Kenyamanan berkendara adalah salah satu hal yang diperhatikan saat anda membeli mobil bekas. tips membeli mobil bekas adalah cara yang bisa anda pelajari untuk mendapatkan mobil bekas yang baik. Tidak hanya mobil bekas tetapi mobil baru juga menjadi perhitungan. Apalagi berhubungan dengan penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi.

Prioritas utama adalah kenyamanan. Sangat berbahaya jika mobil anda mengalami tidak nyaman jika mobil anda sering bergetar disaat anda membawanya secara pelan. Pasti hal ini sangatlah mengganggu apalagi disaat anda berada di jalanan macet atau disaat anda membawa keluarga. Disaat anda juga membeli mobil apalagi mobil bekas selalulah untuk melakukan test drive secara mendalam. Rasakan setiap pergerakan mobil anda dan selalu lakukan pengecekan sebelum dan sesudah anda melakukan test drive.

Selain keseluruhan bodi mobil yang bergetar ada juga beberapa bagian mobil saja yang bergetar seperti setir dan rem. Penyebab setir mobil bergetar banyak pemicunya begitu juga dengan rem. Jika yang bergetar adalah bodi mobil secara keseluruhan banyak pelaku utama yang bisa disalahkan ketika keadaan ini terjadi.

Ban
Ban bisa menjadi pemicu awal yang bisa dengan mudah terlihat. Seperti ban anda mempunyai benjolan yang bisa membuat perjalanan anda tidak rata. Penyebab benjolan di ban bisa saja dikarenakan ban anda sudah tidak layak pakai. Segeralah mengganti ban anda hal ini bisa mengakibatkan ban anda tiba-tiba bocor di saat anda sedang membawa mobil dalam kecepatan tinggi.

Perhatikan juga motif mobil anda. Apakah kedalamannya masih memungkinkan untuk digunakan. Hindari menggunakan ban mobil yang aus. Hal ini juga berdampak pada pengereman anda dan mobil akan lebih mudah tergelincir di jalanan walaupun anda membawa dalam kecepatan rendah.

Velg
Kondisi velg yang penyok bisa membuat kondisi perjalanan anda menjadi tidak nyaman. Velg yang bengkok atau mengalami penyok disebabkan anda mungkin sering atau pernah melalui jalanan berlubang dalam kecepatan tinggi sehingga tanpa anda sadari benturan yang dihasilkan membuat sebuah penyok dalam velg anda dan membuat penyebab mobil anda bergetar saat kecepatan rendah.

Velg adalah salah satu komponen penting di kendaraan anda oleh sebab itu memperhatikannya adalah hal yang wajib. Velg yang rusak juga akan mengganggu keseimbangan mobil anda. Kondisi selalu mengarah ke satu sisi atau tidak seimbang juga membahayakan apalagi ditambah dengan kondisi mobil anda yang menjadi penyebab mobil bergetar saat kecepatan rendah.

Engine Mount
Fungsi Engine mount adalah menahan mesin mobil anda agar tetap di posisi. Jika ada kerusakan pada komponen ini maka daya getar pada mesin tidak bisa ditahan dan getaran akan terasa sampai dalam kabin sehingga anda merasa mobil anda bergetar. Kondisi ini sangat jarang terjadi karena kerusakan engine mount terjadi apabila anda pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan depan yang parah. Apabila penyebab bergetar nya kendaraan anda dari mesin dan anda tidak pernah merasa kalau anda pernah mengalami kecelakaan berarti anda membeli kendaraan bekas kecelakaan.

As Roda
As roda bisa juga menjadi penyebab mobil bergetar jika anda membawa mobil. Tidak hanya kecepatan tinggi tetapi juga disaat anda membawa mobil dengan kecepatan rendah. Perputaran yang tidak stabil akan membuat getaran yang simultan di bidang pergerakan ban sehingga getaran pun terjadi.

As roda merupakan komponen mobil yang jarang diperhatikan karena posisinya berada di bawah mbil dan disaat diam anda tidak bisa melihat kerusakan pada bagian ini. Pemeriksaan secara cepat akan menghindarkan kerusakan yang lebih parah seperti as roda yang patah.

Mesin
Kerusakan mesin akan segera dengan mudah diketahui jika anda sering melakukan perbaikan berkala. Tidak adanya suplai kelistrikan yang stabil atau komponen mesin lain seperti piston yang tidak bekerja secara maksimal membuat mesin anda mengalami kendala untuk mencapai performa maksimal.

