Masih membahas seputar dunia otomotif nih sobat, karena memang seperti yang sudah kita ketahui bersama peranan otomotif ini sangatlah penting bagi kita untuk menunjang aktivitas kita sehari – harinya. Setuju ya sobat. Oleh karena itu bagi sobat semua yang memang gemar akan otomotif ini ada baiknya sobat semua ikut menyimak ulasan berikut ini karena penulis akan membahas salah satu komponen dalam otomotif tersebut.

Karena memang sudah seyogianya jika kita berbicara mengenai otomotif tentunya tidak akan terlepas dari komponen yang menyusun di dalamnya. Oke sobat semua, adapun komponen otomotif yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah mengenai fungsi utama wiper mobil yang tidak kalah penting seperti komponen lainnya yaitu komponen listrik pada mobil atau pun komponen mesin mobil secara keseluruhan.

Nah buat semua yang memang selama ini tidak begitu paham atau mengerti apa sebenarnya fungsi utama wiper mobil tersebut, tenang sobat karena pada artikel kali ini penulis akan menjelaskannya secara detail buat sobat semua. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, wiper mobil merupakan sebuah piranti yang terdapat pada setiap kendaraan mobil yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dan memaksimalkan jarak pandang pengendara mobil tersebut. Untuk itu cara merawat wiper mobil patut anda perhatikan.

Adapun sumber energi yang membuat wiper bisa bekerja dalam menjalankan fungsinya adalah karena adanya kiriman daya yang berasal dari baterai accu. Pada saat kondisi mesin mati, maka sudah pasti wiper mobil ini pun tidak akan bisa menyala karena tidak adanya daya untuk menggerakkan wiper mobil tersebut.

Bisa anda bayangkan ya sobat, pada saat kaca mobil anda kotor atau kaca mobil anda berembun namun wiper mobil anda tidak berfungsi sebagaimana seharusnya, maka sudah bisa dipastikan anda akan mengalami banak kendala pada saat menyetir mobil kesayangan anda tersebut.

Oleh karena itulah keberadaan piranti mobil yang satu ini sangatlah penting untuk menunjang kelancaran pengendaraan anda. Mungkin basi sebagian orang keberadaan wiper ini dianggap sepele dan tidak terlalu memberikan dampak, namun yang perlu anda ketahui, pikiran atau pendapat tersebut adalah salah total ya sobat, karena seyogianya wiper mobil ini sama pentingnya dengan bagian mobil yang lainnya.

Justru alat atau komponen ini memiliki peranan yang tidak dapat disepelekan demi menjamin keselamatan berkendara anda. Jadi, tidak hanya rem atau sabuk pengaman saja yang harus selalu di cek secara rutin sobat, namun pengecekan secara rutin tersebut pun berlaku untuk piranti wiper yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama wiper pada mobil, antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai piranti yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil anda, baik kaca bagian depan ( khususnya ) maupun kaca bagian belakang dari debu pada saat anda berkendara di musim kemarau.
Sebagai piranti yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil anda, baik kaca bagian depan ( khususnya ) maupun kaca bagian belakang dari air hujan pada saat anda berkendara di musim hujan.
Sebagai piranti yang bisa memperjauh atau memperjelas jarak pandang si pengemudi, karena fungsinya untuk memberihkan kaca mobil tersebut.
Sebagai piranti yang tepat untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan water spot di kaca mobil serta yang bisa membersihkan kaca anda dari kotoran yang lainnya yang menempel pada kaca mobil anda.
Sponsors Link
Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan piranti yang satu ini. Bayangkan saja jika mobil anda tidak dilengkapi dengan wiper ini, maka pada saat anda berkendara sitengah derasnya hujan maka air hujan dapat mengembun di permukaan kaca yang dapat mengakibatkan terhalangnya pandangan si pengemudinya karena keadaan pandangan yang buram.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila pandangan si pengemudi terhalang, maka akan sangat berbahaya sekali dan hal ini dpat mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan. Adapun cara kerja dari wiper ini sendiri pada umumnya terdiri dari dua buah kecepatan, yaitu kecepatan lambat ( low speed ) dan kecepatan tinggi ( high speed ).

Di dalam menjalankan fungsinya tersebut, wiper ini dibantu oleh adanya washer. Dimana washer ini berfungsi untuk membantu kinerja wiper untuk menyemprotkan cairan pembersih untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil anda.

Washer ini sendiri terletak pada bagian kaca depan dan bagian kaca belaknag ( sama dengan wiper ). Biasanya akan ada kotoran yang menempel pada bagian kaca yag tidak bisa dihilangkan hanya dengan menghapusnya dengan wiper tersebut.

Namun ada kalanya kotoran tersebtu harus disiram terlebh dahulu menggunakan cairan pembersih agar kotoran tersebut bisa hilang, sehingga kondisi kaca film mobil anda akan kembali kinclong seperti semula. Selain itu sobat, dengan anda menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca sobat, maka kerja dari wiper ini akan lebih ringan dan ceapat bersih karena adanya bantuan dari washer tersebut sebagai penyemprot cairan.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini mengenai fungsi utama wiper pada mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Terima kasih buat sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa sobat diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here