Gaya serta kecakapan berkendara ternyata sangat berpengaruh pada tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan. Mobil yang sama tapi dikendarai dua orang berbeda, bisa jadi menghabiskan bahan bakar berbeda. Satu boros, satu irit.

5 Cara Membuat Mobil Irit Dan Bertenaga Tanpa Ribet

Berikut ini ada beberapa Cara Membuat Mobil Irit Dan Bertenaga.

1. Lakukan Pemanasan

Selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mobil anda gunakan
Lakukan pemanasan kurang lebih 10 menit pada mobil anda. Jangan terlalu lama karena dapat berakibat buruk salah satunya yaitu pembuangan gas buang dari knalpot dapat membahayakan kesehatan. Fungsi pemanasan itu sendiri adalah memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin mobil anda. Selain itu hal ini dapat mengantisipasi mesin anda yang “kaget” pada komponen mesin-mesin yang bergesekan didalamnya.

2. Perhatikan pemakaian solar, filter dan tangki solar

Gunakan solar yang memiliki kualitas baik walaupun dengan harganya yang mahal. Gunakan solar yang memiliki kandungan sulfur rendah karena hal ini akan berpengaruh terhadap ketarikan mesin yang lebih ringan dan suara mesin akan lebih halus. Selain itu asap yang dikeluarkan dari knalpot juga akan bersih. Anda dapat menggunakan Solardex yang diproduksi Pertamina.

3. Perawatan water sedimenter dan busi pijar

Biasanya pada filter solar modern sudah dilengkapi dengan water sedimenter. Alat ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. Lakukan cek secara rutin dan berkala kandungan air pada water sendimenter. Apabila indikator bahan bakar menyala maka itu menandakan kandungan air pada water sendimenter sudah maksmial dan harus segera dibuang.

4. Rajinlah membersihkan filter udara

Udara yang bersih dapat membuat proses bahan bakar menjadi sempurna dan peforma mesin menjadi maksimal serta dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar. Ukuran pori pori pada filter udara mesin diesel hanya mencapai 50-60 mikron dan dengan ukuran yang seperti itu debu dan kotoran dapat masuk kedalamnya.

5. Lakukan penggantian pelumas oli

Oli merupakan bagian penting dalam sebuah mesin yang mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin mobil. Anda harus mengganti minyak pelumas (oli) anda setiap 5000 km dan sekaligus mengganti filter olinya. Gesekan yang sering terjadi pada komponen-komponen di dalam mesin akan meninggalkan sisa sisa residu yang dapat membuat mesin mobil anda akan cepat aus.

Itulah beberapa cara membuat mobil irit dan bertenaga. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here