Dibawah  ini adalah 3 contoh penyebab mobil solar anginan, semoga yang saya infokan ini bermanffat untuk kalian semua.

3 Penyebab Mobil Solar Anginan beserta Solusinya

  1. Mobil pernah atau sering kehabisan bahan bakar

Kendaraan bermesin diesel yang seringkali mengalami kehabisan bensin diperjalanan akan membuat angin atau udara juga akan ikut terhisap naik melalui selang bahan bakar, sebagian akan masuk kedalam tabung sedimenter dan sebagian lagi gelembung gelembung udara tersebut tetap bersarang didalam pipa atau selang bahan bakar. Sama halnya seperti saluran rem yang terisi gelembung udara, pada saluran bahan bakar pun akan terjadi hal yang demikian dan jika dibiarkan akan membuat tekanan bahan bakar menjadi melemah alias gembos. Sementara pada mesin diesel tekanan injeksi bahan bakar harus tinggi, dan jika sampai gembos seperti ini akan membuat mesin gagal distarter. Selain itu gelembung yang ikut masuk kedalam tabung sedimenter dan ikut mengalir ke selang injeksi, bisa dipastikan gelembung ini dapat memutus aliran bahan bakar.


  1. Karena penggantian komponen pada sistem bahan bakar

Penyebab mobil bermesin diesel masuk angin selanjutnya adalah karena adanya penggantian pada komponen sistem bahan bakar seperti mengganti saringan solar, mengganti selang bahan bakar ataupun nozzle injektor yang sudah rusak. Ketika salah satu dari komponen tersebut dibuka maka sudah bisa dipastikan udara dari luar sistem akan ikut masuk kedalam. Biasanya di bengkel bengkel resmi setiap kali melakukan penggantian part akan membleding guna membuang udara yang mungkin terperangkap didalam saluran sistem bahan bakar.

 

  1. Karena proses membuang air dari water sedimenter

Penyebab lain kenapa udara bisa masuk kedalam sistem bahan bakar selanjutnya adalah karena kesalahan dalam proses membuang air yang ada didalam tabung water sedimenter. Biasanya yang kurang paham mengenai mesin diesel hanya akan membuka sumbar drainase air pada tabung sedimenter, membuang air yang ada didalamnya dan kemudian menutup kembali tanpa membleding bahan bakar. Prinsip ini sama halnya dengan proses penggantian salah satu komponen sistem bahan bakar, ketika anda membuka sumbat drainase untuk menguras air, air yang bercampur solar akan keluar, namun udara dari luar akan langsung ikut masuk kedalam tabung sedimenter. Oleh sebab itu setiap kali membuang air yang tersaring didalam tabung sedimenter jangan lupa membledingnya kembali.

 

 

Tips ;

Agar kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama tidak sering mengalami masuk angin, sebaiknya anda selalu perhatikan tangki bahan bakar, usahakan segera mengisi bahan bakar sebelum jarum indikator bahan bakar menunjukkan huruf E ( empty ). Selain itu lakukan penggantian part apapun yang ada kaitannya dengan bahan bakar di bengkel resmi ataupun bengkel langganan anda yang sudah terpercaya, Karena mekanik bengkel resmi ini sudah tahu apa yang harus dilakukan.

 

Untuk mobil bermesin diesel yang sudah mengadopsi teknologi baru seperti EFI, anda tidak perlu kuatir lagi dengan masalah masuk angin atau angin palsu sebab teknologi EFI ini memungkinkan mesin akan melakukan proses pembuangan udara yang terperangkap didalam sistem injeksi bahan bakar secara otomatis. Beberapa mobil bermesin diesel yang sudah mengaplikasikan teknologi EFI pada mesin diesel ini antara lain adalah Toyota Kijang Innova, dan Isuzu D-Max

 

Itulah beberapa info mengenai 3 Penyebab Solar Anginan, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua, Wassalamualaikum,wr.wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here