Rem merupakan salah satu komponen vital dalam sebuah kendaraan, baik itu mobil atau motor karena berkaitan dengan keamanan dalam berkendara. Ada banyak jenis rem yang digunakan dalam mobil, salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah rem tromol.

Rem tromol merupakan jenis rem yang memiliki prinsip kerja gesekan antara tromol (drum) dengan kampas yang berputar seiring dengan putaran roda mobil. Sehingga diharapkan bisa mengurangi laju kendaraan secara perlahan. Lalu apa saja kelebihan rem tromol dibandingkan dengan jenis rem lainnya? Berikut ini penjelasan lebih lanjut.

1. Tidak Mudah Kotor dan Terlindungi

Salah satu kelebihan dari rem tromol adalah sifatnya yang tertutup dan terlindungi, sehingga rem tidak mudah kotor akibat debu dan kotoran yang dapat masuk ke dalamnya. Karena lebih terlindungi, maka tentu saja rem mobil tidak cepat kotor. Hal ini jelas berpengaruh pada kinerja pengereman yang terasa lebih lembut. Penampang pada sistem pengereman juga dibuat agak lebih lebar sehingga pengereman dapat lebih maksimal.

2. Mampu Menaha Beban Yang Besar

Rem tromol juga memiliki kelebihan pada kemampuannya yang dapat menahan beban yang cukup besar. Hal ini dapat terbukti dari penggunaan rem tromol. Anda bisa melihat sendiri jika jenis rem mobil sering digunakan pada kendaraan-kendaraan berat semisal bus atau truk. Dan tak hanya itu saja, biasanya rem tromol juga masih seringkali diandalkan sebagai rem parkir karena kerja rem yang dapat menahan bobot kendaraan dalam jangka waktu yang lama.

3. Pengereman Lebih lembut

Karena prinsip kerja dari rem tromol yang mengandalkan gesekan yang terjadi antara dinding tromol dan kampas rem, maka tentu saja pengereman yang dilakukan akan lebih lembut jika dibandingkan dengan pengereman yang dilakukan komponen utama rem cakram yang terkadang terasa lebih menghentak.

4. Biaya Produksi Murah

Kelebihan rem tromol lainnya dapat dilihat dari segi harga yang murah. Sebenarnya untuk masalah ini sangat relatif karena komponen diproduksi masal sehingga membuat harganya jauh lebih murah. Namun berbeda dari rem cakram yang membutuhkan banyak unsur-unsur campuran lainnya seperti karbon. Umumnya rem tromol hanya terbuat dari besi tuang yang biaya produksinya jauh lebih murah dibandingkan dengan piringan cakram.

Namun tak hanya memiliki keunggulan-keunggulan saja, tentu saja rem tromol memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh rem tromol adalah rem mobil kurang pakem. Hal ini karena tidak seluruh dari kampas rem menempel pada tromol roda. Sehingga menyebabkan daya pengereman tidak maksimal, hanya sekitar 70% saja.

Namun jika rem tromol digunakan pada roda belakang dengan daya pengereman yang hanya berkisar 70% saja maka akan menguntungkan. Mengapa? hal ini karena pengereman pada roda belakang tidak boleh melebihi kekuatan pengereman di roda depan. Jika kondisi berkebalikan, maka akan menyebabkan mobil sulit dikendalikan saat dilakukan pengereman mendadak.

Nah itu tadi beberapa kelebihan rem tromol pada mobil yang perlu anda ketahui. Setiap jenis rem pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebtuhan saat berkendara. Sehingga berkendara terasa nyaman dan aman tanpa adanya gangguan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here