Mobil-mobil produksi saat ini didukung dengan mesin injeksi yang berpengaruh terhadap bahan bakar. Namun hal itu hanya terjadi pada saat awal-awal pembelian saja,lalu apa saja yang menyebabkan mobil injeksi boros bbm?dan bagaimana cara menanganinya?simaklah artikel dibawah ini:

Penyebab mobil injeksi boros bbm.

Berikut adalah penyebabnya:

  • Filter Udara Yang Kotor

Filter udara yang memang kotor sehingga dapat menghambat aliran udara yang menuju ruang pembakaran. Tentu saja hal ini akan berpengaruh oada proses pembakaran yang menjadi kurang maksimal. Gejala umum yang biasanya sering terjadi adalah mobil bunyi ngelitik.

  • Kerak Yang Menempel Di Dalam Ruang Mesin

Kerak yang menempel dan menumpuk di dalam ruang mesin memang menajdi masalah yang sulit sekali dihindari, apalagi jika kondisinya memang parah akan menyebabkan ruang bakar menjadi menyempit dari kondisi normalnya. Hal ini akan berpengaruh pada proses pembakaran yang menyebabkan tenaga mesin berkurang tidak sebanding dengan kondisi normalnya.

  • Lubang Nozzle Injektor Tersumbat

Penyebab mobil injeksi boros BBM lainnya dapat disebabkan karena tersumbatnya lubang nozzle injektor. Desain lubang nozzle injektor memang agak kecil sehingga rentan sekali tersumbat. Jika sampai kondisinya tersumbat maka akan menyebabkan suplay bahan bakar menjadi terganggu serta efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi berkurang.

  • Piston Dan Ring Piston Yang Mulai Aus

Kerja piston dan ring piston yang terlalu keras bukan tidak mungkin menyebabkan komponen-komponen menjadi mulai terkikis. Efeknya akan menyebabkan kompresi kendaraan semakin berkurang yang berakibat peforma mobil menjadi menurun. Kompresi mesin yang menjaid rendah akan menyebabkan tarikan mesin melambat dan tenaga mesin kurang bertenaga.

  • Masalah Pada Air Radiator

Masalah yang terjadi pada radiator juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boeos. Jika sampai air radiator masuk hingga ke dalam ruang bahan bakar maka akan menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga yang menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin boros.

  • ECU Mobil dan Sensor Injeksi Yang Bermasalah

Mobil yang menjadi boros serta tidak bertenaga juga seringkali disebabkan masalah yang terjadi pada ecu mobil dan sensor injeksi. Misalnya saja sensor suhu mesin yang menjadi rusak dikarenakan tidak sesaui standar sehingga menyebabkan minsfire atau ckp sensor bermasalah.

  • Mesin OverheatingĀ 

Mesin mobil yang mengalami panas berlebihan atau overheating juga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi boros BBM. Penyebab mesin mobil panas biasanya dapat terjadi karena kerja sistem pendingin yang tidak optimal sehingga komponen-komponen di dalam mesin memuai berlebihan. Biasanya ini terjadi pada komponen piston atau silinder sehingga menyebabkan terjadinya gesekan yang besar. Hal ini akan membuat mesin menjadi berat dan lambat serta tenaga mesin menjadi berkurang.

Itu dia penyebab yang sering di alami pada mobil injeksi,berikut ini cara untuk menangani masalah tersebut.

Solusi agar mesin injeksi tidak boros.

Berikut ini adalah solusinya:

  • Masalah di ecu

Untuk pencegahannya, jangan sampai sistem listrik terganggu.

  • Kotornya Filter Udara

Jika filter udara rusak, maka gantilah dengan yang baru. Harganya tidak sampai seratus ribu rupiah.

  • Ring Piston dan Piston Sudah Tua

Rendahnya kompresi mesin berpengaruh ke lambatnya tarikan mesin sehingga membutuhkan bahan bakar lebih dari normal. Karena itu gantilah ring piston dan piston yang sudah aus.

  • Overheat

Untuk pencegahannya, sebelum perjalanan jauh, lakukan pengecekan pada air radiator apakah penuh atau tidak.

Itu dia penyebab dan cara menangani mesin injeksi yang boros bbm,semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here