Ciri Ciri Freon AC Mobil HabisSistem pendingin (AC) yang terpansang pada interior mobil tentunya menjadi fitur yang dapat menunjang kenyamanan saat mengendarai mobil. Dengan adanya AC mobil, tentunya anda tidak akan kepanasan pada saat di dalam mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Brio
Sistem Pengapian Pada Mobil
Jenis Jenis Aki Mobil
Apalagi bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan yang panas, tentunya kehadiran AC mobil ini sangat membantu. Namun sama seperti komponen di dalam mobil lainnya, AC mobil tentunya perlu dilakukan pengecekan agar menghindari terjadi kerusakan-kerusakan di dalamnya. (baca juga: Komponen Kaki Kaki Mobil)

Salah satu hal permasalahan yang sering dialami pada sistem pendingin adalah freon mobil yang habis, namun beberapa dari anda mungkin tidak mengetahuinya. Freon di dalam AC mobil memiliki fungsi sebagai cairan pendingin. Pada saat freon habis, maka kinerja dari AC mobil tidak dapat optimal. Banyak hal yang dapat menyebabkan freon AC mobil menjadi lebih cepat habis, misalnya saja jika anda selalu membuka jendela mobil saat AC sedang dinyalakan, kebocoran pada sambungan pipa AC, ataupun dikarenakan pemakaiannya yang sudah lama. (baca juga: Mobil Matic Vs Manual)

Kondisi freon yang sudah habis dan dibiarkan terus menerus dalam waktu yang lama dapat membuat kerusakan pada sistem pendingin mobil anda. Tentunya hal ini dapat membuat anda mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi untuk memperbaikinya. Sehingga pentingnya mengetahui jika kondisi freon AC mobil jika memang sudah habis. Sebenarnya untuk mengetahui freon AC sudah habis atau tidak bukanlah hal yang sulit. Nah berikut ini ada beberapa ciri ciri freon AC mobil habis yang perlu anda ketahui. (baca juga: Ciri Ciri Shockbreaker Yang Rusak).\

1. Udara Yang Keluar Tak Segar dan Dingin Lagi

Salah satu ciri ciri freon AC mobil habis yang dapat mudah terlihat dan dirasakan adalah ketika udara yang dihasilkan dari sistem pendingin sudah tidak dingin dan segar lagi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, freon merupakan cairan pendingin di dalam AC yang berfungsi memberikan kesegaran dari udara yang dihasilkan. Sehingga bila freon sudah habis, tentunya udara tidak akan menjadi segar lagi dan hanya terasa seperti angin biasa. Bila sudah seperti ini, maka mau tidak mau freon AC mobil harus segera diganti. (baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

2. Komporesor AC Tidak Berputar

Pada saat saklar AC dihidupkan, biasanya kompresor AC akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika kompresor mati dan tidak bergerak, maka bisa jadi ini adalah ciri-ciri freon AC mobil sudah habis. Untuk itu, sangat penting dilakukan pengecekan agar anda mengetahui kondisi freon di dalam AC mobil. Sehingga pada saat habis, anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. (baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri)

3. Kipas AC Tidak Berputar (posisi AC On)

Tanda lainnya yang dapat terlihat jika kondisi freon ac mobil sudah mulai habis adalah kondisi kipas yang tidak berputar meskipun AC dalam keadaan menyala (On). Kondisi kipas yang tidak dapat berputar inilah yang menjadi tanda jika kondisi freon sudah mulai habis. Namun tidak ada salahnya memastikan nya lebih lanjut melalui pengecekan. Sebab kipas AC yang tidak berputar bisa saja disebabkan oleh kondisi AC mobil yang memang sudah rusak. Untuk itu, lakukan pengecekan dengan pasti sehingga anda tahu bagian mana yang mengalami kerusakan. (baca juga: Tips Memilih Amplifier Mobil)

4. Periksa Sight Glass AC

Ciri ciri lainnya yang bisa anda ketahui adalah ketika anda memeriksa sight glass AC. Pada saat freon AC mobil sudah hampir habis, maka terdapat gelembung-gelembung udara yang berwarna pink muncul di receiver saat mobil dinyalakan. (baca juga: Cara Merawat Mobil Tua)

Sebenarnya pada saat kondisi freon AC habis, biasanya terdapat pengaman pressure switch pada sistem pendingin mobil. Fitur ini bekerja berdasarkan tekanan yang ada. Peletakannya sendiri terkadang ada di pipa high pressure ataupun di receiver drier. (baca juga: Komponen Karburator Mobil)

Jika freon AC mobil memang habis, maka anda perlu melakukan pengisian sehingga kinerja AC mobil dapat optimal. Nah berikut ini beberapa langkah-langkah mengisi freon AC mobil:

Kosongkan terlebih dahulu sisa-sisa freon yang masih ada. Anda bisa melakukannya dengan menutup katup manifold gauge dan menghubungkannya dengan selang yang menuju nipel dengan tekanan tinggi. Sedangkan selang biru yang memiliki tekanan rendah dan selang hijau menuju pompa vakum.
Buka salah satu katup manifold, dan kemudian mulailah menghidupkan pompa vakum. Amati ukuran yang ada pada vakum gauge, lakukan hingga angka nya menunjukkan 600 mmHg.
Kemudian bukan sisi katup lainnya agar vakum dapat bekerja lebih optimal. Kemudian perhatikan kembali angka yang tertera pada vacum gauge. Pastikan bila sistem tersebut sudah bersih dari udara, uap, dan air, serta angka menunjukkan pada 750 mmHg.
Biarkan pompa menyala hingga kurang lebih 30 menit.
Kemudian tutup kedua katup manifold sebelum pompa vakum dimatikan
Tunggu hingga 15 menit, untuk melihat apakah ada kebocoran yang terjadi
Untuk itu, karena sistem pendingin (AC) mobil merupakan komponen yang selalu digunakan, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan perawatan secara berkala pada AC mobil anda. Sehingga AC mobil anda bisa melakukan kinerja nya dengan maksimal. Perawatan yang tepat juga dapat membuat jangka waktu pemakaiannya lebih lama. Anda bisa melakukan perawatan dan pengecekan di bengkel-bengkel terdekat. Selain itu, hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat freon AC mobil menjadi cepat habis. Nah itu tadi penjelasan mengenai ciri ciri freon AC mobil habis. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here