Hello guys, kemabli lagi bertemu dengan penulis pada postingan kali ini ya sobat. Adapun materi yang akan kita kaji dalam artikel kali ini tidak jauh berbeda dari ulasan sebelumnya ya sobat, yakni masih mengenai otomotif. Nah sobat semua pecinta otomotif, yuk sobat langsung saja merapat dengan penulis karena pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai asalan rem manual mobil lebih pakem dari dibandingkan dengan mobil matic. Nah sobat, bagi anda yang memang memiliki kendaraan mobil, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini ahar pemahaman dan pengetahuan anda bertambah lagi mengenai komponen yang satu ini. Check It Out!

Seperti yang sudah kita ketahi bersama, rem merupakan salah satu komponen penting yang ada dalma kendaraan kita yang memiliki fungsi yang penting dan vital. Rem ini merupakan salah satu komponen dalam kendaraan yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan putaran.

Adapun prinsip kerja sistem rem ini yakni mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan akan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem tersebut. Untuk lebih jelasanya, berikut ini adalah beberapa fungsi dari rem pada kendaraan, antara lain sebaga berikut :

Sebagai komponen yang berfungsi untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda pada kendaraan.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur kecepatan salama berkendara
Sebagai komponen yang berfungsi untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.
Nah sobat, itulah beberpa fungsi dari rem pada kendaraan anda. Alangkah pentingnya bukan sobat, untuk itu rem dalam kendaraan anda harus dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin agar rem mobil anda tetap pakem. Seperti yang sudah kita kethaui bersama sobat, bahwasanya sekarang ini kita mengenal dua jenis transmisi mobil. Adapun transmisi tersebut adalah manual dan matiah sabtac.

Namun ada hal yang harus anda ketahui sobat, bahwasanya ada perbedaan dari kedua jenis transmisi ini dari segi rem nya. Konon katanya rem pada mobil manual lebih pakem dibandingkan dengan rem pada mobil matic. Apakah anda juga merasakan hal seperti ini sobat?

Adapun beberapa yang menjadi alasan rem manual mobil lebih pakem dibandingkan dengan mobil matic antara lain adalah sebagai berikut :

1. Karena Sistem Transmisi

Alasan yang pertama terletak pada sistem transmisinya. Pada mobil manual, sistem transmisi lebih dikenal dengan menggunakan atau mengandalkan engine brake, sedangkan pada mobil matic tidak demikian. Kelamahan rem mobil matic terletak pada penggunaan kamvas rem mobil matic tersebut. Perbedan dari penggunaan engine brake dan kamvar rem inilah yang menjadikan rem pada mobil manual lebih pakem dibandingkan dengan rem pada mobil matic.

2. Sistem Mesin Yang Lebih Cepat Panas

Alasan yang kedua terletak pada mesin mobil tersebut yang cenderung cepat panas. Mesin pada mobil matic cenderung lebih cepat panas dibandingkan dengan mobil manual biasanya. Hal ini disebabkan oleh oli pada mobil matic lebih mudah habis dibandingkan dengan mobil manual.

Hal ini dikarenakan mesin pada mobil matic lebih bekerja extra untuk menjaga performa kendaran tersebut, sehingga akan lebih mudah mengalami kenaikan suhu, atau panas. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada sistem pengereman mobil matic tersebut, sehingga cenderung mobil manual lebih memiliki rem yang pakem.

3. Kanvas Rem

Alasann yang ketiga adalah dari segi kamvas rem nya. Jelas kita ketahui bersama ya sobat, seperti yang sudah penulis utarakan pada point pertama diatas, bahawasanya mobil matic dalam pengereman hanya mengandalkan kamvas rem saja. Bisa dikatakan kamvas rem papa mobil matic dua kali lebih boros dibandingkan dengan mobil transmisi manual.

Untuk mobil matic sendiri, dapat menghabiskan rem kamvas kisaran 30.000 hingga 40.000 km, sedangkan pada mobil manual bisa mencapai jarak tempuh 60.000 km. Hal ini terjadi karena rem pada mobil matic menggunakan rem tenaga yang extra sehingga kamvas rem nya pun akan cepat habis.

Karena hanya mengandalkan kamvas rem tersebut dan tidak ada komponen pnedukung lainnya, maka tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada sistem pengereman dalam mobil tersebut. Jadi sobat semua tidak usah heran ya sobat, jika ternyata meski terolong lebih nyaman, namun jika berbicara mengenai rem, tentunya mobil transmisi manul memiliki sistem rem yang lebih pakem jika dibandingkan dengan rem mobil transmisi matic.

Nah sobat semua, memang setiap barang atau setiap benda tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing ya sobat, silahkan anda memilih sendiri sesuai dengan yang anda inginkan dan juga tentunya sesuai dengan yang anda butukan.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sampaikan pada postingan kali ini mengenai alasan rem manual lebih pakem dibandingkan dengan mobil matic pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here