Mendeteksi kerusakan pada mobil tidak hanya dapat dilakukan dengan mengecek kondisi mesin. Anda bisa mendeteksi kerusakan mobil dari bau-bauan yang muncul pada mobil, misalnya saja seperti bau sangit atau terbakar. Biasnaya bau terbakar ini dapat muncul karena penyebab yang berbeda-beda. Terkadang mobil bau sengit merupakan hal yang normal terjadi. Namun bisa jadi pula hal ini adalah tanda-tanda terjadinya kerusakan pada mobil anda. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda maka jangan panik dan tetap tenang. Cari terlebih dahulu penyebab mobil bau sengit dan kemudian cari cara untuk mengatasinya.

1.Kopling Selip

Salah satu penyebab mobil bau sengit adalah indikasi kopling selip. Biasanya bau akan muncul pada kabin mobil karena posisi kopling yang berada di tengah-tengah mobil. Kopling selip ini dapat dikarenakan adanya kopling mobil yang sudah aus atau habis. Kondisi kopling yang habis bisa dikarenakan umur pemakaian ataupun karena anda tidak mengetahui cara aman mengemudi. Untuk solusi mengatasi kerusakan ini, maka anda bisa mengganti kopling mobil dengan yang baru.

Kopling mobil yang aus akan sangat membahayakan keselamatan anda dalam berkendara. Selain itu penting pula untuk mengetahui ciri ciri kampas kopling mobil habis sehingga anda bisa langsung mengganti kampas kopling mobil anda. Bau sengit ini juga akan tercium ketika sedang menaiki tanjakan.

2. Ada Oli Yang Terbakar

Jika anda berada di jalanan normal dan kemudian mencium ada bau mobil seperti terbakar, maka kondisi tidak normal ini mungkin saja disebbakan kerusakan pada mesin mobil anda. Biasanya hal ini dikarenakan adanya oli mesin yang masuk dan kemudian ikut terbakar di dalam ruang bakar. Penyebab lainnya bisa jadi dikarenakan rembesan oli mesin yang panas dan terbakar sehingga menyebabkan bau sengit seperti terbakar.

Jika hal ini disertai dengan asap hitam yang keluar melalui knalpot, maka dapat dipastikan jika terdapat kebocoran di dalam ruang bakar. Kebocoran tersebut menyebabkan oli kemudian ikut terbakar di dalam ruang pembakaran. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya segera bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Biasanya akan dilakukan pembongkaran pada tangki bahan bakar untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi.

3. Masalah Pada Sambungan Selang dan Tangki Bahan Bakar

Penyebab mobil bau sengit lainnya dikarenakan adanya masalah yang terjadi pada sambungan-sambungan selang. Ketika anda mencium bau sangit pada mobil anda, maka pastikan terlebih dahulu arah sumbernya darimana. Jika dari depan, mungkin saja hal ini disebabkan karena permasalahan dari sambungan pada selang-selang bensin. Jika bau sangit tersebut berasal dari belakang, maka kemungkinan penyebabnya adalah tangki bensin yang meluber, selang tangki bensin yang bocor ataupun sobek.

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan pemasangan fuel pump yang kurang benar dan menyebabkan kebocoran. Untuk itu teliti kembali penyebab kerusakan. Jika terdapat komponen yang rusak dan perlu diganti, maka ganti komponen tersebut dengan komponen baru yang sesuai dengan standar pabrikan. Jika penyetelan kurang tepat, maka anda bisa membongkar kembali dan melakukan penyetelan pada komponen tersebut.

4. Permasalahan Pada Rem

Jika anda mencium bau sangit seperti karpet terbakar, maka permasalahannya terdapat pada rem atau fitur-fitur keselamatan lainnya. Hal ini cukup berbahaya mengingat kerusakan ini dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Untuk itu secepatnya periksa komponen utama rem sebelum hal-hal buruk dapat terjadi. Jika memang anda kurang mengetahui komponen rem lebih dalam, sebaiknya bawa saja mobil anda ke bengkel terdekat untuk ditangani teknisi yang memang ahli dalam rem mobil.

5. Masalah Pada Catalytic Converter

Bau sangit yang mirip seperti telur busuk tentunya tidak enak jika tercium pada kabin mobil anda. Jika bau seperti ini tercium di kabin mobil anda, maka kemungkinan permasalahannya pada catalytic converter. Fungsi komponen ini adalah untuk menyaring hidrogen sulfida pada knalpot. Jika terjadi gangguan pada komponen ini, maka tentu saja kerjanya untuk menyaring hidrogen sulfida dapat terganggu dan kemudian menyebabkan muncunya bau sangit. Untuk itu perbaiki bagian catalytic converter segera, jika kerusakan cukup aprah mungkin segera ganti dengan komponen yang baru.

6. Korsleting Pada Komponen Listrik

Penyebab lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah korsleting pada komponen listrik ataupun terjadi insulasi pada mobil yang kemudian penyebab mesin mobil panas (overheat). Biasanya bau yang muncul mirip seperti bau roti gosong. Jika bau ini terjadi pada mobil anda, maka segera tangani dengan cepat. Korsleting yang terjadi pada mobil bisa memicu terjadinya kebakaran dan tentu saja akan sangat membahayakan.

Berbagai macam bau sangit tersebut dapat terjadi baik pada mobil lama maupun mobil baru sekalipun. Jika pada mobil lama berusia lebih dari 5 tahun, biasanya penyebabnya adalah faktor umur ataupun pemasangan part yang kurang tepat. Jika anda mencium bau-bau sangit tersebut pada mobil anda, maka segera konsultasikan ke bengkel mobil untuk bisa mendiagnosis penyebabnya. Jika memang bau yang muncul tidak terlalu ekstrem, maka anda bisa mencoba mengatasinya sendiri. Nah itu tadi penjelasan mengenai penyebab mobil bau sangit yang sering terjadi serta cara mengatasinya. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mobil anda sehingga kondisi mobil tetap terjaga dengan baik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here