Stiker-stiker yang menempel pada body maupun kaca mobil terkadang dilakukan pemiliknya agar menambah kerennya penampilan mobil sehari-hari. Namun tak jarang stiker-stiker tersebut biasanya juga dapat ditempelkan oleh oknum-oknum tertentu untuk ajang promosi, misalnya saat berada di tempat wisata. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan bagi anda yang memang tidak menyukai adanya stiker yang melekat pada mobil anda. Namun sayangnya untuk membersihkan stiker yang tertempel bahkan dalam waktu yang lama ini tidak mudah. Bahkan jika kurang bersih menyebabkan penampilan mobil menjadi kurang menarik lagi. Bagi anda yang sedang mencari cara membersikan stiker pada mobil dengan mudah, mungkin cara-cara di bawah ini bisa anda coba.

1. Menggunakan Hair Dryer

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan hair dryer maupun pengering rambut. Prinsip kerja dari metode ini sangatlah mudah anda hanya perlu memanaskan stiker dengan menggunakan hair dryer hingga lem tidak menempel terlalu kuat pada mobil. Panas pada hair dryer tidaklah terlalu tinggi sehingga cukup melepaskan stiker namun tidak sampai membuat cat mobil rusak.

2. Sabun atau Shampo Mobil

Anda bisa mencoba membersihkan stiker dengan menggunakan sabun atau shampo mobil. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi stiker yang menempel terlalu lama di kaca maupun body mobil. Caranya cukup mudah seperti cara mencuci mobil pada umumnya. Basahi bagian permukaan stiker dengan menggunakan air sabun atau shampo. Setelah itu gosok perlahan dengan kain basah sehingga sisa-sisa perekatnya dapat terlepas.

3. Mentega

Mentega juga dapat anda jadikan cara membersihkan stiker pada mobil. Saat membersihkan dengan mentega, maka akan memicu reaksi kimia yang dapat melunakkan daya rekat dari lem pada stiker. Basahi permukaan stiker dengan menggunakan mentega dan tunggu beberapa menit. Setelah itu anda bisa melepas stiker dengan hati-hati.

4. Minyak Kayu Putih atau Bensin

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan stiker yang menempel di body mobil. Hampir sama dengan menggunakan mentega, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih di bagian stiker yang tertempel di body atau kaca mobil. Minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan kaca mobil. Tunggu hingga beberapa menit dan kemudian lepas perlahan-lahan stiker tersebut. Setelah itu bersihkan sisa lem dengan menggunakan minyak kayu putih dan kain lembut hingga bersih. Selain minyak kayu putih, anda juga bisa menggunakan bensin.

Setelah cara-cara membersihkan stiker pada mobil dilakukan, maka kini tinggal membersihkan sisa-sisa lem yang masih melekat pada kaca atau body mobil anda. Banyak kasus dimana bekas stiker tersebut masih menempel dan meninggalkan noda lengket. Hal ini akan menyebabkan kotoran dan debu menempel dan membuat cat mobil terlihat kusam.

Untuk menghilangkan noda lengket ini anda bisa menggunakan tar removal (ATR), silicon wax ataupun car polish untuk membersihkan bagian noda yang lengket ini. Diamkan sesaat hingga caira mengering dan kemudian gosok dengan menggunakan kain lembut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here