Hello sobat semua, kembali lagi bertemu dengan penulis pada kesempatan kali ini sobat. Dalam artikel kali ini masih tetap membahas seputar otomotif ya sobat. Pembahasan kali ini yaitu mengenai mesin mobil yang brsbet saat dingin. Apakah sobat semua pernah mengalami hal seperti ini? Jika memang pernah atau bahkan sering ada baiknya nih sobat semua menyimak ulasan berikut ini, siapa tau bisa menjadi tambahan informasi sekaligus refrensi bagi sobat semua.

Kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang dalam proses penggerakannya dibantu oleh sebuah peralatan tekhnik yang begitu canggih yang diciptakan oleh pakar – pakar tekhnik. Secara umum, kendaraan bermotor menggunakan mesin pembakaran dalam menjalankan mesinnya.

Namun, tidak jarang pada saat digunakan timbul masalah yang membuat pengemudinya tidak nyaman. Salah satunya adalah pada saat mobil yang kita gunakan atau kita kemudikan brebet dan tak tertenaga sama sekali pada hal kondisi mesin masih dalam kondisi dingin.

Hal seperti ini tentunya akan sangat menggangu aktivitas anda ya sobat, apalagi pada saat itu di sekitar anda tidak anda bengkel yang dekat atau anda tidak punya rekan yang bisa untuk anda minta tolong.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya anda mengetahui penyebab mesin mobil anda brebet walupun dalam kondisi dingin. Karena jika anda sudah mengetahui penyebabnya akan sangat mudah untuk melakukan tindakan perbaikan atau tindakan antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

Adapun penyebab dan cara perbaikan mesin mobil yang brebet pada saat dingin adalah sebagai berikut. Yuk sobat kita simak dengan seksama.

1. Masalah Pada Busi Mobil Anda

Penyebab mesin mobil brebet saat dingin yang pertama ialah terjadi masalah pada busi. Pada umumnya busi yang sering bermasalah adalah busi yang kotor, sehingga mengakibtakan celahnya terlalu rapat ataupun terlalu longgar. Jika hal ini terjadi, maka ada kemungkinan saat kondisi dinginpun mesin anda akan mengalami brebet atau ngadat.

Busi yang kotor aan berpengaruh pada bunga api yang dihasilkan oleh busi tersebut. Agar mobil anda tidak brebet pada saat anda gunakan, normalnya adalah bunga api yang dihasilkan oleh busi haruslah besar. Untuk mencegah mesin brebet karena busi sebagai salah satu cara mengatasi mesin mobil brebet, langkah perbaikan yang perlu anda lakukan adalah dengan cara melakukan pengecekan pada busi mobil anda.

Pastikan busi anda bersih dari segala kotoran yang mungkin saja dapat mengurangi sistem kerja busi mobil anda tersebut. Sementara celah busi yang disarankan adalah tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang . Ukuran yang disarankan adalah 0.01 mm.

Jadi untuk sobat semua sebaiknya lakukan pengecekan secara berkal terhadap busi mobil anda ya sobat. Jika memang busi mobil anda sudah tipis dan akan segera aus, sebaiknya anda mengganti dengan yang baru untuk meminimalisir kejaidan yang tidak anda harapkan nantinya. Lebih baik mencegah dari awal ya sobat.

2. Masalah Pada Aki Mobil Anda

Penyebab mesin mobil brebet saat dingin yang kedua yakni terjadi masalah pada aki. Ketika pada saaat digunakan dan tiba – tiba mesin mobil anda brebet dan ngadat sekalipun kondisi mesin masih dalam kondis dingin, kemungkinan ada masalah pada aki mobil anda yang harus segera anda perbaiki sobat.

Normalnya, jika aki mobil anda lemah, maka akan berpengaruh juga pada tenaga mobil anda tersebut. Hal inilah yang mengakibatkan mesin mobil anda brebet. Hal yang perlu anda lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan menguras aki anda.

