Salah satu pelajaran penting saat anda belajar mengemudikan mobil adalah tahu cara memarkirkannya. inilah tahap dimana menjadi tantangan bagi setiap pelajar yang ingin memiliki sim. Berbagai macam test akan dijalani oleh calon pemegang sim untuk lulus. Salah satunya adalah anda harus bisa memarkirkan kendaraan anda.

Memarkirkan kendaraan terkadang menjadi satu dari banyak penyebab gagalnya seseorang mendapatkan sim. Apapun jenis mobil anda, harus tahu cara memarkirkannya dengan benar. Hal ini bertujuan selain keselamatan anda juga menjaga keindahan eksterior mobil anda jika dihadapkan pada kondisi memarkir kendaraan di garasi sempit.

Cara memarkir mobil terkadang memerlukan ketelitian. Anda harus selalu sigap dan siaga karena anda juga diharapkan untuk tidak merusak mobil di kiri kanan anda saat memarkir mobil atau ternyata menabrak pembatas. Tidak akan ada hal yang bisa di pelajari tanpa jam terbang yang tinggi. Anda akan semakin mahir jika dihadapkan pada situasi parkir yang sulit. Ada beberapa cara parkir yang bisa anda pelajari seperti parkir mundu, parkir serong, parkir paralel bahkan tersulit adalah parkir dengan area yang menanjak atau menurun.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda pelajari jika anda ingin memarkir mobil.

1. Parkir Mundur
Parkir mundur adalah hal yang wajib anda ketahui karena cara memarkir mobil seperti ini umum dan sudah diterapkan di beberapa mall. Untuk memarkir mundur anda harus terlebih dahulu memetakan dalam pikiran anda area kosong yang anda ingin tempati. Hal ini bertujuan untuk membuat parkir anda lebih mudah. Pastikan terlebih dahulu bahwa mobil anda muat di tempat parkir tersebut. Dalam hal ini muat saat anda juga membuka pintu mobil anda. Karena sama saja jika anda memarkir namun tidak bisa keluar dari mobil anda sendiri.

Langkah-langkahnya adalah, anda harus melewati area kosong tersebut sambil berbelok mengarahkan pantat mobil anda menuju kearah parkiran yang kosong. setelah dirasa pas anda tinggal memindahkan tuas kopling ke posisi R. Kemudian perlahan memundurkan mobil anda untuk memasukkan pantat mobil anda tadi. Jika dirasa belum pas anda bisa memajukan sedikit mobil anda berlawanan arah agar pas di area yang anda inginkan.

Wajib anda perhatikan adalah sisi kiri kanan mobil anda. Pemula biasanya melihat kiri kanan dengan menegok atau mengeluarkan kepala di jendela mobil. Hal ini wajar namun biasakan untuk melihat melalui spion karena itulah kegunaannya. khususnya spion tengah untuk melihat batas anda di belakang agar tidak terlalu masuk dan menambrak pembatas yang ada.

2. Parkir Serong
Parkir serong adalah salah satu parkir yang mudah. karena anda tidak terlalu wajib untuk melakukan teknik yang banyak. Langkah awalnya adalah anda menuju area parkir anda dan tepat didepan tempat kosong tersebut anda mensejajarkan posisi mobil anda dengan bentuk serong seperti mobil yang berada di kiri kanan area parkir yang anda tuju. Jika posisi dirasa sudah pas anda tinggal memundurkan mobil anda perlahan. Usahakan jarak antara mobil di kiri kanan anda pas untuk anda keluar dari mobil, agar anda nantinya tidak akan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan mobil anda. Selain itu mobil yang lain nya juga tidak akan terhalang oleh mobil anda.

Parkir serong memang sedikit ribet jika di banding kan dengan parkir mobil yang lain nya. Karena anda harus bisa memposisikan mobil anda secara miring seperti mobil – mobil yang sudah ada di samping nya.
3. Parkir Paralel
Parkir di medan ini sangat tricky. Anda perlu melakukan cara memarkir mobil ini dengan melewati area parkir dan sejajarkan posisi mobil anda dengan mobil di depan area parkir. Setelah dirasa cukup anda memindahkan gigi ke posisi R kemudian memutar setir untuk mengarahkan pantat mobil anda memasuki parkiran. Jika posisi mobil anda pas anda tinggal mundur dan mensejajarkan posisi mobil anda lurus.

