Penyebab Lampu Depan Mobil Mati sering kali karena hal yang sangat sepele. Lampu depan mobil merupakan bagian vital yang ada pada kendaraan anda. Dengan adanya lampu mobil, anda dapat dengan mudah dan aman pada saat mengendarai mobil terutama pada malam hari. Lampu depan atau lampu head lamp (head light) biasanya menggunakan ukuran lampu yang standar sekitar 55-60 watt.

Namun bila lampu mobil anda telah dilengkapi dengan relay maka biasanya menggunakan lampu berdaya 90-100 watt. Bila kendaraan yang anda yang anda miliki masih menggunakan lampu standar namun ingin nyala lampu berdaya lebih terang, maka anda harus menambahkan kabel relay untuk menjaga keamanan mobil anda.

Lalu bagaimana jika lampu depan mobil anda bermasalah seperti mati atau redu? tentunya hal tersebut dapat beresiko ringan hingga besar. Anda bisa saja tertilang oleh polisi atau malah beresiko mengalami kecelakaan yang fatal karena anda tidak dapat melihat objek yang berada di depan dengan jelas. Beragam masalah yang sering terjadi pada lampu depan mobil adalah.

Lampu tidak menyala keduanya, baik lampu kanan maupun kiri semua mati total.
Lampu hanya menyala sebelah saja, yang bagian kanan saja atau bagian kiri saja.
Hanya lampu dekat saja yang menyala.
Hanya lampu jauh saja yang menyala.
Agar kita dapat mengetahui penyebab dari kerusakan pada lampu depan mobil, anda bida mengetes nya dengan menggunakan testpen. Bisa saja kerusakan berasal dari bohlam lampu, sekringnya yang putus, kabelnya yang bermasalah dan masih banyak lainnya. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penyebab-penyebab lampu depan mobil dapat mati.

1. Sekring Putus
Penyebab Lampu Depan Mobil Mati sebelah paling umum adalah karena hal ini. Yang seringkali menyebabkan lampu depan mobil dapat mati adalah sekring nya yang putus. Sekring tersebut biasanya berada pada bagian bawah ataupun di dekat setir mobil. Bentuk sekring seperti gigi atau dua jari. Anda dapat mencari mana sekring yang berfungsi sebagai sekring lampu depan mobil anda.

Setelah memeriksa dan memastikan kondisinya putus, anda dapat memperbaikinya dengan cara melilitkan dua helai serabut logam dari kabel tersebut ke kedua terminal. Dan kemudian pasang kembali sekring tersebut dengan tepat.

Anda bisa mengganti sekring mobil dengan sekring yang baru, cara mengganti sekring juga bisa anda lakukan sendiri dirumah jika anda memiliki alat – alat nya. Tetapi jika anda ingin menggunakan cara yang simple maka anda bisa menggunakan jasa bengkel. Karena sudah jelas dan pasti kalau bengkel memiliki semua alat – alat yang di perlukan oleh mobil. Penggantian sekring juga tidak memerlukan biaya yang mahal.

2. Masalah pada Bohlam Lampu
Terkadang lampu depan mobil anda tidak mati total keduanya, hanya pada satu bagian saja. Untuk penyebabnya, hal ini bukan dikarenakan oleh sekring dari lampu tersebut. Kemungkinan besar penyebab lampu mobil anda mati sebelah adalah pada bohlam lampunya yang sudah terbakar abis dan perlu untuk diganti.

Untuk mengganti bohlam lampu tersebut, sebaiknya anda mematikan lampu mobil terlebih dahulu dan kemudian membuka sekrup pada penutup lampu. Jika kondisi filamen bohlam lampu sudah rusak dan terjadi perubahan warna pada gelas maka anda perlu segera mengganti bohlam lampu mobil anda.

Jika anda menggunakan bohlam lampu berbahan mika, maka memang penggunaannya tidak bisa bertahan lama karena akan semakin buram ketika sudah lama digunakan. Hal ini dikarenakan bahan plastik (mika) tidak tahan terhadap kondisi suhu yang panas. Sehingga resiko pecah dan retak kemungkinan besar bisa terjadi. Untuk perbaikan sementara, anda dapat membuka penutup lampu dan kemudia membersihkannya hingga kering dengan menggunakan lap bersih.

3. Cara Pemasangan yang Salah
Cara pemasangan lampu yang tidak tepat juga dapat menyebabkan lampu depan mobil cepat rusak. Pada saat memasang bohlam lampu mobil, anda tidak sengaja memegang langsung tabung lampu tersebut. Hal ini akan mengakibatkan kotoran, lemak, dan lainnya yang ada pada tangan menempel pada tabung tersebut. Sehingga pada saat lampu menyala, kotoran dan lemak tersebut akan membuat gas yang ada di tabung lampu terkosentrasi pada satu bagian saja. Sehingga panas yang ada pada permukaan tabung tidak tersebar secara merata.

