Memiliki kendaraan adalah impian semua orang. Namun bagaimana kiranya jika mobil yang anda beli ada masalah. Kenyamanan berkendara anda terganggu. Apalagi anda adalah penyuka berkendara dengan kecepatan tinggi agar adrenalin anda terpacu. Ditambah lagi bahwa mobil yang anda beli adalah mobil tua dan anda tidak tahu cara merawat mobil tua. Biasanya kenyamanan yang sering dialami jika anda memacu kendaraan dalam keadaan berkecepatan tinggi adalah mobil anda bergetar.

Biasanya tidak semua bagian mobil yang bergetar. Ada beberapa bagian yang juga bergetar. Selalunya bagian yang juga bisa bergetar adalah:

Setir
Rem

Penyebab setir mobil bergetar lumayan banyak apalagi di ikuti dengan rem yang juga bergetar. Mobil bergetar saat kecepatan tinggi biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi ada pada mobil anda, bisa juga ada pada jalanan yang tidak rata. Anda tidak bisa selalu mengharapkan jalanan selalu mulus. Terkadang hanya di daerah perkotaan saja namun jika memasuki pedesaan anda akan menemukan jalanan yang tidak rata dan biasanya disebabkan oleh truk yang lalu lalang menggunakan jalan itu.tips berkendara jarak jauh Anda bisa memahami agar memudahkan anda bepergian bersama keluarga.

Anda juga tidak bisa menganggap bahwa jalanan saja sebagai pemicu. Faktor internal dari mobil anda juga bisa menjadi pemicu yang membuat mobil anda bergetar. Adapun pelaku-pelaku yang bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi adalah :

1. Ban

Ban adalah komponen utama pada mobil anda. Jika keadaan ban anda sudah terlalu botak dan tidak seimbang dalam artian kondisi ban anda berbeda dengan satu sama lain dalam hal ini juga bisa berarti jumlah angin dalam ban. Perkara tersebut bisa membuat mobil anda bergetar saat kecepatan tinggi. Perputaran yang tidak selaras membuat keseimbangan mobil bisa goyah dan membahayakan jiwa pengendara.

Keausan pada ban juga bisa menjadi pelaku utama jika mobil anda bergetar selalu perhatikan kondisi ban anda jika anda sudah merasa ban anda sudah aus segeralah mengganti dengan ban baru karena selain mobil yang bergetar juga akan membuat ketahanan ban anda berkurang. Sewaktu-waktu bisa membuat ban anda meletus di tengah jalan.

2. Mesin

Mesin juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Komponen mesin mobil lengkap bisa anda ketahui dengan mudah. Coba melakukan pengecekan pada penyuplai bahan bakar atau filter bensin anda. Sistem kelistrikan juga harus di perhatikan akan mengganggu kinerja mesin, Kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat akan menggangu performa mesin.

Jika performa mesin mobil anda mengalami masalah diatas maka tidak bisa dipungkiri jika sumber geteran mobil anda saat kecepatan tinggi disebabkan dari masalah mesin. Anda harus tahu cara mengecek mesin pada mobil bekas. Solusinya adalah lakukan pengecekan pada komponen mesin seperti busi dan filter bensin apakah kotor dan tersumbat. lakukan pergantian secara berkala dan sesuai dengan spesifikasi pabrik berdasarkan jenis dan merek mobil anda.

3. Rem

Jika mobil anda mengalami masalah saat berkecepatan tinggi dan disaat melakukan pengereman akan bergetar. Maka sumber masalahnya ada pada rem anda. Perhatikan keadaan cakram rem anda. Pelajari cara memperbaiki rem cakram. Posisi yang tidak sesuai atau mengalami kesalahan pada saat pemasangan serta kondisi cakram rem yang sudah berubah akan membuat mobil bergetar jika direm dan sudah tentu akan membahayakan diri anda.

Kampas rem dengan kualitas abal-abal juga bisa membuat mobil bergetar. Selalulah membeli semua komponn mobil anda sesuai spesifikasi merek mobil anda. Kebanyakan pabrikan mobil mempunyi spare part tersendiri untuk setiap kendaraan yang dibuatnya.

4. As Roda

As roda yang mengalami kerusakan akan membuat perputaran roda tidak stabil makanya mobil akan mengalami getaran saat berkecepatan tinggi. Kerusakan As roda bukanlah kerusakan umum. Biasanya as roda akan mengalami kerusakan jika mobil anda memiliki riwayat kecelakaan yang berdampak pada as roda.

As roda adalah salah sati komponen utama mobil sehingga anda akan merasakan kerusakaannya jika anda sudah mengendari mobil. karena posisinya berada di bawah mobil sehingga sangat jarang diperhatikan. Kerusakan pada as roda memerlukan biaya perbaikan yang tidak murah namun as roda adalah bagian mobil yang kuat kecuali mobil mengalami kecelakaan fatal.

