Mobil daihatsu zebra merupakan kendaraan produk lama yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Daihatsu zebra mulai hilang di jalanan ibu kota, namun di daerah mobil ini masih banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan keluarga.

Zebra 1.0 sejatinya lebih tahan banjir karena posisi delco/distributor ada di atas, sejajar lantai kabin belakang. Jadi selama karet (O-ring tutup delco) masih baik, lubang ventilasi tutup delco terpasang slang karet dan penahan lumpur roda kiri depan terpasang, lalu kabel busi juga masih baik tidak ada kebocoran, aman melintasi genangan air hingga setinggi velg.

Namun putaran mesin harus tetap rada tinggi, kalau langsung kipas radiator akan tertahan air dan mesin bakal mati. Posisi ujung saluran hisap ke saringan udara juga lebih aman, karena dilengkapi tabung semi tertutup dan ditempatkan di balik dinding bawah jok supir, jadi air tidak mudah terhisap. Beda dengan Zebra 1.3 yang model terbuka di bawah jok sopir, rawan masuk air.

Biasanya kalau si Zebra mogok karena banjir/genangan air, permasalahannya berada pada delco yang terpercik air, buka dan keringkan bagian ini apabila mesin mati.

Untuk zebra 1.3, posisi delco berada di samping sejajar dengan mesin yang rawan terkena air dan menyebabkan mesin mati (mogok). Pastikan juga karet (O-ring tutup delco) masih baik, lubang ventilasi tutup delco terpasang slang karet dan penahan lumpur roda depan terpasang (terutama perhatikan di sebelah kiri), lalu kabel busi juga masih baik tidak ada kebocoran, kalau perlu bungkus delco dengan plastik. Pemakaian pengapian CDI lebih menjamin dari pada platina. Jangan memaksa melewati genangan air lebih dari setengah roda atau sejajar dengan knalpot.

 

Itulah sedikit info tentang mobil Daihatsu Zebra. jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here