Ketika anda berjalan-jalan menuju area pegunungan, pastinya anda pernah melihat ebberapa kendaraan yang tidak kuat saat menaiki tanjakan. Bahkan hingga membutuhkan bantuan dari banyak orang untuk mendorongnya. Untuk dapat menaklukkan medan yang terjal seperti turunan dan tanjakan terkadang memang dibutuhkan spesifikasi mobil yang khusus, semisal SUV. Namun bukan berarti mobil MPV, sedan dan lainnya tidak dapat dikendarai pada tanjakan. Untuk dapat menaklukan tanjakan memang dibutuhkan skill khusus dalam mengendarai, namun juga kondisi mobil yang prima. Jika mobil anda tidak dapat menaiki tanjakan. Maka kondisi seperti ini sebenarnya menunjukkan gejala-gejala ketidak beresan pada mobil anda. Ada beberapa penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan yang perlu anda ketahui.

1. Pasokan Udara Yang Berkurang

Udara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi output mesin. Kualitas udara di pegunungan sebenarnya memang memiliki efek positif untuk mesin. Namun jika terdapat masalah pada bagian induction system, tentu saja menyebabkan tenaga mesin menjadi menghilang. Jika pasokan udara yang menuju mesin berkurang, aka tentu saja menyebabkan hambatan pada saluran udara hingga mencapai intake manifold.

Hambatan tersebut dapat berasal dari filter udara. Biasanya dikarenakan kondisi filter yang kotor. Selain itu pada mobil dengan teknologi DBW atau EFi, biasanya kotoran akan tersumbat pada bagian throrle body. Sehingga ketika mobil dipaksakan untuk menaiki tanjakan, maka power obil menurun karena pasokan udara yang kurang. Untuk solusinya, maka pastikan jika kebersihan filter udara selalu terjaga baik ketika akan dikendarai. Jika perlu anda harus mengganti filter udara jika kondisi permukaan berwarna kehitaman.

2. Kondisi Saluran Bahan Bakar Kotor

Saluran bahan bakar yang ada di mobil teridiri dari injektor dan tangki bahan bakar. Jika terdapat kotoran yang masuk ke dalam sistem injeksi, maka tentu saja menyebabkan penyumbatan. Sumbatan tersebut bisa menyebabkan mesin loss power bahkan hingga mengalami kemogokan. Komponen yang rawan mengalami kerusakan adalah pada bagian filter bensin yang berfungsi untuk memisahkan bensin yang bersih dan kotor. Jika kotoran menumpuk pada filter maka tentu saja menyebabkan sumbatan yang mana menyebabkan suplay bensin menjadi terganggu.

Selain itu injektor juga rawan mengalami kerusakan jika kondisinya sudah kotor yang menyebabkan campuran menjadi berkurang dan tenaga mesin menjadi lemah. Untuk solusinya sendiri, anda bisa membersihkan komponen fuel filter. Jika tipe filter yang anda gunakan adalah sekali pakai, maka periksa kondisinya apa masih layak digunakan atau tidak. Lakukan penggantian fuel filter sesuai dengan jadwal service mobil. Anda bisa menggunakan injector cleaner yang berbentuk seperti purge fluid yang dapat membersihkan sistem injeksi secara otomatis.

3. Turbo Vane Yang Bermasalah

Jika anda memiliki mobil bermesin diesel, maka permasalahan bisa saja terjadi pada bagian turbo vane. Setiap komponen turbo dilengkapi trubo vane yang memiliki fungsi untuk pengaturan boost pressure yang berasal dari turbo. Jika boost pressure tidak dapat diatur, maka tentu saja akan menyebabkan suplay udara menjadi berlebihan yang kemudian menyebbakan rasio kompresi menjadi meningkat. Alhasil penyebab mobil kurang bertenaga dan overheating.

Sebagai solusinya, anda harus segera membawa mobil anda ke bengkel resmi yang menangani masalah pada mobil mesin diesel. Masalah pada turbo vane terbilang rumit, bahkan dibutuhkan pengecekan menggunakan komputer untuk mendeteksi masalah. Sehingga dibutuhkan teknisi ahli yang khusus untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

4. Kopling Mobil Mulai Habis

Ketika perjalanan menanjak, maka banyak orang yang lebih menggunakan setengah kopling untuk mempermudah mobil melaju. Namun sayangnya cara ini akan membuat kopling menjadi cepat aus karena terjadinya gesekan antara pressure plate dan plat kopling.

Saat kita melakukan perjalanan menanjak, maka cara yang paling mudah dan sering kita lakukan yakni dengan menggunakan setengah kopling. Tapi, penggunaan setengah kopling menyebabkan terjadinya gesekan antara plat kopling dan pressure plate. Sehingga lebih cepat aus. Ciri ciri kampas kopling mobil habis dapat terlihat dari gigi yang susah masuk ataupun kopling yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Jika gejala ini muncul, maka tentu saja jangan nekat untuk membawa mobil ke jalanan tanjakan karena hal tersebut sama saja membahayakan anda. Untuk mengatasinya, segera ganti kopling mobil yang sudah aus. Selain itu perhatikan teknik mengemudi yang baik dan benar saat menaiki tanjakan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kopling sebelum perjalanan.

5. Menggunakan Ban Tapak Lebar

Jika mobil anda menggnakan model ban besar maka bisa jadi faktor penyebab mobil tidak bertenaga ketika di tanajakan adalah hal tersebut. Mobil yang dilengkapi ban besar memang terkesan kokoh dan gagah, namun sayangnya dibutuhkan pula tambahan daya mesin saat dikendarai. Ketika spesifikasi mesin tidak sesuai maka mobil akan terasa loyo dan tidak bertenaga. Semakin lebar ban mobil maka semakin luas penampang yang digunakan untuk menahan beban kendaraan.

Akan lebih baik jika anda menggunakan ban yang memang direkomendasikan dari pabrikan mobil. Jika anda menginginkan tampilan mobil yang gagah, maka jangan lupa untuk memodifikasi mesin kendaraan. Untuk mobil-mobil SUV memang menggunakan tapak ban yang berukuran lebih dari 220 mm, namun meskipun begitu mobil-mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin besar berjenis diesel. Sehingga tetap kuat untuk menaiki tanjakan.

6. Beban Mobil berlebihan

Penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan lainnya bisa jadi dikarenakan beban mobil yang terlalu berlebihan. Hal ini sering terjadi pada jenis mobil low MPV atau LCGC, hal ini karena kapasitas mesin yang digunakan hanya sekitar 1.0-1.5 L yang mana berkapasitas 1.500 cc sehingga tidak dapat menaiki tanjakan ketika beban mobil penuh. Untuk mengatasinya tentu saja anda harus mengatur jumlah penumpang serta beban bawaan yang dimasukkan ke dalam mobil. Berjalan di medan tanjakan tentunya membutuhkan skill yang lumayan. Namun jika tidak didukung dengan mesin yang mumpuni maka tentu saja membahayakan keselamatan anda.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil kurang tenaga di tanjakan yang dapat anda ketahui. Menaiki tanjakan tentu saja adalah hal sulit bagi anda yang belum berpengalaman. Terlebih lagi jika kondisi mobil yang digunakan kurang mendukung. Jangan lupa untuk selalu merawat kondisi mobil anda, mulai dari mesin dan komponen-komponen pendukung lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here