Masing-masing komponen mobil tentunya memiliki fungsi masing-masing yang mendukun dari kinerja kendaraan anda, tidak terkecuali kopling mobil. Kopling mobil memiliki fungsi untuk membantu perpindahan gigi yang ada pada mobil anda. Kopling mobil terdiri dari beberapa bagian utama yang penting mulai dari clucth cover, kampas kopling, release bearing, pedal kopling, release fork, serta kabel kopling. Semua bagian komponen kopling ini tentunya memiliki kerja masing-masing yang membantu kerja dari kopling mobil.

Karena cukup berpengaruh pada kinerja mobil, tentunya kondisi dari kopling mobil perlu diperhatikan termasuk pada setelan koplingnya. Untuk menyetel kopling mobil yang benar dan tepat, anda dapat membawa mobil anda ke bengkel-bengkel terdekat. Namun sebenarnya, anda dapat dengan mudah menyetel kopling mobil sendiri di rumah. Sehingga anda bisa lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan jika anda membawanya ke bengkel-bengkel mobil. Berikut ini ada beberapa cara menyetel kopling mobil yang benar sesuai dengan mobil yang anda miliki.

Cara menyetel Kopling Mobil

Dibawah ini akan dijelaskan cara menyetel kopling mobil menurut jenis mobil, karena setiap mobil memiliki cara yang berbeda- beda dalam melakukan penyetelan komponen mobil. Setiap mobil juga memiliki type dan penempatan komponen yang berbeda pula, maka anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Mobil Avanza dan Xenia
Kopling mobil yang digunakan pada mobil xenia dan avanza masih menggunakan jenis kopling mobil yang menggunakan kabel kawat pada sistem koplingnya. Sehingga tentunya akan sangat memudahkan anda untuk menyetel kopling mobil anda. Kelebihan dari kopling yang menggunakan kabel kawat ini bila kopling mengalami putus pada saat berada di tengah jalan, maka akan sangat mudah untuk anda menggantinya. Untuk kelemahannya, jenis kopling ini mudah sekali seret seperti ada yang mengganjal. Hal ini dikarenakan adanya kotoran atau gesekan yang ada pada kabel kawat koling. Berikut langkah-langkah untuk menyetel kopling pada mobil avanza dan xenia.

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuka kap mesin yang berada pada bagian depan mobil.
Cobalah untuk melihat pada bagian bawah antara pipa dipstick oli dengan kolom setir. Disana terdapat mur yang berbahan plastik berwarna hitam dengan bentuknya seperti kembang. Mur ini lah yang menjadi penyetel dari kopling mobil avanza dan xenia.
Anda dapat memutarnya ke arah kanan agar injakan dari kopling mobil anda menjadi lebih dalam. Ataupun anda dapat memutar ke arah sebaliknya atau kiri untuk membuat jarak pedal kopling menjadi pendek.
Idealnya dari setelan kopling mobil adalah jika jarak dari pijakan pedal kopling diatur setengah dari pijakan yang paling dalam.
Atau anda juga dapat mengatur kedalam pedal kopling sesuai dengan selera anda. Setiap orang tentunya memiliki pengaturan favorit kopling yang berbeda-beda. Mobil Suzuki Karimun Estilo
Suzuki Karimun Estilo memiliki jenis kopling yang bertipe dry single disc, jenis kopling ini juga digunakan pada mobil suzuki karimun varian Wagon R. Yang dimaksudkan dengan tipe kering disini adalah kampas atau plat kopling tidak terendam dengan oli dan hanya memiliki satu kampas. Sistem transmisi yang satu ini memang banyak diterapkan pada mobil-mobil terbaru. Kopling mobil ini digerakkan dengan menggunakan kabel atau kawat sling. Karakter pedal kopling yang digunakan sebenarnya sudah sangat nyaman dan membuat kaki pengemudi tidak cepat lelah.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Panther
Namun terkadang beberapa pemilik kendaraan ini merasa kedalaman pedal tidak pas, sehingga diperlukan penyetelan kopling mobil. Anda dapat menyetel kopling mobil sesuai dengan cara mengemudi anda yang nyaman. Berikut cara menyetel kopling mobil suzuki karimun dengan mudah. (baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok)

Siapkan alat yang digunakan, dalam hal ini adalah kunci berukuran 14 mm.
Lepaskan penutup plastik yang berada pada ujung. Fungsi dari plastik ini adalah sebagai pengunci agar baut yang ada tidak dapat berputar atau longgar. Untuk melepasnya, anda cukup menariknya ke ujung drat.
Kemudian setel baut dengan menggunakan kunci 14 mm. Putar ke arah kanan untuk mengurangi jarak dari main pedal kopling, putar ke kiri untuk menambah jarak dari pedal kopling lebih dalam ketika diinjak. Setelah anda memutarnya, anda dapat mencoba langsung untuk menginjak pedal, apakah setelah tersebut sudah sesuai dengan kenyamanan anda dalam mengemudi atau tidak. Jika sudah, anda dapat memasng kembali komponen-komponen yang anda lepas.
Yang perlu diperhatikan dalam penyetelan kopling mobil adalah jarak pedal kopling jangan dibuat terlalu pendek, hal ini dapat menyebabkan kondisi kopling akan menekan terus menerus sehingga membuat kampas menjadi cepat habis dan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin tidak dapat tersalurkan sempurna pada komponen lainnya.

