Bagi sebagian besar orang memiliki mobil tua memiliki nilai seni tersendiri. Meskipun berusia cukup tua, namun mobil tersebut tetap terlihat menarik dan memiliki nilai tersendiri di mata penggemarnya. Sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil tua pun juga membutuhkan perawatan yang rutin. Namun perawatan pada mobil tua tentu saja tidak sama seperti mobil-mobil pada umumnya. Mobil tua memiliki perawatan yang cukup rumit, mulai dari interior, eskterior, hingga bagian mesinnya. Hal ini karena usianya yang cukup tua, sehingga dibutuhkan perawatan yang tepat agar kondisinya tetap bertenaga. Lalu bagaimana cara merawat mesin mobil tua yang tepat? berikut ini penjelasannya.

1. Cek Kondisi Mesin Secara Teratur

Hal yang bisa anda lakukan untuk merawat mobil tua yang anda miliki adalah dengan melakukan pengecekan mesin mobil tua secara teratur. Hal ini sudah menjadi kewajiban bagi anda yang memiliki mobil tua. Mesin mobil tua tentunya snagat rentan mengalami kerusakan karena usianya yang sudah cukup tua, sehingga akan sangat mudah mengalami kerusakan dan mogok ketika digunakan.

Untuk itu lakukan pengecekan mobil secara rutin agar kondisi mobil selalu fit saat anda gunakan. Bila anda merasakan peforma yang menurun, maka anda bisa melakukan tune up. Untuk proses tune up sendiri anda bisa membawanya ke bengkel-bengkel terdekat. Tune up akan membuat mobil tua anda selalu dalam kondisi yang prima. Selain itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada komponen-komponen mesin yang penting lainnya. Jika terdapat komponen mesin yang mengalami kerusakan, anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

2. Perhatikan Penggunaan Oli dan Bahan Bakar

Perhatikan penggunaan oli serta bahan bakar kendaraan, hal ini akan sangat mendukung peforma mesin mobil tua anda. Ada banyak jenis oli mobil yang ada di pasaran dan tentunya perlu anda perhatikan saat memilihnya.

Mesin mobil tua yang berusia 10 tahun lebih tentunya membutuhkan asupan oli oli mobil terbaik yang lebih ekstra dibandingkan mobil-mobil pada umumnya untuk menjaga peforma tetap maksimal. Hal ini dikarenakan usia mobil yang sudah ringkih karena pemakaian yang terlalu lama. Untuk itu sudah menjadi kewajiban jika anda melakukan penggantian setiap 2500 km pada mobil tua anda. Dengan begitu, tingkat emisi mesin mobil anda bisa lebih ditekan sehingga meringankan beban kerja dari mesin kendaraan anda.

Untuk proteksi yang maksimal, maka anda bisa menggunakan oli denga kriteria kekentalan yaitu SAE 10-40 W ataupun 15-40 W. Pastikan pula untuk memilih bahan bakar yang memiliki kandungan yang berkualitas. Kandungan yang berkualitas tentu saja akan membantu menjaga serta merawat kualitas peforma dari mesin mobil tua yang anda miliki sehingga nantinya mesin mobil tetap terjaga kebersihannya serta tidak mudah mengalami kebocoran.

Sebaiknya pilihlah bahan bakar yang ber non subsidi, semisal pertama. Kandungan pada bahan bakar yang memiliki kualitas baik tentunya tidak akan mengandung karat yang mana akan membahayakan mesin mobil. Jangan lupa untuk melakukan pengisian bahan bakar mobil anda secara teratur sehingga mencegah terjadinya pengeroposan di dalam tangki bahan bakar kendaraan anda.

3. Lakukan Pengecekan Rutin Pada Kabel dan Ring

Tak hanya rutin melakukan pengecekan apda mesin kendaraan, anda juga perlu melakukan pengecekan pada komponen-komponen pendukung lainnya dalam cara merawat mesin mobil tua. Mulai dari kondisi kabel, ring, hingga karet-karet penyangga di dalam kendaraan tua anda. Untuk masalah kabel, coba perhatikan kondisi-kondisi kabel mobil anda. Apakah sudah mengalami getas, mengelupas atau masih dalam kondisi yang baik-baik saja. Kabel yang getas dan mengelupas tentu saja akan menyebabkan korsleting sehingga nantinya membuat mesin mobil tidak mudah untuk dinyalakan.

Tak hanya itu, kabel yang getas tentunya akan menyebabkan terjadinya percikan pada permukaan kabel yang akhirnya menjadi penyebab mobil terbakar. Sehingga akan lebih baik untuk mengganti kabel-kabel pada mobil anda jika sudah berkondisi tidak layak pakai.

Untuk masalah ring, cobalah untuk memperhatikan kondisi pada ring mobil anda. Bila ring mobil sudah terlihat melemah serta berkarat, maka segeralah untuk mengganti ring mobil dengan yang baru. Penggantian ring lama dengan komponen yang baru tetunya membuat aliran pada bahan bakar kendaraan menjadi lebih lancar. Sehingga membuat suara mesin kendaraan tidak menjadi kasar. Ring mobil yang sudah rusak terkadang menjadi penyebab mobil ngebul yang perlu anda ketahui.

4. Lakukan Pemeriksaan Rutin Kaki-Kaki Mobil

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin pada bagian kaki-kaki mobil. Permasalahan yang terjadi pada kaki-kaki mobil seringkali menjaid masalah bagi mobil-mobil yang berusia cukup tua. Ada banyak sekali kerusakan kaki kaki mobil yang seringkali terjadi, semisal mulai terdengar bunyi-bunyi kasar pada mesin kendaraan anda. Untuk itu sebelum hal tersebut terjadi pada mesin kendaraan anda akan lebih baik untuk selalu melakukan pengecekan rutin utnuk menghindari hal tersebut terjadi pada mobil tua kesayangan anda.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan mesin mobil tua anda. Anda bisa mempelajari Cara Membersihkan Mesin Mobil Tua dan melakukannya sendiri dengan rutin di rumah. Nah itu tadi penjelasan mengenai cara merawat mesin mobil tua yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here