Klakson adalah salah satu bagian perlengkapan yang ada pada kendaraan salah satunya mobil. Seperti yang kita ketahui juga salah satu fungsi klakson ini sangat penting bagi pengendara yaitu untuk berkomunikasi, saling mengingatkan dan memperingatkan satu sama lain antar pengendara kendaraan di jalan raya. cara merawat klakson mobil tentu saja wajib anda perhatikan karena mengingat keberadaannya yang cukup penting.

Bunyi klakson ada bermacam-macam. Ada yang berbunyi lembut dan sopan ini akan membuat pengendara lain simpatik, namun ada juga yang berbunyi keras bisa melahirkan salah paham dan emosi pengendara lain. Banyak kejadian di jalan raya yang disebabkan oleh penggunaan klakson yang salah menimbulkan ketidaknyamanan antar pengguna jalan.

Salah satu contohnya ketika pengendara berada disituasi jalan yang macet, banyak pengendara yang tidak sabar dan membunyikan klakson secara terus menerus hal ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendara lain, bisa saja hal ini menjadi pertikaian karena pengendara lain tidak terima dengan klakson yang dibunyikan terus menerus tersebut.

Maka dari itu, sebelum kami memberikan tips cara menggunakan klakson mobil dengan benar, ketahuilah tempat-tempat mana saja yang tidak perlu membunyikan klakson. Sebagai berikut :

1. Saat Jalan Padat dan Macet

Ketika berada di jalan yang sedang padat kendaraan ramai motor maupun mobil dan macet alangkah baiknya tidak membunyikan klakson karena itu akan dengan mudah menyulut emosi pengguna jalan lainnya. Selain itu jika digunakan terlalu sering juga bisa menjadi penyebab klakson mobil tidak menyala. Disarankan sebaiknya tetap berada di lajur jalan yang sudah disediakan dan tetap mengikuti jalan yang akan dituju atau mencari jalan alternatif demi menghindari kemacetan.

2. Di Area Rumah Ibadah.

Ketika anda sedang melewati daerah di sekitar rumah ibadah disarankan untuk tidak membunyikan klakson karena itu dianggap tidak memiliki toleransi atau intoleran oleh warga sekitar, selain itu bunyi klakson juga bisa mengganggu orang yang sedang beribadah di tempat tersebut. Jadi jangan membunyikan klakson di area peribadahan.

3. Saat Malam Hari

Ketika waktu sudah berganti malam hari sebaiknya tidak menggunakan atau membunyikan klakson. Cukup dengan lampu jauh atau lampu tembak saja sudah dapat menggantikan fungsi klakson di malah hari.

4. Klakson di Lampu Lalu Lintas

Ketika berhenti di lampu lalu lintas yang dari merah berubah ke hijau, banyak pengendara yang langsung membunyikan klaksonnya supaya pengendara lain langsung cepat jalan, nah hal itu tidak baik karena seolah-olah anda meneriaki mereka untuk segera maju. Gunakan klakson yang singkat saja jika kendaraan di depan anda tidak segera maju atau jalan. Hal ini menjadi pengingat yang lebih sopan.

5. Di Area Rumah Sakit

Ketika melewati daerah rumah sakit sebaiknya tidak menggunakan klakson karena bisa mengganggu orang yang sedang sakit dan bisa dianggap tidak sopan. Sebagai orang yang tau tata krama pasti anda tidak akan membunyikan dengan sembarangan.

6. Di Area Asing

Ketika anda sedang melewati tempat asing dan bukan daerah anda, hindari membunyikan klakson, karena etika menggunakan klakson mobil wajib diperhatikan. Karena hal itu dianggap tidak sopan dan arogan tidak menghormati penduduk setempat yang mungkin berbeda tata karma dengan kita.

Menurut kami saat di jalan raya kita harus mengerti cara menggunakan klakson mobil dengan benar agar hal-hal yang kurang mengenakan tidak terjadi pada pengendara kendaraan khususnya mobil. Untuk itu kami akan memberikan tips cara menggunakan klakson mobil yang benar. Berikut caranya :

Menekan Klakson dengan Perlahan dan Yakin
Pertama biasakan menekan klakson dengan perlahan dan yakin tidak perlu lama tapi jangan juga ditekan setengah-setengah atau memukul tombolnya. Agar menghasilkan suara yang lembut dan sopan. Selain itu hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu cara menjaga peforma klakson mobil agar tetap dalam kondisi baik.

Mendahului Mobil Lain
Ketika ingin mendahului mobil lain atau menyalip cukup bunyikan klakson satu kali saja, karena jika membunyikan klakson berkali-kali justru bisa mengundang emosi dari pengendara mobil lain tersebut. Karena saat pengendara tersebut emosi dan jengkel bisa saja dia malah memainkan kemudi ke arah mobil anda. Hal itu justru membahayakan bagi anda, hal ini pun sering kita jumpai di jalan raya. Maka agar terhindar dari hal tersebut anda perlu bersabar.

Tidak Membunyikan Klakson di Malam Hari
Ketika waktu memasuki malam hari anda tidak perlu membunyikan klakson untuk memberi informasi pada pengendara lain. Hal ini wajar karena sudah ada lampu pada mobil, cukup memainkan lampu jauh saja untuk memberi informasi pada pengendara lain.

Pada Siang Hari
Ketika siang hari, banyak pejalan kaki yang menyebrang jalan sembarangan sehingga mengganggu pengemudi mobil. Gangguan tersebut kadang diatasi menggunakan klakson. Tetapi hasilnya terkadang malah membuat emosi pejalan tersebut. Jadi saat anda mengalami hal seperti ini cukup membunyikan klakson dua kali saja dengan lembut untuk memperingatkan pejalan yang menyebrang tersebut dengan sopan agar tidak terjadi pertikaian dijalan.

Mendapat Kesempatan Menyalip
Ketika anda sudah di beri kesempatan untuk menyalip pengendara lain yang ada di depan anda, sebagai ucapan terima kasih anda bisa membunyikan klakson setengah kali pada bunyi yang lembut. Umumnya anda juga akan mendapat balasan klakson juga.

Pengunaan klakson ini memang tergantung dari pengendara mobil tersebut apakah memilih untuk menggunakanya dengan benar atau malah sebaliknya. Kami di sini memberikan tips agar para pengendara mobil bisa dengan bijak menggunakan klakson mobil anda dengan benar, karena tidak ada untungnya jika menggunakan klakson asal-asalan, berlebihan bahkan keseringan membunyikan klakson hal tersebut bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Maka dari itu pahamilah cara menggunakan klakson mobil yang benar yang sudah kami berikan di atas. Semoga bisa membantu hari-hari anda saat berada di jalan raya. Cukup sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan dapat memberikan faedah yang berarti untuk para pembaca. Jangan lupa kunjungi selalu dan baca selalu artikel kami. Sekian dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here