Mobil Calya dan Sigra
Mobil calya dan sigra merupakan produk mobil terbaru yang didesain untuk mobil keluarga. Selain harganya yang terjangkau, mobil-mobil ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membuat anda mengemudi dengan nyaman dan aman. Sigra dan calya memiliki dua pilihan transmisi yaitu manual dan matic dengan 4 percepatan. Beberapa orang yang menggunakan kedua mobil ini terkadang mengeluhkan kondisi kopling mobil yang tidak pas dengan gaya pengemudi. Untuk itu, anda bisa mengatur sendiri kopling mobil di rumah.

Bentuk mesin dari pengaturan kopling mobil ini berjenis 1000 cc dan 1200 cc.
Pertama kali tentunya anda harus membuka terlebih dahulu kap mesin yang berada pada depa mobil. Untuk membukanya, anda cukup menarik tuas kecil yang berada pada bagian bawah setir.
Setelah terdengar bunyi “tak” barulah tekan tuas kecil yang ada pada bagian bawah kap mesin.
Kemudian bukalah penutup kap yang ada lalu sangga dengan penyangga yang tersedia di sebelah kiri.
Posisi dari pengaturan kopling ini berada di sebelah aki yang berada di belakang radiator.
Untuk memperpendek jarak dari pedal kopling, anda dapat memutarnya ke arah kiri. Namun jika anda ingin mengatur panjang dari pedal main kopling, putarlah ke arah kanan.
Sangat disarankan untuk menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan anti panas pada saat anda menyetel kopling mobil anda. Jika anda tidak memiliki sarung tangan ini, sebaiknya setel kopling mobil pada saat kondisi mobil sudah dalam keadaan dingin.

Mobil Pada Toyota Kijang
Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk menyetel kopling pada mobil toyota kijang anda.

Pertama kali, tentunya anda perlu menyiapkan alat-alat yang akan anda gunakan seperti tang penjepit dengan kunci 12.
Untuk menyetel ketinggian dari pedal kopling, maka anda harus melakukannya dari bawah setir mobil.
Pada bagian bawah tersebut, anda akan melihat adanya baut. Anda perlu mengendurkan baut tersebut.
Setelah baut tersebut dikendurkan, anda dapat memutar batang pushrod yang menekan master kopling bagian atas.

Bila anda ingin membuat jarak pedal kopling mnejadi lebih rendah, anda bisa memutarnya ke arah kanan. Angkat sedikit bagian bawah mobil ataupun angkat bagian pedal kopling. Setelan ini biasanya cocok anda gunakan ketika lalu lintas padat seperti yang anda di perkotaan.
Bila anda ingin membuat arak pedal kopling menjadi lebih tinggi, anda bisa memutarnya ke arah kiri. Setelan ini cocok bila anda sering menggunakan kendaraan anda pada jalanna yang lurus dan menanjak.
Pada saat memutarnya, usahakan untuk memutar batang pushrod sedikit demi sedikit. Jika anda tidak memiliki kontrol ketika memutarnya, bisa saja batang pushrod dapat terlepas dari injakan pedal kopling.
Terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda sedang menyetel kopling pada mobil anda, antara lain adalah:

Jika anda ingin menyetel ketinggian kopling menjadi lebih maksimal, maka sebaiknya anda melakukan penyetelan pada saat setelah mobil digunakan.
Bila kondisi plat kopling mobil sudah mulai habis, maka persneling akan susah untuk masuk. Untuk itu cobalah untuk menyetel pedal kopling ke arah kiri. Tips ini akan sangat membantu sebelum plat kopling anda diganti.
Jangan terlalu mengatur jarak pedal kopling menjadi terlalu rendah. Jarak yang terlalu rendah akan menyebabkan plat kopling akan cepat habis karena jarak free play pada pedal menjadi lebih sedikit.
Nah itu tadi beberapa cara menyetel kopling mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika anda tidak terlalu memahami dari bagian-bagian kendaraan mobil, lebih baik jika anda melakukan penyetelan kopling mobil pada bengkel-bengkel mobil terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here