Dewasa ini, mempunyai kendaraan roda empat atau lebih gampangnya disebut dengan mobil, sudah bukan suatu barang yang terlalu dianggap mewah atau wah ya sobat. Pasalnya pada saat sekarang ini, mobil merupakan suatu kebutuhan yang dianggap kebutuhan sekunder yang harus dimiliki oleh setiap keluarga untuk menjaga kenyamanan segenap anggota keluarga jika memang sedang dibutuhkan.

Mungkin berbeda dengan beberapa tahun yang silam, yang menganggap mobil adalah sesuatu yang begitu wah. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan menjadikan mobil merupakan sebuah kebutuhan yang sangat kita perlukan dalam menjalankan aktivitas sehari – hari.

Namun pada kondisi aktualnya, pada saat kita menggunakan mobil tersebut untuk menunjang kegiatan kita sehari – hari, tidak jarang mengalami kendala yang cukup menggangu kegiatan kita. Salah satunya adalah mesin yang sering brebet pada saat mesin panas.

Hal ini tentunya sangat menggangu kita ya sobat, terlebih lagi apabila sobat semua tidak mengerti tentang mesin mobil, tentunya hal ini sangat mengganggu kenyamanan anda. Salah satunya hal yang anda lakukan pastinya langsung ke bengkel ya sobat, padahal sesungguhnya hal ini dapat kita cegah apabila kita mengetahui penyebanya.

Mesin Mobil Brebet Saat Panas

Oke sobat semua, dalam pembahasan artikel kali ini penulis akan membagikan informasi kepada sobat semua tentang penyebab dan cara mengatasi mesin mobil brebet saat panas. Nah untuk sobat yang memang pernah atau bahkan sering kali mengalami hal seperti ini ada baiknya simak yuk sobat informasi berikut ini, semoga saja bisa menjadi refrensi bagi sobat semua. Yuk kita simak dengan seksama.

Kurangnya perawatan mesin mobil yang anda lakukan terhadap mobil anda, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja atau performa mobil anda. Salah satunya adalah mesin anda yang rewel atau brebet pada saat panas atau pun mesin mobil brebet saat dingin. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

1. Gangguan Pada Sistem Pengapian

Penyebab mobil brebet saat panas yang pertama ialah terdapat masalah pada sistem pengapiannya. Adapun ciri – ciri dari gangguan pada sistem pengapian ini adalah biasanya ditandai dengan tidak adanya percikan api pada busi mobil anda. Penyebabnya bisa saja busi mobil anda yang memang sudah usang, kabel busi putus, atau kerusakan koil pada busi mobil anda.

Adapun langkah perbaikan yang perlu anda lakukan adalah dengan cara melakukan pengecekan secara rutin terhadap busi mobil anda. Jika memang pada saat pengecekan anda menemukan kotoran atau kerak yang menempel pada busi mobil anda, ada baiknya anda segera membersihkannya agar busi mobil anda bisa awet.

Selain itu pastikan kabel busi anda terpasang sesuai dengan standarnya agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah periksalah koil yang ada pada busi anda, pastikan kondisinya asih “oke” untuk dipakai. Bagian busi yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mobil jalan tersendat sendat, untuk itu anda wajib memberikan perhatian lebih.

2. Gangguan Pada Sistem Pasokan Bahan Bakar

Penyebab mobil brebet saat panas yang kedua yakni masalah sistem pasokan bahan bakar. Adanya gangguan pada saluran bahan bakar, seperti mengalami penyumbatan juga merupakan salah satu penyebab mesin mobil brebet apalagi dalam kondisi panas. Apabila bahan bakar anda tersumbat atau terhambat di selang ( saluran bahan bakar ) kendaraan anda, maka dapat dipastikan mesin mobil anda akan mengalami brebet ya sobat.

Untuk itu, langkah perbaikan yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap saluran bahan bakar anda secara berkala. Pastikan saluran bahan bakar anda tidak ada masalah dan mengalir dengan baik.

Pada beberapa kejadian seringkali bahan bakar mobil tidak berjalan dengan sempurna karena berapa hal seperti filter bahan bakar anda kotor, karburator mobil anda tersumbat sehingga menjadi penyebab karburator mobil nembak, selang bahan bakar tersumbat, pompa bahan bakar anda rusak, sehingga bahan bakar yang akan disalurkan ke mesin pengapian tidak sempurna.

Hal ini sangat sering terjadi terutama saat mesin mobil anda panas, sehingga mengakibatkan mesin anda brebet. Jadi, pastikan sistem pemasokan bahan bakar anda dalam keadaan baik ya sobat.

3. Gangguan Pada Sistem Kelistrikan Mobil

Penyebab mobil brebet saat panas selanjutnya ialah masalah pada sistem kelistrikannya. Tidak hanya kelistrikan benda – benda elektronik ya sobat, sistem kelistrikan pada mobil pun akan berpengaruh terhadap kinerja atau performa mesin mobil anda. Salah satu hal yang bisa saja terjadi apabila kelistrikan mobil anda terganggu adalah mesin mobil yang brebet.

Biasanya hal seperti ini terjadi pada saat mesin anda masih panas. Sistem kelistrikan pada mobil sangat erat kaitannya dengan aki. Nan untuk itu sobat, pastikan kondisi aki mobil anda dalam kondisi prima. Selain itu, perhatikan ornamen – ornamen mobil anda lainnya yang memang terhubung dengan aki secara langsung.

Pastikan volt ornament yang anda gunakan tidak terlalu besar, yang nantinya akan mempengaruhi kinerja aki mobil anda tersebut. Mungkin pada awalnya tidak akan terjadi masalah yang serius, tetapi jika lama – kelamaan mesin anda akan panas, jika aki anda tidak berfungsi maksimal maka ada kemungkinan mesin mobil anda akan brebet, yang tentunya hal ini akan merusak kenyamanan anda.

4. Gangguan Pada Suhu Mesin Mobil yang Terlalu Tinggi

Penyebab mobil brebet saat panas yang terakhir adalah masalah pada suhu. Pada kondisi normal, kemungkinan mesin anda tidak akan mengalami masalah yang berarti bagi anda. Tetapi pada saat suhu mesin mobil anda terlalu tinggi, dapat dipastikan mesin mobil anda akan brebet sehingga membuat anda tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal ini, anda perlu melakukan pengecekan secara rutin pada komponen radiator mobil anda. Salah satunya adalah kipas radiator mobil tersebut. Pastikan kipas pendingin tersebut berfungsi dengan maksimal agar mesin anda tidak overheating.

Selain itu, pastikan juga melakukan pengecekan pada air radiator anda. Pastikan air radiator anda selalu berisi dan mencukupi apabila anda ingin menggunakan mobil kesayangan anda, agar tidak menimbulkan masalah yang dapat mengganggu kenyamanan anda.

Gunakanlah air coolant untuk air radiator anda, agar berfungsi secara maksimal. Tetap lakukan perawatan yang terbaik agar mobil anda awet dan tidak mengalami mesin yang brebet apalagi pada saat mesin anda panas.

Oke sobat semua, itulah beberapa ulasan mengenai penyebab mobil brebet saat panas yang penulis bagikan buat sobat semua. Semoga apa yang penulis bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya sobat. Salam otomotif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here