Hal ini jika dibiarkan terus menerus maka akan membuat tabung menjadi pecah dan umur lampu tak tahan lama. Untuk itu, sangat disarankan untuk memastikan kondisi kebersihan dari tabung lampu mobil anda agar jangan sampai ada kotoran, debu, minyak yang menempel disana.

Meskipun pada awalnya hanya membuat lampu menjadi redup dan tidak fokus, namun bila dibiarkan terus menerus akan membuat lampu akan pecah. Bahkan jika terdapat uap air ataupun embun pada tabung lampu mobil pada saat lampu mobil pecah maka embun atau uap air tersebut akan menuju kabel-kabel yang dapat membuat korsleting ketika arus listrik sedang mengalir.

4. Kondisi Kabel atau Relay
Penyebab lainnya lampu depan mobil bisa mati adalah pada kabel atau relay. Untuk memeriksanya, pastikan kondisi kontak sedang on dan aki aktif. Kemudian perhatikan apakah kondisi kabel yang menyebabkan lampu depan mobil bisa mati. Jika tidak, maka kemungkinan masalah berasal dari relay (penghubung antara kabel lampu dengan sumber listrik).

Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan kabel utuh yang tidak terpakai. Cabut relay dan kemudian pakailah kabel tersebut untuk menyambung kan langsung antara sumber listrik dengan lampu. Namun ingat, kondisi ini hanya untuk keadaan darurat saja. Segera perbaiki lampu anda di bengkel-bengkel terdekat.

Lampu mobil memang menjadi bagian yang penting pada saat anda mengendarai mobil. Sehingga anda perlu memperhatikan kondisi nya agar selalu baik pada saat akan anda gunakan untuk bepergian terutama pada malam hari. Akan lebih baik jika anda langsung membawa mobil anda ke bengkel-bengkel resmi terdekat agar kerusakan tidak berlanjut hingga ke bagian-bagian lainnya.

Selain lampu depan mobil, bagian lampu lainnya juga terkadang dapat mengalami masalah yang serupa, antara lain adalah:

1. Lampu Kecil (Tail)

Lampu ini biasanya terdapat pada bagian depan dan belakang terutama pada bagian kanan dan kiri kendaraan. Meskipun lampu ini menggunakan bohlam yang kecil, namun fungsinya tidak dapat disepelekan. Sama halnya dengan lampu depan mobil, lampu tail juga terkadang dapat tidak menyala. Hal ini bisanya dikarenakan adanya kesalahan pada sambungan jalur sehingga menyebabkan terjadinya konsleting pada jalur lampu.

2. Lampu Sein

Lampu sein biasanta terdapat pada bagian depan dan belakang pada kanan kiri mobil anda. Biasanya nyala lampu kendaraan berwarna kuning. Beberapa mobil terkadang menempatkan lampu sein pada bagian samping kendaraan. Fungsi dari lampu sein sangatlah penting karena sebagai penanda jika kendaraan anda akan berpindah ke kanan dan kiri, selain itu lampu sein akan sangat berguna jika anda ingin menyalip kendaraan yang ada di depan anda. Lampu sein terkadang juga dapat mengalami mati karena sekring dan bohlam lampu yang putus. Masalah lainnya yang terkadang terjadi pada lampu sein adalah lampu dapat menyala namun tidak dapat berkedip, hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada flasher. Selain itu, lampu sein yang berkedip terlalu cepat dikarenakan terdapat bohlam lampu yang tidak menyala.

3. Lampu Rem

Lampu ini biasanya terdapat pada bagian belakang pada kanan dan kiri kendaraan sebagai penanda jika kendaraan anda akan berhenti. Lampu rem ini sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara. Lampu rem juga dapat menjadi penanda pada kendaraan yang anda di belakang. Lampu rem yang mati biasanya dikarenakan bohlam atau sekring nya yang putus, selain itu penyebab lainnya dapat dikarenakan switch rem yang sedang bermasalah.

4. Lampu Mundur (Atret)

Lampu ini hanya ada pada bagian belakang mobil anda. Lampu ini memiliki fungsi untuk penanda jika kendaraan anda akan berjalan mundur, terutama pada saat anda sedang ingin memakirkan kendaraan anda. Lampu mundur yang terkadang tidak dapat menyala biasanya dikarenakan sekring atau bohlam dalam keadaan yang putus. Selain itu, penyebab lainnya dapat dikarenakan switch munduru yang tidak bekerja optimal.

Lampu mobil merupakan komponen penting yang menunjang kenyamanan dan keamaan anda dalam berkendara. Untuk itu selalu perhatikan kondisi lampu mobil anda, jangan membiarkan lampu mobil dalam kondisi mati pada saat berkendara. Segera perbaiki jika anda merasa lampu mobil anda sedang bermasalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here