Penyuplaian bahan bakar yang terganggu atau lambatnya perputaran kipas bisa menjadi kendala nomor satu. Lakukan pengecekan terhadap filter bensin dan lakukan pergantian tali kipas anda jika anda sudah melihat bahwa tali kipas anda mengeras atau terjadi keretakan. Hal ini tentu berbahaya apalagi jika anda sedang berkendara jauh karena bisa saja terjadi putus tali kipas dan anda tidak bisa menggunakan mobil anda sama sekali. (Baca juga: Komponen mesin mobil lengkap)

Kampas Kopling
Kampas kopling yang habis atau aus bisa menyebabkan mobil anda bergetar. Pahami ciri-ciri kampas kopling habis. Getaran ini bisa disebabkan permukaan flywheel anda tidak rata. Cara mengatasinya dengan mengganti satu komponen kopling plus dan menghaluskan bagian flywheel. Di bengkel resmi tersedia alat bernama Dial Gauge yang dapat mengukur kerataan flywheel. Harus diperhatikan adalah jangan hanya mengganti komponen kopling tapi harus diperhatikan bagian flywheel karena ini adalah komponen yang bersinggung langsung dengan kopling.

Mungkin cara mengatasi kerusakan ini adalah hal yang baru, tetapi ini adalah cara terbaik untuk menanggulangi kerusakan yang lebih parah. Akan sangat berbahaya jika disaat dalam perjalanan terjadi kerusakan di komponen kopling mobil anda.

Cross Joint Propeller Shaft
Jika anda memiliki kendaraan dengan penggerak roda belakang dengan propeller, kerusakan komponen ini akan menyebabkan mobil anda mengalami getaran dibagian belakang dan akan mengganggu keseimbangan mobil anda dalam situasi kecepatan rendah dengan arus jalan yang lurus.

Fungsi komponen ini adalah meneruskan tenaga dari transmisi ke gardan, selain harus berputar dengan lembut juga harus memiliki pergerakan yang lembut jika dihadapkan pada situasi naik turun. Komponen propeller adalah cross joint yang fungsinya adalah membuat pergerakan ujung propeller bergerak fleksibel sambil berputar. Jika terjadi kemacetan pada bagian cross joint maka pada saat kecepatan rendah mobil anda akan bergetar karena tenaga puntir dari transmisi tidak bisa diteruskan secara lembut dan merambat ke bodi mobil.

Shockbreaker
Shockbreaker merupakan komponen utama di kendaraan anda. Fungsinya untuk meredam getaran disaat jalanan tidak rata. Namun kerusakan shockbreaker akan terasa jika kecepatan kendaraan anda tinggi, tetapi jika anda merasakan getaran saat anda melaju di kecepatan rendah itu tandanya kerusakan shockbreaker anda sudah parah.

Namun jika shockbreaker anda masih baru maka bisa dipastikan bahwa yang terjadi adalah pemasangan yang tidak tepat. Hal ini sudah tentu berbahaya karena membuat keselamatan anda terancam dan bisa sangat berbahaya jika dipaksakan atau tiba-tiba ada lubang besar yang anda lewati. Selalu membawa mobil anda di bengkel resmi atau terpercaya agar bisa memastikan lebih terperinci kerusakan pada shockbreaker.

Busi
Jika salah satu busi kamu mati juga bisa menyebabkan kendaraan kamu bergetar. Fungsi busi sangatlah vital untuk segala kendaraan bermotor baik mobil atau motor. Di mobil biasanya memiliki busi sebanyak empat buah. Salah satunya saja yang mati akan membuat mesin kamu pincang dan gejala awalnya adalah mesin mobil anda bergetar jika dibawah jalan.

Harga busi di pasaran tidaklah terlalu mahal. Oleh sebab itu sebaiknya anda segera menggantinya jika mendapatkan tanda-tanda gejala awal busi anda sudah mati. Kondisi pengapian anda akan sangat terganggu dan mobil anda akan terasa tidak nyaman untuk dikendarai.

Piston
Piston bisa menjadi pemicu mobil bergetar karena kerusakan piston membuat pergerakan atau tenaga mesin menurun dan mengalami kendala yang bisa membuat pergerakan mesin mobil bergetar saat dijalankan. Piston yang rusak akan membuat mesin bergetar. Mesin adalah bagian penting dari mobil yang jika mengalami kerusakan akan langsung terasa kepada performa mobil yang melemah.

Hal yang juga harus diperhatikan adalah oli anda. Lakukan pergantian oli secara berkala. Jika anda memiliki mobil bekas maka lakukan pergantian setiap 3000km sedangkan mobil yang terbilang baru bisa anda lakukan pergantian setiap 5000km

Itulah sebagian kecil kenapa mobil anda bergetar saat kecepatan rendah. Perbaikan yang cepat dan penanganan yang tepat bisa memperpanjang umur mobil anda untuk nyaman dikendarai. Mengetahui gejala awal dan cara mengatasinya akan lebih membuat biaya pemeliharaan akan lebih murah. Anda tidak mau melihat keuangan anda setiap bulan habis karena hanya melakukan perbaikan pada mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here