Pernah mencium mesin bau hangus saat mobil dikendarai? Maka jangan sepelekan hal tersebut. Bisa jadi ini tanda-tanda jika terjadi kerusakan pada mesin atau komponen lainnya dalam mobil anda. Tak hanya menganggu, namun jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan kerusakan semakin bertambah parah di kemudian harinya. Lalu apa yang menjadi penyebab mobil bau sangit? berikut ini penjelasannya.

ads

1. Kondisi Rem Terbakar

Salah satu permasalahan yang menyebabkan mobil bau hangus adalah karena kondisi rem yang terbakar. Biasanya ini terjadi akibat penggunaan rem yang terlalu sering bahkan pengemudi sering menginjak rem terlalu dalam. Misalnya saja saat berada di jalan turunan, biasanya pengemudi akan sering menginjak rem berulang kali. Jika dibiarkan terus menerus maka akan menyebabkan keluarnya asap dan dapat terbakar. Saat rem mengeluarkan bau sangit seperti ini maka kondisi pada piston rem harus anda periksa. Selain itu penyebab lainnya bisa dikarenakan anda lupa untuk menurunkan rem tangan saat menginjak pedal gas. Untuk itu penting mengetahui cara aman belajar mengemudi bagi pemula.

2. Kopling Hangus

Bau hangus yang muncul pada mesin mobil juga dapat dikarenakan adanya kopling mobil yang hangus dan bahkan terbakar. Baunya akan mirip seperti bau kertas yang terbakar dan terjadi ketika mengganti gigi kendaraan. Bau ini biasanya disebabkan karena kopling yang selip. Kondisi seperti ini umumnya memang sering terjadi pada permukaan kopling yang berbahan dasar kertas. Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba mengganti kopling mobil anda. Selain itu cegah kerusakan datang kembali dengan penggunaan kopling yang tepat. Jangan sering menggunakan kopling setengah-setengah.

3. Ada Oli Yang Terbakar

Jika anda sedang berada di jalanan yang normal dan mencium bau sangit dari mesin mobil anda, bisa jadi ini disebabkan karena kerusakan pada mesin mobil. Biasanya hal ini diakibatkan karena adanya oli mesin yang masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar. Selain itu penyebab lainnya bisa terjadi karena rembesan oli yang panas dan ikut terbakar sehingga menyebabkan muncul bau seperti sesuatu terbakar.

Jika hal ini disertai dengan munculnya asap hitam, maka dipastikan terjadi kebocoran di ruang bahan bakar. Untuk mengatasi hal ini, maka segera bawa mobil anda ke bengkel terpercaya untuk dicek lebih lanjut sehingga dapat mendeteksi apa yang menjadi penyebab kondisi seperti ini.

4. Bau Terbakar Yang Berasal Dari Heater Mobil

Biasanya hal ini terjadi saat anda berada di daerah yang dingin dan menyalakan heater, kemudian tercium bau sangit seperti terbakar. Biasanya ini diakibatkan karena heater yang jarang digunakan sehingga menyebabkan debu dan kotoran banyak menempel di dalam heater. Namun jika heater sering dinyalakan dan tetap membuat munculnya mesin mobil bau hangus, maka ini bisa terjadi akibat adanya benda seperti plastik yang tersangkit di bagian ventilasi heater mobil dan meleleh. Jika bau yang dirasakan semakin parah, maka segera bawa ke bengkel terdekat untuk dicek lebih lanjut.

5. Korsleting Pada Sirkuit

Penyebab lain bisa terjadi karena adanya korsleting di bagian sirkuit mesin mobil. Plastik yang ada di sekitar kawat, penyambung dan sekring meleleh dan menyebabkan munculnya bau seperti terbakar dan sangit. Jika anda tidak segera memperbaiki sistem kelistrikan mobil anda maka bukan tidak mungkin hal ini penyebab mobil mogok dan mati total. Untuk memperbaikinya akan lebih baik jika anda menyerahkan ke mekanik yang memang sudah ahli menangani permasalahan ini.

Nah itu tadi beberapa penyebab mesin mobil bau hangus dan cara mengatasinya. Jangan biarkan kondisi seperti ini terus menerus terjadi dan tidak diperbaiki. Bisa jadi kerusakan dapat merambat dan mengenai komponen-komponen mobil lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here