Komponen mesin mobil pada umumnya memang tidak sedikit. Terdapat beberapa bagian penting yang sangat berpengaruh terhadap peforma mesin mobil itu sendiri. Untuk itu bagi anda yang memiliki mobil pribadi sendiri wajib mengetahui cara merawat mesin mobil untuk menambah wawasan sehingga jika terjadi masalah, bisa dilakukan tindakan pertama.

Komponen Mesin Mobil

cara merawat mesin mobil tua atau pun mobil baru bisa diawali dengan mengetahui komponen mesin mobil terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menjaga kondisinya agar tetap dalam peforma yang baik saat digunakan berkendara. Sehingga tidak terjadi masalah – masalah yang mungkin timbul saat anda sedang berkendara dan tentu saja hal tersebut akan menyusahkan anda sendiri.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai komponen mesin mobil yang akan diulas lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini :

1. Bagian Blok Silinder

Komponen yang menyusun mobil mempunyai fungsi khusus yakni untuk memaksimalkan semua kinerja yang sedang berlangsung pada kendaraan yang tentu saja wajib anda ketahui serta pahami lebih dalam. Hal ini diharapkan bisa membuat anda lebih mengerti dan juga lebih memahaminya. Dengan begitu pikiran anda menjadi lebih terbukan untuk melakukan perawatan khusus terhadap kendaraan mobil pribadi anda.

Bagian blok silinder merupakan salah satu komponen utama yang digunakan sebagai dasar dari sistem kinerja sebuah mesin kendaraan itu sendiri. Di bagian blok silinder bisa anda temukan beberapa bagian – bagian lainnya meliputi beberapa buah bagian silinder mesin.

Kemudian pada setiap bagian silinder mesin tersebut mempunyai satu buah bagian piston yang terletak di salah satu bagian paling ujung dari bagian batang piston.

Sedangkan pada bagian ujung batang yang lain terhubung secara langsung dengan bagian poros engkol. Sehingga proses yang berlangsung seperti naik turunnya dari bagian piston yang terjadi, merupakan proses untuk menggerakkan bagian engkol. Baca juga mengenai cara membersihkan mesin mobil tua

2. Bagian Silinder

Beberapa komponen yang mungkin wajib dan harus anda pahami beserta fungsinya pada mobil memang cukup penting. Mengingat memang sangat banyak dan juga rumit komponen penyusun mobil tersebut, oleh sebab itu sangat penting untuk diberikan perhatian lebih agar tetap dalam kondisi peforma baik serta prima.

Bagian selanjutnya yang akan saya bahas bernama silinder. Komponen yang satu ini mempunyai fungsi utama sebagai pelaku jalannya proses memindahkan dan juga membentuk energi panas menjadi energi mekanik.

Sehingga jika anda mempunyai keinginan untuk mendapatkan tenaga mesin dari mobil pribadi anda menjadi semakin maksimal, maka usahakan untuk selalu menjaganya dengan baik agar tidak terjadi banyak kebocoran gas yang sedang mengalami proses pembakaran pada bagian khususnya antara bagian piston dan juga bagian silinder.

Memang jika tidak paham akan terlihat sangat rumit, namun masalah tersebut tidak bisa anda biarkan atau pun anda sepelekan begitu saja, padahal bagian – bagian itu terdapat di dalam mobil pribadi anda.

Disarankan anda juga wajib melakukan perawatan secara rutin dan berkala, bahkan anda bisa juga melakukan penggantian terhadap komponen ini apabila mobil pribadi anda sedang terjadi masalah.

3. Bagian Kepala Silinder

Bagian kepala silinder merupakan komponen yang bisa disebut dengan pelengkap dari beberapa komponen lainnya yang sudah saya ulas di atas. Untuk lebih jelas dan bisa membedakan dengan baik, anda wajib melihat bentuknya secara langsung komponen tersebut.

Komponen kepala silinder merupakan satu kesatuan dengan silinder itu sendiri. Namanya saja kepala, pasti komponen ini sangatlah penting. Bagian kepala silinder dipasang pada bagian yang dikenal dengan blok silinder yang letaknya di bagian atas.

Untuk menghubungkannya maka bisa dengan cara di baut dan juga diberikan gasket. Biasanya pada bagian kepala silinder dibuat dari bahan campuran antara aluminium dengan besi tuang dengan yang mempunyai peran utama yakni mampu digunakan untuk membatasi proses pemuaian yang sedang berlangsung.

Selain itu, bagian kepala silinder mempunyai tambahan mantel pendingin untuk menghindari mobil keluar asap dari kap mesin yang terhubung langsung dengan bagian blok silinder dengan maksud untuk memberikan proses pendinginan pada beberapa bagian seperti halnya busi dan juga katup yang berada di bagian dalamnya.

4. Bagian Karter

Komponen mesin mobil berikutnya ialah bagian karter. Bagian karter yang ada pada mesin mobil ini bisa anda temukan di bagian bawah blok silinder. Bagian ini mempunyai peranan penting sebagai wadah penampung oli mesin.

Di bagian dalam karter, ada juga bagian ventilasi yang berfungsi untuk menghubungkannya langsung dengan udara luar, sehingga sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Karter ini dipasang dengan cara dibaut langsungdan juga diberikan bagian tambahan gasket yang bisa diletakkan diantara bagian bak engkol dengan bagian karter. Tujuannya adalah agar terhindar dari kejadian buruk seperti kebocoran yang mungkin saja bisa terjadi kapan saja pada mesin mobil anda.

5. Bagian Piston

Bagian piston ikut andil dan juga bertanggung jawab atas kinerja maksimal sehingga kecepatan yang dihasilkan bisa ikut maksimal. Sehingga komponen yang satu ini wajib mempunyai karakteristik yang kuat dan tahan terhadap perubahan suhu yang sangat panas ataupun perubahan tekanan yang tinggi.

Untuk itu anda wajib tahu mengenai penyebab mesin mobil cepat panas. Bagian kepala piston sendiri mempunyai bentuk datar pada bagian kepalanya, tetapi ditemukan juga ada yang mempunyai bentuk cembung.

6. Bagian Batang Piston

Bagian batang piston merupakan komponen yang mempunyai fungsi utama dalam hal menghubungkan antara bagian piston dengan bagian poros engkol. Selain itu digunakan sebagai penopang, sehingga bisa memperkuat kedua bagian yang dihubungkannya tersebut.

7. Bagian Poros Engkol

Komponen yang termasuk komponen penting terakhir ialah bagian poros engkol. Komponen ini mempunyai fungsi dalam hal mengubah gerakan – gerakan lurus dari bagian piston yang letaknya pada bagian silinder sehingga gerakannya menjadi memutar melewati bagian batang piston.

Kemudian fungsi lainnya yang sering dilakukan oleh komponen ini ialah menjaga gerakan pada bagian piston untuk melakukan proses selanjutnya.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai komponen mesin mobil di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan nantinya bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai komponen mesin mobil. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here