Masih membahas seputar otomotif nih sobat, karena memang benda atau barang yang berhubungan dengan otomotif tersebut cukup banyak memberikan peranan dalam membantu aktivitas kita sehari – harinya ya sobat. Jika berbicara mengenai otomotif, hal tersebut tidaklah terlepas dari bagaimana perawatannya juga. Setuju ya sobat.

Oke soat semua, adapun yang akan menjadi topik utama atau pembahasan pada artikel kali ini adalah mengenai tips pemilihan bahan bakar mobil yang tepat agar mobil awet. Nah sobat semua, seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemilihan bahan bakar yang tepat ini sedikit banyak memberikan dampak atau pengaruh bagi performa kendaraan kita. Selain itu cara merawat tangki bahan bakar mobilnya pun wajib anda perhatikan ya sobat, jangan hanya bahan bakarnya saja yang diperhatikan.

Namun pada kenyataanya ada begitu banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobilnya. Alih – alih karena harga yang murah, ada begitu banyak yang tidak memperhatikan bahan bakar yang tepat untuk mobilnya sehingga ada banyak masalah yang akan ditimbulkannya.

Memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan anda akan berperan penting dalam menjaga mesin mobil tetap lancar, jauh dari maslaah dan tentunya bisa berumur panjang. Banyak hal yang perlu sobat perhatikan dalam pemilihan bahan bakar yang tepat untuk anda.

Selain menentukan tingkat atau ukuran oktan yang tepat, anda juga harus tau dan harus paham lingkungan mengemudi dan design asli dari komponen mesin mobil lengkap yang anda miliki tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai refrensi dalam hal pemilihan bahan bakar mobil yang tepat agar mobil awet. Yuk sobat semua, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Pilihlah Bahan Bakar Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

Pemilihan bahan bakar mobil yang tepat pertama adalah dengan memilih bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan anda. Pada umumnya setiap kendaraan menggunakan jenis bahan bakar diesel yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, mobil yang membutuhkan bahan bakar diesel dan mobil yang memerlukan bensin biasa. Nah sobat, bahan bakar dengan jenis diesel ini kurang tepat digunakan pada mobil yang berjenis bensin. Karena pemilihan bahan bakar, itu sama halnya dengan melakukan perawatan mobil diesel atau pun perawatan mobil bensin jangka panjang.

2. Jangan Berasumsi Bahwa Semakin Tinggi Oktan Itu Semakin Baik

Pemilihan bahan bakar mobil yang tepat kedua adalah dengan menetukan tingkat atau ukuran oktan. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin tinggi oktan maka akan bisa meningkatkan performa mesin anda. Namun pemikiran tersebut tersebut tidaklah selalu benar sobat, kerena oktan yang tinggi tidak selalu menetukan tingakt performa mesin anda, tergantung jenis mesin anda menggunakan ukuran oktan yang normal berapa.

3. Jika Ragu, Sebaiknya Periksalah Buku Manual Mobil Anda

Pemilihan bahan bakar mobil yang tepat agar mobil awet ketiga adalah dengan memastikan di buku manual mobil anda tentang standar penggunaan bahan bakar anda. Dengan cara ini anda akan mudah untuk mengetahui jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil anda.

4. Kunjungi Situs Mobil Yang Kamu Miliki

Tips yang keempat adalah dengan cara mengunjungi situs mobil yang anda miliki. Nah sobat semua, untuk menambah keyakinan akan informasi mengenai pemilihan bahan bakar serta ukuran oktan yang tepat untuk mobil anda, ada baiknya jika anda mengunjungi situs mobil yang anda miliki.

5. Imbangi Dengan Oli Mesin Yang Bagus

Tips yang kelima adalah dengan mengimbangi bahan bakar anda dengan oli mesin yang bagus. Untuk menciptakan harmoni yang bagus antara performa mobil dengan bahan abkar yang anda pilih, maka sebaiknya anda mengimbanginya dengan menggunakan oli mesin yang bagus. Dengan menggunakan cara ini, selain performa mesin mobil anda akan meningkat, hal ini juga tentunya membuat komponen mesin mobil anda lebih awet sehingga umurnya bisa lebih panjang.

6. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Tips yang keenam adalah dengan menyesuaikan dengan budget anda. Sebaiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, ada baiknya anda menyesuaikan terlebih dahulu dengan budget anda. Budget disini menyangkut semua biaya perawatan, biaya bensin yang anda gunakan setiap harinya.

Jangan sampai anda menggunakan mobil yang tidak sesuai dengan kapasitas anda. Misalnya saja, mobil anda standarnya mengguankan bahan bakar “ A “, namun karena budget yang kurang anda menggantinya dengan bahan abkar “ B “. Nah pada saat seperti inilah performa mesin anda akan mengalami masalah nantinya.

7. Terapkanlah Perilaku Berkendara yang Baik

Tips yang ketujuh adalah dengan cara menjaga perilaku berkendara anda dengan baik. Sobat semua, sebaik apapn jenis bahan bahan bakar, dan sebagus apapun jenis mobil anda jika anda mengemudikannya dengan cara yang tidak tetap atau ugal – ugalan, maka hal tersebut akan membawa dampak buruk terhadap mesin mobil anda secara keseluruhan. Untuk itu, sebaiknya jagalah perilaku berkendara anda agar mobil anda lebih awet.

Oke sobat semua yang penulis kasihi, sekian informasi yang bisa penulis bagikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini mengenai pemilihan bahan bakar mobil yang tepat agar mobil awet. Penulis berharap artikel ini bisa menjadi refrensi dan tentunya bisa bermanfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat, salam otomotif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here