya anda kurang cocok dengan mobil yang satu ini.

3. Harga Jualnya Sangat Rendah

Meskipun mobil bekas nya dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 50-60 juta saja, namun sayangnya harga jual dari mobil ini cukup rendah. Hal ini lah yang menjadi kekurangan dari mobil feroza. Mobil ini terjual pada harga sekitar 30-40 juta rupiah saja.

4. Konsumsi Bahan Bakarnya Cukup Boros

Meskipun menggunakan bahan bakar bensin, namun konsumsi bahan bakar dari mobil ini dapat dikatakan cukup boros. Bahkan perbandingan konsumsi bahan bakar pada mobil feroza mencapai 1:4 hingga 1:6.

Meskipun mobil ini diproduksi pada tahun 1984 hingga 2002, namun mobil ini bisa direkomendasikan bagi anda yang memang berkegiatan di jalanan-jalanan terjal. Untuk kisaran harga mobil ini juga dinilai sangat terjangkau. Nah itu dari kelebihan dan kekurangan mobil feroza yang lengkap. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here