Seperti yang sudah kita ketahui bersama harga bahan bakar atau BBM semakin hari semakin melambug tinggi harganya. Hal tersebut sangat berdampak bagi konsumen bahan bakar atau BBM tersebut. Dengan alasan harga bahan bakar yang melambung tinggi tersebutlah tidak jarang para konsumen pada saat mengisi BBM hanya mengisi sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu saja atau tidak full tank.

Bahkan tidak jarang juga jarum bahan bakar pada panel indikator berada pada level “ hanya “ setengah atau bahkan hanya seperempatnya saja. Apalagi pada sebagian orang, mereka akan mengisi bahan bakar pada mobilnya jika hanya ada keperluan saja.

Padahal sebenarnya hal tersebut sudah anda ketahui tidak baik bagi kondisi mesin anda. Namun meski demikian, tidak jarang diantara sobat yang mengabaikan hal tersebut karena dianggap tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan.

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan kepada sobat semua tentang dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil anda. Anda semua tentunya menginginkan mobil anda awet dan jauh dari masalah ya sobat, berikut ulasannya untuk anda.

1. Terjadi Kondensasi Pada Mesin Mobil

Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang pertama apabila anda membiarkan bahan bahan bakar anda hampir habis dan belum di isi juga, maka akan menimbulkan terjadinya kondensasi pada mesin mobil anda.

Tangki bahan bakar yang tidak penuh terisi atau bahkan nyaris habis akan menyebabkan adanya ruang kosong di dalamnya semakin luas sehingga menyebabkan terjaidnya proses kondensai, yaitu terdapatnya air pada tangki mobil anda yang nantinya akan berpengaruh pada akselerasi mobil anda tersebut sehingga mesin mobil brebet saat dingin atau pun mesin mobil brebet saat panas, apalagi jika tangki dari bahan bakar anda terbuat dari materal besi.

2. Memicu Endapan Kotoran Dalam Tangki

Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang kedua apabila anda membiarkan bahan bakar hampir habis tetapi belum di isi, dapat menyebabkan atau menimbulkan endapan kotoran dalam tangki bahan bakar anda tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap mesin anda, biasanya ketika anda akan menyalakan mesin maka seolah – olah tersendat, kemudian seringkali tenaga mesin mobil ngempos karena tersumbat oleh endapan kotoran yang terdapat apda tangki bahan bakar anda.

3. Terjadi Korosi Pada Tangki Bahan Bakar

Dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang ketiga adalah dapat menyebabkan korosi pada tangki bahan bakar tersebut. Hal ini terjadi karena kondisi tangki bahan bakar berada di kondisi E ( empty ). Dalam kondisi seperti ini, maka akan lebih banyak ruang kosong yang terdapat pada tangki tersebut yang bia menyebabkan karat atau korosi.

Jika terdapat korosi yang berlebihan, maka akan menyumbat saluran bahan bakar ke mesin yang nantinya akan berpengaruh pada performa mesin mobil anda. Dengan memperhatikan dan menjaga kondisi bahan bakar tetap stabil, secara langsung bisa anda gunakan sebagai salah satu cara merawat tangki bahan bakar mobil agar tidak cepat keropos ya sobat.

4. Tanpa Disadari Akan Memicu Pemborosan

Selain ketiga hal tersebut di atas, pengisian bahan bakar yang tidak full atau bahkan hanya seperempat saja bisa membuat bahan bakar anda lebih boros dari yang seharusnya. Selain itu kondisi mesin anda juga akan terbiasa dengan bahan bakar yang pas – pas an, sehingga mengurangi akselersi ataupun performanya.

Sekian informasi mengenai dampak buruk kebiasaan habis bahan bakar pada mesin mobil yang penulis utarakan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here