5. Propeller

Propeller juga bisa membuat mobil anda bergetar saat kecepatan tinggi. Namun kemungkinan sangat kecil karena propeller dibuat dengan kemampuan menahan getaran saat mentransmisikan data dari gear box ke difrensial. Propeller dibuat juga dengan keunggulan dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan dan jumlah beban yang didapatnya. Propeller juga memiliki ketahanan jika mengalami tekanan yang bisa menimbulkan pembengkokan. Tapi perputaran propeller bisa menghambat performa mobil ke tingkat maksimal.

6. Velg

Velg juga bisa menjadi pemicu bergetarnya mobil saat kecepatan tinggi. Biasanya velg yang bengkok dan mengalami kerusakan dalam bentuk akan membuat mobil anda bergetar. Kerusakan ini akan membuak ban anda tidak bulat sempurna dan menganggu keseimbangan. Velg juga akan mengalami kekurangan daya tahan beban yang semestinya di didapatkan dan membuat velg ban yang baik akan mengalami kelebihan kerja.

Solusinya segera lakukan pergantian velg ban. Selalu hindari lubang di jalan agar velg tidak mendapat kerusakan akibat benturan yang keras. bawalah mobil anda dalam keadaan pelan jika anda meyakini jalanan yang anda lewati dalam keadaan mulus.

7. Shockbreaker

Fungsi utama shockbreaker adalah menahan getaran jika anda melewati jalanan yang tidak rata. Daya yang didapatkan mobil ketika berjalan di area yang tidak rata akan diredam oleh shockbreaker di setiap ban mobil dan tidak akan sampai ke bodi mobil. Jika shockbeaker mengalami kerusakan fungsinya tentu akan menganggu kinerja mobil apalagi menghadapi getaran.

Kerusakan shockbreaker tidak serta merta di keempat ban tetapi satu saja shockbreaker akan juga membuat performa mobil anda jeblok. selalu perhatikan shockbreaker anda karena jika selalu melewati jalanan yang berlobang maka tekanan yang terlalu kuat dalam waktu yang tepat akan membuat shockbreaker rusak dan tidak berfungsi maksimal.

8. Piston

Piston juga bisa menjadi pemicu mobil anda bergetar kekurangan tenaga dengan piston akan membuat tenaga gerak mobil anda menjadi turun dan jika dipaksakan akan membuat getaran di mesin dan berimas ke bodi mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Kerusakan piston juga bisa disebabkan karena oli mobil yang tidak rutin diganti karena kotor. Pilihlah jenis oli mobil yang bagus untuk kendaraan anda.

9. Busi

Busi mati bisa membuat mesin menjadi pincang. biasaya mobil memiliki busi sebanyak empat buah jika salah satu mati sebaiknya diganti semua agar performa mesin anda baik. jika performa mesin sedang tidak baik maka akan ada gejala ketidaknyamanan jika anda sedang berkendara. paling lazim adalah mesin mobil bergetar.

10. Engine Mount

Fungsi engine mount adalah untu menahan bobot mesin mobil. jika salah satu engine mount rusak maka mesin mobil akan bergetar keras dan mengalami getaran yang membuat mobil ikut bergetar apalagi jika dalam kecepatan tinggi. kerusakan Engine mount bukanlah sebuah kerusakan umum. Engine mount dibuat secara khusus sehingga memang berfungsi dengan ketahanan tinggi. kerusakan engine mount biasanya disebabkan karena mobil pernah mengalami kecelakaan.

Selalu perhatikan kondisi komponen diatas agar dapat menghindari getaran mobil saat kecepatan tinggi. hal ini tentu mengganggu kenyaman berkendaraan anda. Apalagi jika anda sedang berkendara menuju luar kota yang tak jarang anda memacu mobil dalam kecepatan tinggi agar cepat sampai tujuan. Perhatikan keselamatan anda. Apalagi jika anda sedang membawa penumpang. Bergetarnya mobil akan sangat berbahaya. Jika anda tidak bisa mengendalikannya maka kecelakaan kemungkinan bia terjadi.

itulah beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Dengan anda mengetahui penyebabnya anda bisa segera menanggulanginya dan bisa segera memperbaikinya. Segeralah bawa kendaraan anda ke bengkel resmi atau bengkel yang anda percayai. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Utamakan keselamatan anda . Jangan sampai karena tidak mengeluarkan dana perbaikan nyawa anda bisa melayang. Banyak kecelakaan karena mobil bergetar saat kecepatan tinggi terjadi di tol atau jalanan bebas hambatan. Jadi segera untuk menghindarinya atau jika sudah merasakannya segera melakukan peeriksaan rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here