11 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri Dengan MudahHal yang harus dilakukan pada setiap kendaraan bermesin adalah mengganti oli secara berkala baik itu membawa kendaraan ke bengkel atau mengganti oli sendiri. Mesin kendaraan yang awet dan tahan lama bisa di dapat dengan mengganti oli secara rutin.

Jika oli di ganti terlambat maka akan mempengaruhi mesin mobil tersebut. Antara mobil yang satu dan yang lain memiliki tahap atau periode pergantian oli yang berbeda dan ditentukan dari berapa jauh jarak yang sudah di tempuh dan bagaimana merawat kendaraan sehari-hari.

Sebagai contoh jika anda memiliki 2 buah mobil dan oli di ganti secara bersamaan, namun mobil pertama lebih sering digunakan dan juga lebih banyak melewati medan yang cukup sulit, sehingga mobil pertama harus di ganti olinya lebih cepat dari mobil yang kedua.

11 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri Dengan MudahMengganti saringan oli mesin dan juga oli memang sangat penting dan harus dilakukan supaya mesin bisa lebih awet. Dengan semakin seringnya kendaraan digunakan, maka kualitas dari oli juga semakin menurun dan saringan oli juga akan penuh dengan kotoran.

Untuk jarak ganti oli yang baik adalah sekitar 5000 km atau setiap 3 bulan sekali menyesuaikan dengan batas petunjuk ganti oli dari kendaraan yang anda miliki. Minyak pelumas mesin atau oli mesin memiliki jenis yang cukup bervariasi, akan tetapi pada dasarnya oli memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai bahan pelumas supaya mesin bisa berjalan dengan baik dan terbebas dari segala macam gangguan serta sebagai pendingin dan juga penyekat. Pada oli terdapat beberapa lapisan halus yang berguna untuk meminimalisir benturan antar logam dengan logam komponen pada mesin, mencegah mesin supaya tidak aus dan juga mencegah agar tidak tergores.

Oli sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti oli mineral yang terbuat dari minyak bumi yang sudah disempurnakan dan ditambah dengan beberapa zat aditif sehingga lebih meningkatkan kemampuan dan fungsi. Jenis kedua adalah oli sintetis yang terdiri dari polyalphahaolifins paling bersih dari oli mineral yang kemudian dicampur dengan oli mineral. Untuk jenis oli yang terakhir adalah viskositas yang merupakan oli paling rawan sebab sangat kental dab bisa menyebabkan komponen saling bergesekan.

Pada mobil bermesin diesel yang berjalan pada kecepatan renda mempunyai temperatur yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Hal ini menyebabkan mesin diesel mempunyai keadaan kondusif yang lebih besar dan bisa mengakibatkan oksidasi oli, penumpukkan deposit dan juga karat pada logam bearing.

Hal ini membuat mobil bermesin diesel membutuhkan oli yang memiliki fungsi- fungsi tambahan. Untuk anda yang ingin mengganti oli mobil sendiri di rumah, sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah dan tentunya lebih irit dibandingkan dengan mengganti oli di bengkel, simak cara ganti oli sendiri di rumah sebagai panduan anda berikut ini.

Pakai Dongkrak Supaya Posisi Mobil Lebih Tinggi
Untuk membuat posisi kendaraan menjadi lebih tinggi maka bisa menggunakan dongkrak atau dudukan. Hal ini menjadi penting, sebab jika posisi mobil tidak tepat atau salah maka akan membuat mobil menjadi lebih cepat rusak.

Siapkan Peralatan Untuk Mengganti Oli
Persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan seperti kunci pas untuk membuka baut oli, wadah untuk menampung cairan oli bekas dan juga oli baru yang disesuaikan dengan jenis mesin kendaraan yang anda miliki.

Dinginkan Mesin Lebih Dulu
Mesin harus dingin supaya suhu bisa turun dan tidak panas lagi, sebab akan sangat berbahaya jika oli masih panas yang akan melukai anda. Untuk suhu yang baik saat ingin mengganti oli adalah sekitar 35 derajat celcius.

Buka Penutup Mesin atau Knop Tempat Ganti Oli
Langkah selanjutnya adalah membuka penutup mesin atau knop yang merupakan tempat untuk mengisi oli mesin supaya udara bisa masuk dan pengurasan oli bisa berlangsung lebih cepat.

Buka Baut Penguras Oli Memakai Kunci Pas
Buka baut untuk menguras oli yang ada pada bagian bawah blok mesin dengan memakai kunci pas. Pada baut penguras oli umumnya terdapat gasket atau ring dan lepaskan juga gasket atau ring tersebut kemudian bersihkan dan jika perlu di ganti maka langsung ganti gasketnya.

Lepaskan Filter Oli Menggunakan Kunci Pas
Lepaskan juga filter oli dengan memakai kunci pas khusus untuk filter oli dan jangan menggunakan kunci biasa agar baut bisa tetap awet. Filter oli umumnya berbentuk bulat tetapi ada beberapa merk mobil eropa yang memiliki filter oli berbentuk cardridge. Pastikan juga jika gasket juga terlepas sebab jika tidak di lepas maka oli bisa bocor. Jika filter kotor maka gunakan filter baru dan lumasi filter oli serta gasket dengan oli baru.
Tunggu Sampai Oli Keluar Semua
Langkah selanjutnya adalah menunggu sampai oli bisa terkuras sampai habis sebab oli tidak akan langsung keluar semuanya sehingga anda perlu menunggu sampai oli lama benar-benar sudah terkuras habis.

Tutup Baut Penguras Oli Dengan Benar
Sesudah semua oli berhasil di kuras maka tutup kembali baut penguras dan periksa gasket. Jika gasket rusak maka ganti dengan yang baru untuk menghindari oli tidak bocor kemudian periksa kembali apakah ada oli yang menetes dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here