Dinamo starter merupakan salah satu bagian penting di dalam sebuah kendaraan karena menjadi komponen utama yang menggerakkan mesin sehingga mobil anda dapat menyala. Dinamo adalah mesin listrik atau yang lebih sering dikenal dengan kata pembangkit tenaga listrik yang mengubah sebuah energi kinetik menjadi energi listrik. Bahkan dinamo juga menjadi komponen pendorong mesin sehingga dapat mengalirkan energi listrik menuju bagian mesin lainnya untuk mendapatkan tekanan yang cukup sehingga semua bagian mesin dan perangkat luar mobil bisa menyala.  Dinamo starter memiliki beberapa komponen penting yang menunjang kerja dari dinamo tersebut, antara lain adalah:

Polo core, komponen ini berfungsi untuk menopang field coil dan menguatkan medan magnet yang disebabkan field coil.
Polo core, komponen ini berfungsi untuk meneruskan arus listrik yang berasal dari field coil ke armature coil, kemudian meneruskan kembali ke massa menggunakan komutator.
Armature brakle, merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pengereman putaran yang berasal dari armature.
Yoke, berfungsi sebagai tempat dari pole core.
Armature dan shaft, berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar.
Starter clucth, berfungsi untuk memindahkan momen puntir yang berasal dari armature shaft menuju roda penerus.
Drive, berfungsi untuk mendorong pinion gear menuju posisi ring gear.
Magnetic Switch, berfungsi untuk menyambung atau melepaskan pinion gear dan juga menghubungkan arus listrik yang berasal dari aki menuju field coil, armature, dan ground.
Pinion gear, berfungsi untuk meneruskan daya putar starter menuju mesin dengan memutar ring gear.
Jika dilihat, dinamo starter merupakan bagian terpenting di sebuah kendaraan karena peranan dan fungsi nya yang sangat mendukung performa kendaraan anda. Namun sama halnya dengan komponen pada umumnya, dinamo starter juga dapat mengalami masalah yang dapat menurunkan peforma kendaraan. Berikut ini beberapa masalah dan penyebabnya yang sering terjadi pada dinamo starter mobil anda.

Pernahkan anda mendengar suara menggelitik yang keras pada saat kendaraan akan dinyalakan? Hal ini biasanya dikarenakan setrum aki yang mulai lemah sehingga aki tidak kuat untuk menyuplai arus listrik pada bagian starter kendaraan. Terkadang bunyi tersebut juga ditandai dengan lampu kontrol dashboard yang sering berkedip. Untuk itu, ada baiknya anda memeriksanya terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here