Banyak sekali masalah yang menyebutkan bensin boros, dan tak sedikit juga yang mencari artikel mengatasi mobil boros, tak kecuali mobil matic. Mobil matic juga banyak yang mengeluh kan karena super boros. Masalah ini memang sangat berpengaruh dikehidupan kita karena kita akan mengeluarkan uang yang lebih banyak daripada biasanya. Berikut adalah beberapa hal mengenai mengatasi mobil matic boros.

  1. Cek kondisi kendaraan dan pengendara

    Cek segala kondisi kendaraan, seperti tekanan angin ban. Bila tekanan kurang, kinerja mesin akan lebih berat dan sebaliknya. Kemudian kondisi fisik juga perlu jadi perhatian. Sebab, menurut pria yang akrab disapa Hendi, ketika fisik menurun akan memengaruhi konsentrasi dan fokus saat berkendara, serta susah menerapkan prinsip eco driving.

 

  1. Hindari kelebihan kapasitas

Beban apapun yang ada di dalam kabin mobil akan mempengaruhi tenaga mesin. Usahakan meminimalisir kelebihan muatan atau melebihi kapasitas. Ketika beban lebih berat, bahan bakar yang dibakar akan lebih banyak.

 

  1. Servis berkala

Jangan malas untuk melakukan perawatan kendaraan secara rutin, mengikuti buku pedoman.

 

  1. Akselerasi secara bertahap

Hindari awalan dengan akselerasi tinggi, jangan injak gas secara tiba-tiba. Naikkan gas secara bertahap karena ini salah satu kunci eco driving.

 

  1. Jangan biarkan mesin berada di putaran tinggi

Saat akselerasi diusahakan tidak melebihi 2.000 rpm, karena torsi maupun tenaga saat rpm 2.000 sudah cukup optimal.

 

  1. Jangan menginjak gas berlebihan ketika tanjakan atau menyalip

Kuncinya adalah hindari menginjak gas secara signifikan, usahakan dari jauh sudah memiliki tenaga yang cukup dan konstan. Bila memang harus menginjak gas, usahakan lagi agar tidak melebihi angka 2.000 rpm, kemudian angkat gas sedikit untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.

 

  1. Gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan

Tidak harus selalu menginjak rem untuk deselerasi. Angkat pedal gas secara perlahan juga akan membantu mengurangi kecepatan. Cukup melepas pedal gas, otomatis rasio CVT berubah mengurangi kecepatan secara halus.

 

  1. Pertahankan kecepatan konstan

Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap menggunakan putaran mesin rendah untuk mempertahankan kecepatan secara konstan.

 

  1. Hindari idling terlalu lama

Pada saat kondisi diam (netral) dan mesin dalam keadaan hidup, mesin juga akan bekerja membutuhkan bahan bakar. Untuk itu disarankan saat berada dalam posisi diam dengan waktu yang lama, lebih baik matikan mesin mobil.

 

  1. Atur suhu AC seperlunya

Tidak selalu harus dalam suhu yang sangat dingin, putar atau atur suhu AC seminimal mungkin. “Kalau AC full, kompresor akan membebani mesin mobil tanpa jeda, caranya jangan full, cukup setengah atau seperempat, itu akan memberikan jeda agar kompresor tidak terus bekerja,” tambah Hendi.

 

  1. Tutup kaca saat kecepatan tinggi

Tutup rapat seluruh kaca mobil untuk mendapatkan aerodinamika yang optimal.

 

  1. Hindari cara berkendara agresif

Menjadi ahil dalam eco driving, tidak selalu menyoal hal teknis. Kondisi mental pengendara juga harus terjaga, jangan bertindak agresif, tekan emosi serendah mungkin dan berkendara dalam keadaan santai.

Berikut adalah bahasan dari Mengatasi Mobil Matic Boros. Kita harus mengubah kebiasaan kita dengan benar, bukan hanya untuk mobil kita, tapi untuk kita sendiri juga. Jika terus dibiarkan itu akan berdampak buruk bagi kita.

Sekian TERIMA KASIH……

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here