Sebagai seorang pengendara yang baik, selain bisa menggunakan mobil dengan cara yang baik dan benar, sebaiknya anda juga harus mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan performa mobil anda tidak normal atau bermasalah ya sobat.

Salah satu penyebab kendaraan anda tidak memiliki performa yang oke seperti biasanya, adalah masalah pada bagian radiatornya. Salah satunya adalah mesin anda mengalmai over heating. Salah satu penyebab mesin anda overheating adalah radiator pada kendaraan anda kotor dan tersumbat karat atau kerak ataupun jenis kotoran yang lainnya yang biasanya menyumbat bilah jalur pendingin di dalam radiator kendaraan anda.

Selain itu, radiator yang kotor juga bisa terlihat dari warna air dan endapan lumpur saat tutup radiator kendaraan anda dibuka. Untuk mencegah terjadinya overheat apda kendaraan anda yang disebabkan oleh kotornya radiator tersebut, maka anda harus segera melakukan pencegahan. Salah satu pencegahan yang dimaksud adalah dengan membersihkan radiator tersebut agar berfungsi dengan normal kembali.

Pada umumnya, banyak diantara sobat semua yang mengabaikan pembersihan radiator ini, pasalnya tidak dianggap begitu penting bagi pemilik kendaraan tersebut. Padahal hal ini justru sangat berpengaruh pada intensitas kendaraan anda ya sobat. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua tentang bagaimana cara membersihkan radiator yang tersumbat. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

1. Anda Harus Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara membersihkan radiator yang tersumbat pertama kali yakni melakukan persiapan. Sebelum anda membersihkan radiator yang tersumbat pada mobil anda, sebaiknya anda terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang anda butuhkan. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah sikat pembersih atau kuas, spons, cairan khusus pembersih radiator, coolant untuk air radiator.

2. Tahap Pembersihan

Cara membersihkan radiator yang tersumbat yang kedua ialah memahami bagaimana cara membersihkan radiator mobil yang baik dan benar. Sebelum anda membersihkan radiator pada mobil anda, maka pastikan posisi atau konsisi mobil anda dalam keadaan mati. Setelah itu, buka tutup kap mobil anda. Lalu mulailah membuka tutup radiator mobil anda sebagai proses pertama dalam pembersihan radiator tersebut.

Pastikan bahwasannya mesin anda dalam keadaan mati ya soabt, dan jangan sekali – kali membuka kap mobil atau membuka tutup radiator ketika kondisi emsin anda masih panas. Kaena hal ini akan membahayakan anda nantinya.

3. Pengurasan Radiator

Cara membersihkan radiator yang tersumbat berikutnya yang harus anda lakukan adalah menguras air radiator. Jika memungkinkan, sebaiknya anda bersihkan radiator mobil anda pada saat kondisi volume air radiator menunjukkan pada titik lower tank ( pada tangki bagian paling bawah).

Tetapi jika memang air nya masih ada dan anda perlu untuk melakukan pembersihan, maka anda harus terlebh dahulu menguras air radiator yang masih tersisa. Cara mengurasnya anda cukup membuka bagian kran yang ada di bagian bawah tangki radiator anda.

ads

Apabila ternyata anda kesulitan untuk menemukan bagian tersebut, anda dapat melepaskan selangnya terlebih dahulu dari aliran yang menuju mesin mobil. Pastikan air di dalam radiator anda sudah benar – benar habis terkuras. Kemudian anda wajib memperhatikan cara mengganti air radiator mobil agar tidak memperburuk keadaan.

Apabila anda ingin menggunakan sisa air radiator tersebut (jika masih layak untuk digunakan) sebaiknya anda menapungnya di dalam wadah yang bersih, agar ketika anda memasukkanya kembali ke dalam tangki radiator, kondisi air tersebut masih dalam keadaan bersih dan layak untuk digunakan.

4. Membersihkan Selang Air Radiator

Setelah melakukan hal diatas, anda dapat meneruskan pembersihan radiator mobil, yang dimulai dari pembersihan selang radiator yang menghubungkan ke mesin mobil anda. Cara pembersihannya, anda dapat mengambil selang tersebut dan menyemprotkan air ke dalam selang radiator tersebut. Selagi anda menyemprot, pahami juga penyebab air radiator berkurang, agar nantinya jika kejadian anda sudah tau. Istilahnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Pastikan anda melakukan langkah ini dengan baik ya sobat, dan pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel atau tertinggal di selang yang anda bersihkan. Karena kebersihan selang sangat perlu untuk anda perhatikan, pasalnya akan terasa percuma apabila anda membersihkan bagian bodi radiator dengan benar, tetapi selangnya masih kotor, karena seyogianya selang radiator yang kotor akan membuat mesin anda lebih gampang karatan dan kotor. Untuk itu pastikan keadaanya benar – benar bersih ya sobat, agar pekerjaan anda tidak sia – sia nantinya.

5. Membersihkan Bagian Inti Radiator

Setelah membersihkan selang air radiator, selanjutnya anda dapat membersihkan bagian inti radiator mobil. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat atau kuas yang sudah dicamour dengan cairan pembersih. Adapun bagian inti dari radiator sendiri disebut dengan core tank, untuk bagian ini anda dapat melakukan pembersihan dengan cara mengisis air pada radiator yang tadi sudah anda kuras terlebih dahulu.

Selanjutnya, pastikan air yang keluar dari radiator anda dalam keadaan bersih, itu artinya bagian dalam core tank anda sudah dalam kondisi yang bersih. Adapun hal penting yang harus anda perhatikan sebelum anda membersihkan core tank ini, pastikan keadaan selang yang menuju mesin mobil dapat mengalirkan air ke dalam radiator daam keadaan lancar.

Dan anda perlu berhati – hati dalam memilih air yang akan anda gunakan untuk membersihkan bagian dalam core tank radiator ini. Lebih direkomendasikan apabila anda menggunakan air coolant yang khusus untuk air radiator, dan bisa juga dengan menggunakan air mineral atau air galon yang memang benar – benar bersih ya sobat.

Jangan sekali – kali anda menggunakan air dari sumur karena mengandung zat kapur yang cukup tinggi yang dapat berdampak buruk pada dinding radiator anda dan begitu juga dengan mesin anda akan lebih cepat berkarat nantinya.

6. Nyalakan Mesin Untuk Menguras Air Radiator

Pada saat anda merasa air keluaran dari radiator sudah besih, anda dapat menyalakan mesin kendaraan mobil anda. Tetapi sebelum masuk ke langkah ini anda harus menutup dulu bagian tangki radiator anda. Setelah itu panaskan mesin anda kira – kira 15 menit hingga thermostat naik ke posisi tengah. Proses menyalakan mesin ini bisa digunakan sebagai penanda untuk mengetahui ciri ciri mesin mobil masih bagus atau tidak.

7. Pasang Kembali Selang Radiator Anda

Cara membersihkan radiator yang tersumbat terakhir ialah melakukan pemasangan selang dengan baik. Bila anda merasa keadaan radiator anda sudah benar – benar bersih beserta dengan selangnya, maka tutuplah kran radiator dan dan pasangkan kembali selang radiator yang sebelumnya anda buka. Setelah itu tutuplah kembali kap mobil anda.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara membersihkan radiator yang tersumbat yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara membersihkan radiator yang tersumbat. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here