Selain itu perhatikan juga kebersihan permukaan aki mobil anda, jika permukaan aki anda agak berkerak atau terlihat kehijauan, baik diterminal negatif maupun diterminal positif, segeralah anda membersihkannya dengan air hangat.

Selain itu, anda juga harus tetap melakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan kondisi aki anda dalam keadaan standar dan jangan lupa untuk memahami dengan baik bagaiman tips memilih aki mobil yang baik dan benar agar anda tidak sering mengalami kendala pada mobil pribadi anda tersebut.

3. Ada Masalah Pada Pompa Bahan Bakar Mobil Anda

Penyebab mesin mobil brebet saat dingin selanjutnya ialah pompa bahan bakar bermasalah. Salah satu penyebab mesin mobil brebet saat dingin adalah pompa bahan bakar mobil yang bermasalah. Pompa bahan bakar ini sangatlah penting fungsinya bagi kelancaran performa mobil anda, pasalnya pompa ini berfungsi untuk memompa bahan bakar ke karburator mobil anda untuk proses pengapian.

Jadi bisa ya sobat anda bayangkan apabila pompa bahan bakar ini mengalami masalah, sudah barang tentu proses pengapaian pada mobil anda juga akan ikut bermasalah. Untuk menghindari hak seperti ini, pastikan pompa bahan bakar anda dilakukan pengecekan secara rutin agar tidak terjadi masalah nantinya yang bisa menggangu kenyamanan anda ketika sedang menggunakan kendaraan anda.

4. Ada Masalah Pada Sensor Suhu Radiator Mobil Anda

Sensor suhu atau WTS ( Water Temperature Sensor) adalah komponen mobil yang berfungsi untuk mendeteksi suhu radiator pada suhu mobil dan mengirimkan sinyalnya pada ECU. Nah sobat, salah satu penyebab mesin mobil brebet pada saat dingin adalah karena tidak berfungsinya WTS ini dengan baik.

Bisa anda bayangkan yan sobat jika WTS ini bermasalah otomatis kinerja atau performa mesin anda juga akan bermasalah nantinya. Untuk itu, lakukanlah perawatan dan pengecekan secara berkala ya sobat. cara membersihkan radiator yang tersumbat bisa anda jadikan sebagai salah satu solusi untuk mencegah terjadinya brebet pada mesin mobil saat dingin.

5. Tidak Memanaskan Mobil Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Normalnya, memang sebelum anda menggunakan atau mengemudikan mobil anda sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar semua komponen pada mesin mobil anda bisa bekerja dengan maksimal. Namun pada kenyataanya, banyak sekali yang menggunakan mobil langsung tanpa memanaskannya terlebih dahulu.

Selain dapat membuat mesin anda brebet dan ngadat, hal ini akan membuat komponen mesin anda kana lebih cepat rusak dan memperpendek umur atau masa pemakaiannya. Masalah selanjutnya seperti penyebab mobil jalan tersendat sendat juga akan sering terjadi jika tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Untuk itu sobat, sebainya sebelum menggunakan atau mengemudikan mobil kesayangan anda sebaiknya lakukan pemanasan terlebuh dahulu ya sobat.

6. Filter Udara Mobil Anda Kotor

Penyebab mesin mobil brebet saat dingin yang terakhir karena bagian filter udara mobil dalam kondisi kotor. Selain faktor diatas, faktor yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah filter udara dalam mobil anda ya sobat.

Pastikan filter udara pada mobil anda dalam keandan yang bersih agar tidak menghambat udara yang masuk pada proses pembakaran di mobil anda. Jika hal ini terjadi, tidak menutip kemungkinan msin anda akan mengalami brebet atau bahkan tak bertenaga nantinya.

Itulah informasi yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab mesin mobil brebet saat dingin ya sobat. Semoga informasi ini berguna bagi sobat semua. Terima kasih dan salam hangat ya sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here