Radiator memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah kendaraa, baik itu motor maupun mobil. Radiator merupakan sistem pendingin mobil yang mana mencegah agar mobil overheating akibat mesin yang mengalami kenaikan panas berlebihan. Mesin yang overheat tentu saja akan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam mesin. Namun terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada radiator yang membuat kerjanya menjadi tidak maksimal. Misalnya saja radiator mobil yang bocor sehingga penyebab air radiator berkurang. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab radiator mobil bocor dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Usia Radiator Yang Sudah Tua

Setiap komponen di dalam mobil pastinya memiliki usia pakainya masing-masing, termasuk pula radiator mobil. Rata-rata pemakaian radiator mobil berkisar dari 4-5 tahun. Setelah itu, mungkin akan ada beberapa perubahan pada Komponen radiator, misalnya saja dindingnya yang mulai terkikis perlahan dan menyebabkan terjadinya kebocoran pada radiator. Sehingga agar menjaga peforma radiator tetap maksimal, maka penting memperhatikan usia pakai dari radiator mobil anda. Jika memang sudah terlalu lama, maka akan lebih baik untuk menggantinya dengan radiator yang baru.

2. Saluran Output Tersumbat

Penyebab radiator mobil bocor lainnya bisa terjadi akibat tersumbatnya saluran outpu. Hal ini bisa terjadi akibat radiator yang lama tidak dibersihkan. Radiator mobil sangat rentan terhadap kotoran dan debu. Kotoran dan debu yang menumpuk akan berbentuk seperti gumpalan yang kemudian menghambat aliran air yang masuk ke bagian mesin. Penting bagi anda untuk mengetahui cara membersihkan radiator yang tersumbat dengan tepat.

Jika masalah ini hanya dibiarkan saja, maka akan menyebabkan masalah serius seperti kepala radiator yang pecah dan menyebabkan air merembes ke bagian lainnya dan dapat meledakkan radiator. Untuk itu lakukan pemeriksaan radiator rutin, paling tidak setelah menempuh jarak 40.000km.

3. Adanya Benda Asing

Sering berkendara di jalanan yang tidak rata? maka bisa jadi ini yang menyebabkan radiator mobil bocor. Kondisi jalanan yang tidak bagus biasanya terdapat bebatuan atau kerikil yang sangat runcing. Sadar atau tidak, kerikil dan batu ini bisa masuk dan terlempar ke bagian radiator dan kemudian membuat kebocoran pada radiator. Untuk memperbaikinya, anda bisa segera membawa mobil anda ke bengkel. Jika anda ingin memperbaikinya di rumah, anda bisa menambal dinding radiator dengan menggunakan lem besi. Selain itu perhatikan penggunaan mobil anda, hindari berkendara di jalanan yang rusak terlalu sering.

4. Kualitas Air Radiator Yang Jelek

Penyebab lainnya bisa terjadi akibat kualitas air radiator yang memang kurang baik. Jika anda menggunakan air radiator yang kurang bagus maka akan menyebabkan usia pakai radiator menjadi lebih singkat. Tak hanya itu, komponen-komponen di dalamnya juga akan cepat rusak.

Tentunya bila radiator mobil bocor, maka bisa menyebabkan berbagai masalah jika tidak segera diatasi yaitu air radiator yang berkurang habis. Hal ini bisa menyebabkan masalah karena mesin yang menjadi terlalu panas dan oberheat. Jika mobil terlalu panas, maka tentu saja menyebabkan penyebab mobil mogok mendadak. Jika mesin yang panas dipaksakan untuk terus jalan, tentu saja membuat kebocoran pada sistem pendingin. Fatalnya ini akan membuat mobil susah dinyalakan hingga oli yang terkuras habis.

Jika memang kerusakan radiator memang sudah cukup parah, maka akan lebih baik untuk segera mengganti radiator lama dengan yang baru. Nah itu tadi beberapa hal yang menyebabkan radiator mobil bocor serta cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here