Jika mobil matic sering rusak itu membuat kita harus selalu membawanya ke bengkel untuk service. Dan mungkin bisa mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Oleh karena itu kami akan memberi tahu 10 penyebab kerusakan ada mobil matic. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

  1. Getaran Pada Mobil

Getaran pada kendaraan dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang normal dikarenakan mesin mobil yang bekerja. Namun jika getaran yang ada malah terasa menganggu, maka hal tersebut bisa jadi dikarenakan masalah pada sistem transmisi mobil. Selain itu getaran tersebut juga bisa dikarenakan masalah pada kampas kopling yang sudah mulai aus. Sehingga menimbulkan adanya gesekan yang terjadi di amplas kopling. Hal ini yang membuat terjadinya getaran saat mobil dikendarai.

  1. Tarikan Berat Atau Kadang Tersendat

Terkadang mesin dapat bergetar bahkan menghentak saat pedal gas sedang diinjak serta pedal rem yang dilepas perlahan. Jika kondisi seperti tersebut, maka mungkin terdapat 2 kerusakan yang terjadi. Pertama jika transmisi matic dengan jenis elektrik mungkin terdapat kerusakan pada bagian solenoid pressure (TCM Speed Sensor). Masalah kedua adalah pada jenis transmisi otmatis konvensional, biasanya dikarenakan kebocoran pada oli mesin ataupun oli mesin dalam keadaan kotor dan lama tidak diganti sehingga menjadi menyebabkan tekanan yang mana akhirnya tidak mampu mengangkat perpindahan gigi yang terjadi pada putaran mesin.

  1. Susah Menggunakan Gigi Mundur

Bila mesin mengalami kerusakan yang cukup parah, maka masalah yang dapat terjadi akan jauh lebih banyak. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic adalah susah ketika menggunakan gigi mundur. Biasanya ini terjadi karena kerusakan yang ada pada sistem mekanis transmisi otomatis yang mana dapat menimbulkan kerusakan pada tuas gigi mundur.

  1. Tuas Gigi Sulit Bahkan Tidak Bisa Dipindahkan

Kerusakan seperti ini biasanya terjadi ketika switch yang ada pada sistem transmisi otomatis mobil mengalami kerusakan. Hal ini terkadang membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut dan bahkan tidak dapat dipindahkan dari mode perking. Meski setelah beberapa kali akhirnya dapat dipindahkan namun jika masalah ini tidak langsung diperbaiki maka tentu saja membuat kondisi hanya semakin parah saja.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Boros

Hal ini memang sangat umum terjadi pada mobil matic, hal ini biasanya dikarenakan torsi pada mesin tidak dapat tersalurkan dengan maksimal menuju roda sehingga dibutuhkan putaran mesin yang lebih sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

  1. Perpindahan Transmisi Kadang Tersendat

Jika kondisi ini sudah terjadi pada mobil anda, mungkin sja gangguan tersebut terjadi pada mekanikal transmisi. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan begitu saja, maka tentu saja membuat kondisi kerusakan mobil makin parah serta gigi transmisi akan terkunci. Tentu saja hal ini akan sangat bahaya karena sering terjadi pada transmisi mundur (R). Anda bisa mencoba mengecek pada kabel gearbox, apakah mengalami pengelupasan atau tidak.

  1. Jalan Mobil Seperti Tertahan

Saat mobil sedang berjalan dan kemudian anda melepaskan pedal gas, maka secara otomatis kecepatan mobil akan perlahan berkurang. Namun jika mobil matic mengalami masalah, hal ini tentunya membuat mobil menjadi tersendat terlebih dahulu baru kemudian dapat berjalan seperti biasanya.

  1. Suara Janggal Saat Berpindah Transmisi

Kerusakan yang sering terjadi pada mobil matic adalah adanya suara suara janggal yang terjadi saat sistem transmisi dipindahkan, misal dari P ke R atau dari N ke D. Suara janggal ini bisa dikarenakan adanya kerusakan pada sistem transmisi otomatis pada mobil anda.

  1. Kebocoran Pada Cairan Transmisi

Masalah Transmisi Matic lainnya adalah ketika terjadi kebocoran pada cairan transmisi. Perlu anda ketahui, cairan transmisi merupakan hal penting pada mobil matic karena berkaitan dengan kemampuan pada pertukaran gear. Sehingga jika terjadi kebocoran pada cairan transmisi maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius pada mobil anda.

  1. Adanya Suara Keras Saat Posisi Netral

Jika anda mendengar suara keras saat posisi mobil dalam keadaan netral, maka hal ini dapat menandakan jika kondisi mobil matic anda bermasalah. Hal ini dikarenakan keausan yang terjadi pada bearing bearing, terutama pada bagian input shaft.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Jika anda memiliki saran, kritik, dan pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here