Dongkrak mobil merupakan komponen yang digunakan untuk mengangkat mobil. Yang dimaksud dengan mengangkat mobil disini adalah agar memudahkan untuk memperbaiki kerusakan pada komponen yang ada di bagian bawah mobil, misalnya saja kaki-kaki mobil (ban, velg, shocbreaker, dan lainnya) atau mesin kendaraan yang memang letaknya berada di bagian bawah.

Cara Merawat Power Steering
Jenis dongkrak sebenarnya ada 3, yaitu jenis dongkrak botol (bottle jack), dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiga jenis ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai dongkrak botol (bottle jack).

Sesuai dengan namanya, jenis dongkrak ini memang memiliki bentuk seperti botol. Dongkrak ini menggunakan sistem hidrolis dalam kerjanya. Seperti halnya dongkrak lainnya, jenis dongkrak ini juga digunakan untuk mengangkat kendaraan pada ketinggian tertentu agar mempermudah perbaikan-perbaikan pada bagian bawah kendaraan. Dongkrak hidrolik ini terdiri dari dua bagian tabung yang memiliki ukuran berbeda namun saling terhubung satu sama lainnya. Masing-masing tabung diisi dengan oli dan ditutup dengan rapat.

Kelebihan dari dongkrak ini adalah ukurannya yang cukup ringkas sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam mobil. Meskipun ukuran nya kecil, namun daya angkat bebannya pun cukup besar. Dongkrak botol ini memiliki kekuatan angkat beban yang bervariasi, mulai dari 2-1000 ton. Harganya beli nya pun cukup murah sehingga tidak terlalu membebankan anda.
Komponen AC Mobil
Cara kerja dari jenis dongkrak ini menerapkan hukum Pascal. Dengan penerapan hukum ini, membuat kerja dongkrak ini menjadi lebih besar seiring dengan besarnya tabung yang dimiliki. Namun sama halnya dengan alat-alat lainnya, tentunya dongkrak mobil bisa juga mengalami kerusakan. Kerusakan-kerusakan yang seringkali terjadi pada jenis dongkrak ini antara lain adalah:

Dongkrak tiba-tiba turun dengan sendirinya.
Tuas susah untuk dipompa
Piston dongkrak tidak dapat bekerja dengan optimal, tiba-tiba macet dan tidak dapat turun dan masih banyak lainnya.
Jika hal-hal tersebut terjadi pada dongkrak botol yang anda miliki, anda tak perlu langsung menggantinya dengan yang baru. Anda bisa memperbaiki sendiri di rumah. Nah berikut ini cara-cara memperbaiki dongkrak mobil yang rusak.

Cara memperbaiki dongkrak mobil pertama kalinya adalah dengan membuka tutup oli hidrolik. Lalu perhatikan kondisi dari oli yang ada di dalamnya.
Jika oli dalam keadaan yang kotor, maka segeralah untuk menggantinya dengan oli baru khusus untuk dongkrak hidrolik.
Jika oli masih penuh dan kondisinya juga masih sangat baik, ataupun sudah diganti dengan yang baru namun tetap tidak dapat naik juga. Maka coba perhatikan bagian katup in/out nya. Biasanya pada bagian ini, terdapat kotoran-kotoran yang menempel pada bagian katup sehingga membuat siklus kerja dapat terhambat dan tak optimal. Untuk itu, bersihkanlah bagian katup ini hingga kotoran-kotoran yang menempel benar-benar hilang.

Jika setelah itu tetap belum bisa bekerja dengan baik, maka cara memperbaiki dongkrak mobil lainnya adalah coba untuk membuka pada bagian tuas pompa. Kemudian tarik plunger dan perhatikan kondisi seal-seal yang terdapat pada bagian ini. Jika memang kondisinya sudah tidak baik, maka segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.
Berhati-hatilah pada saat proses pengambilan seal yang ada pada pump cylinder, karena terdapat semacam bola kecil di dalamnya. Sehingga usahakan agar bola kecil tersebut tidak dikeluarkan.
Namun jika dongkrak masih belum dapat bekerja secara optimal seperti yang diinginkan, maka cobalah untuk membuka top nut. Kemudian cabut ram dan lihatlah di dalam ruang oli. Disana anda akan melihat seal ring, cobalah untuk memperhatikan apakah ada kerusakan pada seal tersebut.
Namun jika anda ragu-ragu untuk menggantinya, sebaiknya ganti saja dongkrak mobil anda dengan yang baru.
Nah itu tadi penjelasan mengenai cara memperbaiki dongkrak mobil yang rusak khusus pada jenis dongkrak botol (bottle jack). Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat dongkrak mobil anda untuk menghindari dari kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Jaga kebersihan alat-alat dongrak, pastikan menyimpan di tempat yang aman, serta jangan menggunakan dongkrak untuk menahan beban terlalu lama. Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here