Suara dengung yang muncul saat mengendarai mobil tentunya sangat menganggu kenyamanan dalam berkendara. Kenyamanan dalam berkendara tentunya menjadi salah satu utama yang diinginkan pengguna kendaraan bermotor, termasuk mobil. Suara dengung ini dapat menjadi deteksi awal jika terjadi kerusakan pada mobil anda. Suara dengung ini tentunya membuat anda kurang nyaman dalam menikmati perjalanan, apalagi jika sampai masuk ke dalam kabin mobil. Penyebab mobil berdengung sendiri dapat disebbakan karena beberapa faktor. Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai penyebab suara dengung pada mobil serta solusi untuk menanganinya.1. Alur Ban Mobil Yang Berlawanan Arah

Banyak faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya bunyi dengung pada mobil anda, salah satu penyebab utama bisa berasal dari alur ataupun kembangan ban yang berlawan arah. Sehingga menimbulnya bunyi dengung ketika mobil sedang berjalan dan melaju. Bila mobil terasa berdengung, maka sebaiknya langsung lakukan pengecekan pada keempat bagian roda. Lihatlah apakah terdapat alur ban yang berlawanan arah atau tidak. Jika salah satu alur ban atau posisi kembangnya terlihat terbalik, maka tentu saja ini yang menjadi penyebab mobil berdengung. Jika kondisi ini terjadi apda mobil anda, maka segeralakukan tindakan untuk bisa mengubah posisi dari alur dan kembang ban. Untuk melakukan ini akan lebih baik jika anda menggunakan jasa tambal ban untuk memperbaiki kondisi ban mobilanda tersebut. Sehingga suara dengung dapat segera hilang dari dalam mobil anda.

2. Ban Mobil Benjol Atau Bunting

Penyebab mobil berdengung lainnya dapat dikarenakan permukaan ban mobil yang benjol ataupun tidak mengembang rata. Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi ini. Permukaan ban mobil yang tidak rata atau benjol bisa menyebabkan suara bising seperti dengung yang dapat masuk hingga ke dalam kabin mobil. Untuk itu dilakukan pengecekan menyeluruh pada kondisi keempat ban mobil anda. Bisa jadi suara dengung tersebut diakibatkan permukaan ban mobil yang bermasalah. Jika kerusakan sudah terlanjut parah, maka sebaiknya segera lakukan penggantian pada ban mobil anda. Ban mobil yang bermasalah juga menjadi faktor pemicu resiko kecelakaan di jalanan.

3. Join Kople Sudah Oblak

Bila mobil anda menggunakan sistem penggerak belakang, maka bisa jadi penyebab suara dengung pada mobil diakibatkan karena kondisi join kople yang sudah oblak. Jika kerusakan ini terjadi pada mobil anda, maka segera ganti join kople anda dengan komponen yang baru yang memang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Setelah dilakukan penggantian, barulah suara dengung pada mobil dapat hilang seketika.

3. Bearing Mobil Telah Rusak

Kerusakan pada bearing mobil juga dapat menyebabkan mobil mengeluarkan suara dengung yang dapat masuk hingga ke dalam ruang kabin mobil. Hal ini biasanya dikarenakan bearing yang memang sudah tidak layak pakai akibat usia penggunaannya yang cukup lama. Untuk mengecek komponen ini memang tidak dapat langsung dari luar, namun anda bisa merasakannya jika roda mobil mengeluarkan suara-suara seperti dengung. Hal ini menjadi deteksi awal kerusakan pada bearing mobil. Untuk mengeceknya, maka anda bisa mencoba dongkrak roda mobil satu persatu. Kemudian cobalah menggoyang-goyangkan roda mobil, pada bagian bawah maupun atas. Dan kemudian lakukan lagi dengan menggoyangkan pada bagian samping.

Bila anda menemukan ban mobil yang terasa goyang, maka dapat dipastikan jika suara dengung juga berasal dari bearing yang rusak. Hal ini juga bisa menjadi penyebab mboil bergoyang saat jalan. Jika kondisinya sudah diketahui, maka sebaiknya segera penggantian bearing dengan komponen yang baru sehingga suara dengung dan berisik tersebut dapat hilang dari kabin mobil anda.

4. Kerusakan Pada Belt Time

Kondisi belt yang sudah tidak layak pakai dan tidak prima menjadi salah satu faktor yang memicu munculnya suara-suara dengung di dalam mobil anda. Kerusakan pada belt juga dapat menyebabkan munculnya kerusakan lainnya pada komponen mesin kendaraan. Jika memang ini penyebabnya, maka solusi satu0satunya adalah dengan mengganti belt dengan yang baru untuk bisa menyelesaikan masalah.

5. Power Steering Bermasalah

Kemungkinan bunyi dengung juga dapat diakibatkan karena power steering atau pompa bensin sedang bermasalah. Untuk lebih pasti, maka anda bisa langsung mengecek dengan membuka kap mesin dan mencari tau dimana persisnya bunyi dengung itu berasal. Setelah anda menemukan penyebabkan, maka segera lakukan perbaikan agar tidak merusak komponen mobil lainnya. Selain itu penting pula cara merawat power steering sehingga kondisinya tetap terjaga dengan prima.

6. Masalah Pada Gardan Mobil

a. Mobil Dengan Penggerak Roda Belakang

Hal ini terjadi dikarenakan adanya backlash yang besar antara pinion gear dan ring gear yang terjadi saat keduanya sedang berputar sehingga menimbulkan benturan antara kedua komponen tersebut. Akibat benturan tersebut maka munculah suara-suara dengung di dalam kabin mobil.
Setelah itu getaran yang dihasilkan pada kompoenen gardan mobil akan terasa kuat ketika getaran tersebut beresonansi oleh suspensi belakang dan propeler shaft.
Getaran ini akan diteruskan hingga ke body mobil sehingga menyebabkan suara dengung yang cukup keras.
b. Mobil Penggerak Depan

Jika mobil anda menggunakan sistem penggerak depan dengan transaxle, maka getaran dapat dihasilkan melalui roda gigi diferential yang kemudian diteruskan oleh transaxle case menuju body mobil dan melewati mounting-mounting mesin.
Getaran ini kemudian akan dilanjutkan menuju body mobil melewati sambungan pemindah gigi transmisi. Bunyi yang dihasilkan transaxle ini bisa terdengar hingga ke dalam kabin mobil.
Sponsors Link

Untuk mengatasi hal ini, maka segera memperbaiki gardan mobil anda. Lakukan pengecekan yang detail sehingga terdeteksi sumber awal kerusakan. Jangan lupa untuk selalu melaklukan perawatan dan pengecekan rutin pada gardan mobil anda sehingga kondisinya tetap terjaga dengan baik.
Nah itu tadi beberapa penyebab mobil berdengung yang seringkali terjadi serta solusi untuk mengatasinya. Tentu saja hal ini juga harus didukung dengan perawatan mobil secara rutin agar meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen-komponen di dalam mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here