Hello sobat semua, penulis kembali lagi nih membawakan artikel yang masih berhubungan dengan otomotif yang bisa anda baca pada waktu senggang anda ya sobat. Seperti yang kita ketahui bersama, pastinya para pemilik kendaraan sudah tau betul apa itu radiator dan fungsinya bagi kendaraan anda ya sobat. Untuk itu radiator ini harus selalu anda cek dan rawat demi menjaga performa kendaraan anda tetap stabil.

Radiator merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pendingin pada mesin mobil anda. Jika radiator ini tidak ada, maka mesin pada mobil anda akan mudah panas dan akan berpotensi merusak mesin mobil anda sobat.

Mesin mobil yang terlalu panas atau disebut dengan overheat, dapat berdampak buruk pada kendaraan anda, yaitu mesin mati dengan tiba – tiba. Untuk itu pastikan kondisi radiator anda selalu terjaga dan terawat dengan baik ya sobat. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan radiator tersebut baik luar maupun dalamnya ya sobat.

Namun dalam prakteknya, banyak sekali radiator yang kurang perhatian dan kurang perawatan dari pemiliknya sobat. Mungkin saja beranggapan kalu perawatan atau pembersihan radiator ini dinaggap kurang penting atau terlalu susah. Padahal tanpa membawa ke bengkel anda bisa loh sobat membersihkannya sendiri dirumah, dan bahkan menggunakan peralatan yang ssangat sederhana.

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua tentang bagaimana cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai. Nah gampang kan sobat hanya menggunakan sabun pembersih lantai saja radiator anda bisa bersih. Yuk sobat kita simak ulasan berikut ini.

1. Persiapkan Terlebih Dahulu Peralatan yang Dibutuhkan

Cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai yang pertama ialah persiapkan semua peralatannya. Untuk membersihkan radiator anda ya sobat. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah air bersih, coolant radiator atau cairan khusus untuk radiator, serta pembersih lantai untuk membersihkan radiator mobil anda nantinya.

2. Pastikan Mesin Mobil Anda Dalam Keadaan Mati

Cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai yang kedua yakni posisikan mesin sudah benar – benar mati. Setelah mempersiapkan peralatan untuk membersihkan radiator mobil anda, kini saatnya kita masuk ke tahap pembersihan. Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan membuka bagian kap mesin mobil anda.

Setalah itu bukalah tutup radiator anda tetapi pastikan mesin dalam keadaan mati ya sobat. Selain itu, jangan sekali – kali anda mencoba membuka mesin radiator ketika mesin masih dalam kondidi yang panas, karena akan sangat berbahaya bagi anda.

3. Pastikan Kondisi Air Kosong

Pada saat anda akan membersihkan radiator, sebaiknya pastikan volume air radiator mobil anda dalam keadaan kosong, atau pada keadaan titik lower tank bagian paling bawah. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah anda dalam proses pembersihannya, jika posisi air radiatornya dalam posisi lower, maka anda tidak perlu repot – repot untuk mengurasnya terlebih dahulu.

Tetapi jika memang masih dalam keadaan penuh atau setengah tangki, keluarkanlah terlebih dahulu dengan menggunakan selang agar air radiator anda benar – benar habis dari tangkinya sebelum proses pembersihan. Kemudian anda wajib memperhatikan cara mengganti air radiator mobil agar tidak memperburuk keadaan.

4. Membersihkan Selang Air Radiator

Cara membersihkan radiator berikutnya ialah wajib memahami bagaimana cara membersihkan radiator mobil yang baik dan benar. Bersihkan selang air radiator anda dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan pembersih lantai yang sudah anda siapkan tadi ya sobat. Cara pengerjaanya adalah membuka dan mengambil selang yang menuju kearah mesin, dengan cara menyemprotkan air yang bercampur pembersih lantai kedalam selang mesin, sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.

Hal ini tentunya sangat penting anda lakukan, karena jika hanya membersihkan radiatornya saja tanpa membersihkan selangnya , hasilnya sudah pasti tidak akan maksimal, atau bisa dibilang percuma. Karena jika selang radiator anda kotor, akan berpotensi menimbulkan kerak ada bagian mesin mobil anda. Jadi sebaiknya dibersihkan secara keseluruhan ya sobat.

5. Membersihkan Bagian Inti Radiator

Pada bagian core tank atau bagian inti radiator mobil anda, dapat dilakukan dengan cara mengisi air bersih pada radiator anda. Setelah itu, pastikan nanti keluarnya berupa air bersih. Hal penting yang tidak boleh anda lewatkan sebelum tahap pembersihan bagian inti radiator ini adalah pastikan posisi selang yang mengarah ke mesin dapat mengalirkan air dengan lancar.

Selain itu anda juga disarankan untuk berhati – hati dalam memilih air yang akan anda gunakan apda radiator mobil anda ini sobat, jangan asal menggunakan air ya sobat, direkomendasikan mengguakan air coolant agar radiator anda tetap dingin.

Setelah air radiator anda sudah penuh, selanjutnya anda membersihkan keseluruhan bodi radiator mobil anda sobat. Tentunya juga dengan menggunakan air yang sudah di campur terlebh dahulu dengan pembersih lantai. Bersihkan semua kotoran yang ada pada bagian bodi radiator anda, bisa dengan menggunakan bantuan spons agar proses pembersihannya lebih cepat.

Untuk bagian yang memang sulit dijangkau, ada baiknya anda menggunakan kuas, apalagi untuk bagian sela – sela dari bodi radiator anda. Lakukan hal ini dengan hati – hati ya sobat, jangan sampai air yang anda gunakan untuk membersihkan bodi radiator mobil anda tersebut kena ke bagian atau komponen mesin yang lainnya, karena bisa saja akan berbahaya buat anda. Lakukan dengan pelan dan penuh ketelitian ya sobat. Selagi anda membersihkan inti radiator, pelajari juga penyebab air radiator berkurang, agar nantinya jika tiba – tiba air radiator cepat habis anda sudah tau masalahnya.

6. Menutup Kran dan Memasang Kembali Selang Radiator

Setelah bodi radiator anda sudah bersih, tahap selanjutnya adalah menutup kran yang tadi anda buka, setelah itu pasanglah kembali selang air radiator yang sebelumnya anda buka. Pastikan anda memasangnya dengan benar ya sobat, jangan sampai salah pemasangan karen pasti akan berdampak buruk nantinya bagi anda maupun kendaraan anda. Jadi pastikan anda melakukannya dengan benar.

Apabila anda tidak yakin bisa memasangnya dengan benar, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu buku manual mobil anda untuk memastikan langkah yang anda lakukan sudah benar sesuai dengan standarnya.

7. Tutup Kembali Kap Mobil Anda

Cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai yang terakhir yakni menutup kembali kap mobil. Setelah semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, pastikan kondisi bodi radiator yang tadi anda bersihkan dalam kondisi kering sebelum menutup kap nya. Setelah anda keringkan barulah kap mobil anda ditutup kembali. Nah setelah semuanya selesai, anda bisa mencoba untuk menyalakan mesinnya. Cara ini bisa digunakan untuk mengetahui ciri ciri mesin mobil masih bagus atau tidak.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara membersihkan radiator dengan pembersih lantai. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here