Ketika kita berbicara mengenai masalah mobil, tentu banyak sekali ragamnya ya sobat, baik itu terjadi pada komponen mesin, bodi atau bagian lainnya. Permasalahan mobil itu sendiri bisa terjadi apabila ada bagian dalam mobil yang mengalami kerusakan tentunya.

Hal inilah yang mengharuskan kita untuk selalu teratur dalam melakukan perawatan terhadap mobil kesayangann kita. Tentunya bagi anda yang tidak mengerti masalah mesin dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil akan kebingungan sendiri nantinya apabila ada kerusakan pada mobil anda terlebih lagi apabila mobil tersebut sedang anda kemudikan. Baca juga mengenai mobil kurang tenaga di tanjakan.

Gas Mobil Ngempos

Apabila anda mengendarai atau mengemudikan kendaraan anda setiap hari, tentunya anda sudah akrab dengan semua komponen yang ada dalam mobil anda tersebut. Salah satunya adalah terkait gas mobil anda. Apabila terjadi sesuatu yang tidak seperti biasanya, maka dengan mudah anda sudah bisa merasakannya.

Tenaga kendaraan memang lama – kelamaan akan menyusut atau berkurang tenaganya. Hal ini disebakan oleh kinerja komponen lain yang ada dalam mobil anda juga berkurang tenaganya, apalagi jika anda melakukan perjalann jarak jauh.

Salah satu masalah mobil yang cukup sering kita alami dan sangat mengganggu aktivitas kita tentunya adalah masalah gas pada mobil yang tidak berfungsi sesuai dengan yang seharusnya. Masalah meisn tersebut bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak kita ketahui sebelumnya. Salah satu masalah apda gas yang cukup sering terjadi dan kita alami adalah gas mobil yang tidak bertenaga atau ngempos. Baca juga mengenai penyebab mobil matic tidak bertenaga.

Dalam pembahasan artikel kali ini, penulis akan memaparkan tentang penyebab kendaraan ngempos atau kurang bertenaga berikut cara mengatasinya, agar sobat semua tidak terlalu awam dengan masalah seperti ini ya sobat. Yuk kita simak ulasan ini dengan seksama. Adapun faktor penyebab gas mobil ngempos atau bahasa lainnya tidak bertenaga adalah sebagi berikut:

1. Over Heating Pada Mesin Mobil

Penyebab gas mobil ngempos atau penyebab mobil kurang bertenaga yang pertama ialah karena over heating. Mesin yang mengalami over heating akibat sistem pendinginan kendaraan yang tidak bisa bekerja secara optimal akan menyebabkan komponen yang ada di dalam meisn anda atu bisanya akrab disebut dengan komponen metal memuai secara drastis.

Hal seperti ini biasanya terjadi terutama pada bagian piston atau silinder mesn mobil anda. Apabila piston ini memuai, maka dapat dipastikan pergesekan piston dengan bagian dinding silinder menjadi lebih besar. Sudah barnag tentu ini akan membuat gerakannya menjadi jauh lebih berat dan otomatis juga tenaga mesin kendaraan anda akan berkurang atau bahkan menghilang sma sekali. Apabila mobil anda mengalami hal seperti ini, sudah pasti gas mobol anda akan mengalami kekurangan tenaga juga atu biasa disebut dengan gas ngempos.

2. Filter Udara Dalam Mobil Anda Kotor

Penyebab gas mobil ngempos yang kedua ialah filter udara kotor. Filter udara kendaraan memiliki peranan yang cukup besar untuk menyaring atau memebersihkan udara dari berbagai jenis kotoran yang berbentuk debu atau jenis kotoran udara yang lainnya. Normalnya, mesin sangat membutuhkan asupan oksigen dari udara dalam proses pembakaran.

Maka apabila filter udara dalam mobil anda bermasalah, sehingga tidak bisa menyaring udara yang kan masuk ke ruang pembakran, maka dapat dipastikan oksigen yag seharusnya diserap menjadi semakin sedikit karena pori – pori dari filter yang ada pada kendaraan anda akan tersumbat dari kotoran ataupun debu yang ada pada filter udara tersebut. Bisa dipastikan apabila oksigen atau udara yang akan di suplai ke ruang pembakaran akan berdampak terhadap gas mobil anda, yang bisa saja berpotemsi gas nya ngempos atau kurang bertenaga.

3. Sistem Pengapian yang Bermasalah

Penyebab gas mobil ngempos selanjutnya yakni terjadi masala pada pengapian. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pengapian merupakan hal yang sangat penting bagi dan hal yang sangat menentukan tenaga mesin kendaraan anda.

Karena ini sangat berhubungan dengan kinerja proses pembakaran, maka apabila sistem pengapian kendaraan mengalami masalah, maka bisa diartikan tenaga mesin anda akan menurun. Apabila sudah mengalami hal seperti ini, bisa dipastikan gas pada mobil anda akan mengalmi kekurangan tenaga atau ngempos. Baca juga mengenai perawatan mesin diesel.

4. Busi Kotor

Selain ketiga hal di atas, busi juga merupakan salah satu komponen yang berperan penting terhadap terhadap sistem pembakaran meisn anda. Hal ini dikarenakan kualitas atau hasil akhir yang terjasi di proses pembakaran mesin anda sebagian besar adalah faktor pengaruh dari busi kendaraan anda.

Untuk itu sobat harus menjaga kebersihan busi anda dari kerak atau kotor yang akan sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran pada mesin anda. Apabila busi anda diselimuti oleh kerak atau kotoran akan sangat berpotensi membuat gas anda lemah atau ngempos. Baca juga mengenai penyebab tarikan mobil terasa berat.

Selain fakor penyebab yang sudah penulis utaran di atas, dalam kesempatan kali ini penulis juga akan memberikan tips atau tindakan pencegahan atau antisipasi agar kendaraan anda tetap dalam kondisi aman, dan terhindar dari masalah gas yang ngempos atau kurang bertenaga. Yuk kita simak ulasan berikut ini sobat.

Periksalah kecukupan sekaligus kualitas dari air radiator yang anda gunakan. Pastikan air radiator yang anda gunakan tidak keruh, kotor dan selalu mencukupi untuk kebutuhan mesin anda. Biasanya air radiator ini bersifat coolant atau pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan bagian mesin anda.
Pastikan bahwa bodi air radiator tidak dalam kondisi basah. Karena apabila dalam keadaa basah, itu artinya ada rembesan atau bocor yang harus anda perbaiki.
Pastikan bahwa sirkulasi air dan sirkualsi udara dakam mobil anda berjalan dengan baik sesui dengan fungisnya masing – masing.
Anda harus mematiskan kinerja dari kipas pendingin atau fan daapt bekerja dengan baik
Periksalah secara rutin kualitas serta kecukupan oli mesin apakah masih mencukupi dan kualitasnya masih layak untuk digunakan.
Sebaiknya sobat semua melakukan perawatan secara rutin terhdap kendaraan anda, yang tujuannya agar dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi. Karena apabila dilakukan perawatan secara rutin akan membuat kendaraan anda awet.

Oke sobat, sampai disini dulu pembahasan mengenai penyebab gas mobil ngempos kali ini. Semoga apa yang penulis bagikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa, slam hangat selalu dan tetap optimis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here