Memutuskan untuk mempunyai kendaraan pribadi seperti halnya mobil, sudah selayaknya anda siap mulai dari segi biaya pembelian bahan bakar, biaya perawatan dan biaya lain – lain. Karena keputusan mempunyai mobil harus dipikirkan matang – matang dan tentu saja wajib dipertimbangkan dengan penghasilan bulanan yang anda peroleh.

Hal ini penting diperhatikan agar kondisi mobil anda tetap terawat. Karena biaya perawatan mesin mobil tidak semurah biaya perawatan motor. Sekali saja mobil bermasalah, budget yang wajib dikeluarkan mencapai jutaan rupiah. Terlebih lagi jika kerusakannya sudah parah karena akibat dari kurangnya perhatian dari pemiliknya.

Cara Merawat Tangki Bahan Bakar Mobil

Komponen tangki bahan bakar pada mobil juga wajib diperhatikan kondisinya layaknya komponen mesin mobil yang tidak kalah penting. Banyak orang yang tidak tahu seberapa penting kondisi tangki bahan bakar mobil. Padahal bagian ini juga sangat perlu dirawat.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya perawatan, bisa saja bagian tangki bahan bakar akan mengalami pengeroposan yang diakibatkan oleh adanya proses pengkaratan. Baca juga mengenai cara mengatasi mesin mobil cepat panas.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan informasi kepada sobat semua mengenai cara merawat tangki bahan bakar mobil sebagai referensi untuk melakukan perawatan ataupun memberikan perhatian khusus. Untuk mengulas lebih dalam, yuk kita simak penjelasan di bawah ini bersama – sama :

1. Menjaga Keberadaan Bahan Bakar

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang pertama ialah menjaga keberadaan bahan bakar. Keberadaan bahan bakar memang sangat mempengaruhi awet tidaknya bagian tangki bahan bakar mobil. Kebiasaan kehabisan bahan bakar saat sedang berkendara akan menyebabkan kerusakan pada bagian mesin atau pun tangki bahan bakar jika hal itu dibiarkan terus terjadi pada jangka waktu yang lama.

Jangan anggap remeh kebiasaan buruk ini ya sobat. Usahakan untuk selalu mengecek keberadaan bahan bakar sebelum anda berkendara. Hal ini sangat efektif dilakukan dalam upaya menjaga keberadaan bahan bakar. Kelalaian dan acuh tak acuh merupakan faktor utama terjadinya kehabisan bahan bakar saat sedang berkendara. Baca juga mengenai mesin mobil panas saat macet.

2. Melakukan Pengurasan Tangki Secara Berkala

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang kedua ialah melakukan pengurasan. Melakukan pengurasan tangki bahan bakar memang wajib untuk dilakukan. Hal ini untuk menjaga kebersihan dari tangki bahan bakar itu sendiri. Selain itu juga sangat efektif digunakan untuk mendeteksi lebih dini jika terjadi pengkaratan atau masalah lainnya.

Jangan sampai kondisi tangki bahan bakar bocor anda sampai tidak tahu. Hal tersebut sangat berbahaya apabila digunakan untuk berkendara. Bisa – bisa ban mobil menjadi selip karena tidak sengaja terkena bahan bakar yang berceceran di jalanan. Baca juga mengenai tenaga mesin mobil ngempos.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Bervariasi

Cara merawat tangki bahan bakar mobil selanjutnya yakni dengan mengisi bahan bakar yang bervariasi. Jika anda sering dan senang menggunakan bahan bakar premium, saya sarankan untuk mengkombinasikannya dengan pertalite atau pun pertamax yang mempunyai nilai oktan lebih baik dari premium. Kombinasi disini maksudnya ialah sesekali mengisi bahan bakar dengan pertalite atau pun pertamax, jangan terus terusan menggunakan bahan premium.

Karena premium menimbulkan endapan kotoran yang lama – kelaman akan memicu pengkeroposan pada tangki bahan bakar mobil anda tersebut. Seringkali ditemuka banyak pemilik mobil yang shock meihat tangki bahan bakarnya bocor, sedangkan umur mobil masih tergolong muda.

Itulah akibat pemakaian bahan bakar premium secara terus menerus yang banyak orang belum mengetahui dampak jangka panjangnya sobat. Jadi anda perlu memperhatikan poin yang satu ini ya sobat, demi terjaganya kondisi mobil anda tetap baik.

4. Jangan Biarkan Mesin Off Dingin Dalam Jangka Waktu Lama

Cara merawat tangki bahan bakar mobil berikutnya yakni melakukan pemanasan mesin secara rutin. Saat anda sedang pulang kampung atau pun bepergian jauh dalam beberapa hari, pasti mobil anda yang ditinggal di rumah mesin nya akan dingin dalam beberapa tersebut.

Usahakan untuk menitipkannya pada saudara atau pun orang yang anda percaa untuk melakukan pemanasan setiap harinya. Namun jika terpaksa tidak ada orang yang bisa dipercayakan tidak menjadi masalah.

Yang terpenting saat anda sedang di rumah, meskipun mobil jarang digunakan, usahakan untuk selalu melakukan pemanasan, agar mesin, tangki bahan bakar dan komponen lainnya tetap dalam kondisi peforma yang baik ya sobat. Pemanasan memang menjadi salah satu faktor dalam upaya perawatan tangki bahan bakar mobil anda.

Pengalaman di lingkungan sekitar saya tinggal, banyak orang yang hanya ingin punya – punyaan saja, padahal mobil tersebut hanya terparkir digarasi dan tentu saja sangat jarang digunakan. Sesekali digunakan hanya untuk bepergian jauh seperti halnya pulang ke kampung halaman. Kesehariannya juga jarang sekali dilakukan pemanasan. Faktor seperti inilah yang wajib diberikan perhatian khusus.

5. Melakukan Service Secara Berkala

Cara merawat tangki bahan bakar mobil yang terakhir adalah melakukan service. Melakukan service secara berkala memang sangat diperlukan dalam upaya perawatan komponen – komponen mobil secara keseluruhan. Cara ini memang sangat tepat untuk dilakukan, karena pengecekan secara keseluruhan oleh orang yang berpengalaman di bidangnya (montir) akan memberikan informasi terupdate mengenai bagaimana kondisi mobil saat itu.

Jika diperlukan penanganan lebih lanjut, maka bisa segera dilakukan penanganan. Coba saja anda bayangkan, jika anda malas untuk melakukan service, padahal anda tidak mengerti mengenai perawatan mobil, dampak buruk seperti halnya kerusakan pada komponen – komponen mobil, pastinya akan menghantui anda.

Alasan tidak mempunyai budget lebih yang bisa difungsikan untuk melakukan perawatan bukanlah alasan yang tepat. Dengan memutuskan mempunyai mobil, sudah pasti anda sangat paham terhadap konsekuensi yang akan dihadapi setiap waktunya.

Jika memang anda belum siap mempunyai mobil, saya sarankan untuk mengurungkan niat tersebut sementara waktu sampai kondisi keuangan anda benar – benar siap ya sobat semua. Jangan sampai anda menyesali budget yang sudah anda keluarkan untuk membeli mobil, namun berujung pada kerusakan karena tidak mampu membiayai perawatan berkalanya.

Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan dan ulasan di atas mengenai cara merawat tangki bahan bakar mobil, mungkin bisa sobat jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya menjaga kondisi tangki bahan bakar mobil.

Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini ya sobat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan atau pun pada artikel saya selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here