Usahakan sediakan ruangan yang cukup di depan dan belakang mobil anda agar anda nantinya bisa keluar dan tidak menyusahkan pengendara lain untuk keluar parkiran karena anda terlalu rapat dengan mobil mereka. Jika sisi terluar mobil anda sudah sejajar dengan mobil di depan belakang anda. Tandanya anda berhasil memarkir mobil secara paralel.

Sebagai tambahan parkir paralel terkadang digunakan jika ruangan parkir di suatu tempat seperti mall sudah penuh. Tantangan nya adalah ketika mobil transmisi otomatis atau matic di parkir seperti itu maka posisi gigi di P maka akan mengunci perputaran roda sehingga jika kita menghalangi jalan keluar bagi mobil yang ingin pergi otomatis mobil anda akan sulit di dorong. Sedangkan jika mobil anda di posisi N kunci mobil anda tidak bisa dicabut.

Solusinya ada di Shift Lock. Setiap mobil matic memiliki tombol kecil yang berfungsi dalam keadaan seperti itu. Letak tombol kecil ini berbeda-beda untuk setiap mobil. Cara penggunaannya adalah disaat posisi mobil anda berhenti total maka tekan tombol tersebut kemudian pindahkan gigi dari P ke N. Jika anda tidak menekan tombol shift lock maka akan sulit memindahkan gigi karena transmisi otomatis akan mengunci perpindahan gigi ketika kunci tidak ACC atau On yang jika dipaksakan akan membuat transmisi anda rusak.

4. Parkir Di Tanjakan
Parkir di tanjakan bisa dibilang adalah parkir yang berbahaya. karena jika anda tidak menguasai kendaraan anda bisa saja mobil anda mundur atau maju saat anda tinggalkan. Biasanya parkir di tanjakan menggunakan teknik parkir paralel tetapi kaki harus siaga untuk menginjak pedal rem agar dapat mempertahankan posisi mobil agar stabil. Disitulah letak kesulitannya. Jika kendaraan anda bertransmisi otomatis hal ini bukan masalah karena roda anda bisa terkunci tetapi berbeda dengan transmisi manual yang bisa melaju bebas disaat anda melepas rem.

Jika anda sudah memarkir mobil dan posisi mobil anda sudah pas. Anda harus menarik tuas rem tangan agar posisinya bisa stabil walaupun setelah itu anda juga harus berjaga-jaga dengan meletakkan penahan di ban mobil anda seperti batu agar lebih aman. Memarkir mobil di tanjakan bisa berbahaya jika anda belum yakin anda bisa mencari parkiran lain agar anda tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. (Baca juga : Penyebab Lampu Depan Mobil Mati)

5. Parkir di Garasi Sempit
Parkir di garasi yang luas akan sangat mudah karena kewaspadaan anda akan sedikit berkurang karena anda bisa leluasa tanpa adanya gangguan dari mobil lain, tetapi bagaimana jika garasi anda sempit bahkan anda harus menutup spion mobil anda agar muat. Itu sedikit berbeda.

Langkahnya adalah anda harus parkir mundur. Kenapa mundur?. Jawabanya adalah radius belokan roda. Jika anda memakai roda depan untuk parkir atau dalam artian parkir depan anda akan lebih banyak maju mundur karena radius putaran roda depan lebih panjang. Sedangkan jika memakai roda belakang radius belokannya pendek walaupun anda memutar setir maka radius putarannya akan lebih pendek. Jadi disarankan menggunakan teknik parkir mundur jika ingin parkir di garasi sempit.

Berikut adalah beberapa cara parkir mobil yang harus dan wajib anda ketahui agar anda bisa parkir mobil dalam keadaan parkiran yang berbagai macam. Anda sudah tidak perlu takut dan khawatir jika anda sudah mengetahui cara – cara yang telah di jelaskan di atas. Perlu anda ketahui juga bahwa posisi parkiran mobil tidak selamanya mudah. Mobil anda akan parkir sesuai dengan situasi yang ada dan anda tidak bisa mengelak hal itu. Selamat mencoba dan semoga anda bisa lebih lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here