Hello sobat semua yang tentunya penulis rindukan, salam hangat selalu ya sobat buat anda semua yang senantiasa setia memberikan ulasan demi ulasan kepada anda melalui banyak artikel yang selalu penulis sajikan buat sobat semua.

Penulis juga berharap nih sobat, hendaknya sobat semua senantiasa menularkan hobbi membaca anda kepada orang yang ada di sekeliling anda agar hobbi membaca ini menjadi sebuah warisan kepada generasi penerus kita ya sobat. Karena dengan membacalah kita bisa mengetahui berbagai hal yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu. Setuju ya sobat.

Oke sobat semua, adapun yang akan menjadi pembahasan kita pada artikel kali ini adalah mengenai pengaruh performa mesin saat perubahan musim. Mungkin sobat semua yang sehari – harinya mengemudikan mobil tentunya merasakan adanya perubahan pada performa mesin anda atau bisa juga komponen karburator mobil, baik itu pada saat musim kemarau maupun pada saat musim penghujan kedua musim ini sedikit banyak memberikan pengaruh pada performa mesin kendaraan kita.

Jika hal tersebtu terjadi pada kendaraan anda, itu memang wajar – wajar sobat. Karena memang faktanya suhu dan iklim memang memberikan pengaruh terhadap performa komponen mesin mobil kendaraan anda, baik itu dalam skala yang besar maupun skala yang kecil tergantung yang terjadi pada mobil anda ya sobat.

Namun meski begitu sobat, ada begitu banyak diantara kita para pengemudi yang memang tidak terlalu menyadari ahl tersebut, sehingga merasa ada sesuatu yang aneh yang terjadi pada kendaraan anda, padahal hal terseut terjadi oleh karena adanya perubahan iklim atau musim tersebut.

Nah bagi sobat semua yang memang selama ini tidak terlalu mengerti apa saja yang menjadi pengaruh performa mesin pada saat perubahan musim tersebut, yuk sobat semua marik kita simak ulasan beriku ini, agar informasi anda bisa bertambah. Check It Out ! Musim atau iklim dapat mempengarui performa mesin mobil, dalam keadaan antara lain sebagai berikut :

1. Suhu Yang Lebih Tinggi

Pengaruh performa mesin pada saat perubahan musim yang pertama adalah pada saat kondisi suhu tinggi. Suhu yang tinggi yang disertai dengan pemakaian mobil secara berlebihan ternyata dapat mempengaruhi performa mesin kendaraan anda. Pada umumnya mesin mobil memang di design agar mampu bertahan pada suhu yang tinggi, namun ketahanan ini pasti ada batasnya.

Jika panas suhu pada mesin melampaui batas yang ditentukan atau standar yang ditentukan, maka kerusakan yang terjadi akibat overheating bisa saja terjadi. Apabila didukung dengan warna mobil anda yang cenderung gelap yang dapat menyerap panas lebih cepat, akan mempermudah terjadinya overheating. Suhu tinggi ini bisanya terjadi pada saat musim kemarau yang berkepanjangan.

2. Suhu yang Lebih Rendah

Pengaruh performa mesin pada saat perubahan musim yang kedua adalah pada saat kondisi suhu lebih rendah. Pada saat suhu lebih rendah atau lebih dingin, udara memiliki molekul yang lebih padat, sehingga udara membawa lebih banyak oksigen jika dibandingkan dengan pada saat udara lebih panas.

Semakin banyak jumlah oksigen yang masuk kedalam silinder mesin, maka semaikn banyak pula bahan bakar yang bisa diproses untuk dijadikan sebagai energi. Namun hal ini bisa mengakibatkan pemakaian bensin yang lebih banyak atau mobil boros bbm. Suhu rendah seperti ini biasanya terjadi pada saat musim hujan.

3. Suhu Berpengaruh Terhadap Aki Mobil

Yang ketiga adalah bahwasanya suhu juga mempengaruhi kinerja aki mobil anda. Pada suhu yang lebih tinggi ( pada saat musim kemarau ), biasanya aktivitas kimiawi dapat terjadi lebih cepat dan dapat menyebabakan korosi lebih banyak pada sel baterai, sehingga jangka hidup komponen penyusun aki mobil biasanya akan lebih pendek jika dibandingkan dengan pada saat muaim hujan. Nah sobat semua, tentunya performa aki ini akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap performa mesin kendaraan anda.

4. Suhu Berpengaruh Terhadap Oli Mobil Anda

Yang ke empat adalah bahwasanya suhu juga berpengaruh terhadap oli mobil anda. Oli yang tidak di design khusus untuk penggunaan di negara tropis dapt pula menjadi penyebab penuruna performa pada kendaraan. Nah untuk itu sobat, anda juga sebaiknya memperhatikan fungsi oli pada mobil yang nantinya akan anda gunakan untuk oli atau pelumas mobil anda.

Karena seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, suhu juga berpengaruh terhadap performa oli anda. Nah jika oli anda ada masalah tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap performa mesin kendaraan anda secara keseluruhan. Selain itu sobat coolant pada mobil juga tentunya perlu anda perhatikan, karena seyogianya coolant ini juga berpengaruh pada performa mesin kendaraan anda.

Sebagai tambahan informasi aja nih sobat, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan pada saat pergantian musim, antara lain :

Perhatikan sistem pendingin pada mobil anda .Usahakan semua beroperasi dengan normal.
Perhatikan sistem pelumas. Usahakan oli yang anda gunakan sesuai dengan standar mobil anda
Perhatikan oktan bahan bakar. Perhatikan ukuran atau tingkat oktan bahan bakar kendaraan anda.
Sekian informasi mengenai pengaruh performa mesin saat perubahan musim yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here