Tanpa anda sadari, sebenarnya banyaknya kecelakaan yang terjadi di negara kita tercinta Indonesia ini adalah karena faktor kesalahan dan kelalaian pengemudi itu sendiri. Pasalnya, tidak jarang pengemudi masih saja tetap nekad untuk bepergian atau jalan – jalan padahal sebenarnya kondisi kesehatan dan tubuhnya dalam keadan lelah, kurang fit, kurang tidur atau hal yang lain sebagainya karena begitu banyaknya aktivitas yang anda lakukan.

Apakah anda salah satu dari pengemudi yang seperti ini sobat? Jika iya, sebaiknya berhenti saja ya sobat, karena ini budaya yang tidak baik yang dapat membahayakan keselamatan anda dan juga keselamatan pengendara yang lainnya.

Tetapi walaupun dalam kondisi yang lelah dan tidak dalam keadan fit, sering sekali suatu kondisi atau keadaan memaksa kita untuk tetap melakukan perjalanan tersebut. Bisa saja karena urusan pekerjaan yang memang dalam keadan mendesak dan harus diselesaikan segera ataupun urusan keluarga atau urusan yang lainnya yang memang harus segera kita tangani.

Jika sudah dalam keadaan seperti ini mau tidak mau, suka tidak suka kita harus segera menyelesaikannya ya sobat. Jangan lupa pelajari juga masalah – masalah yang sering timbul pada mobil anda, contohnya saja anda menggunakan mobil kijang innova type g at gasoline, maka sudah wajar jika pemilik lebih tau kelemahan dari kendaraannya.

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan memberikan tips bagi sobat semua yang ingin melakukan perjalanan agar tetap kuat mengemudikan atau menyetir ya sobat. Selain agar anda bisa menyelesaikan urusan anda juga agar meminimalkan anda dari kecelakaan yang bisa saja terjadi. Yuk sobat mari kita simak ulasan tips kuat nyetir berikut ini.

1. Pastikan Anda Mengemudi Setelah Beristirahat Sejenak

Tips kuat nyetir yang pertama yakni perhatikan kualitas istirahat anda. Jangan sekali – kali anda melakukan perjalanan apalagi dalam keadaan jarak jauh tetapi belum istirahat sama sekali. Karena hal ini akan membahayakan anda dan juga semua orang yang anda kemudikan.

Selain itu akan berpotensi membahayakan pengemudi yang lain juga yang memang sama – sama sedang berkendara dengan anda. Sebaiknya anda harus melakukan istirahat dulu sebelum melakukan perjalanan ya sobat. Pasalnya mobil seperti halnya toyota agya e at pun juga perlu istirahat, perhatikan ya sobat apapun mobilnya utamakan untuk jaga kondisi dan jangan memaksakan.

2. Jagalah Stamina Psikis Anda

Tips kuat nyetir yang kedua ialah menjaga stamina. Sebaiknya dalam mengemudikan kendaraan anda, ada baiknya jika anda menjaga kondisi psikis anda agar tetap santai dan tidak begitu lelah. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mendengarkan music kesukaan anda pada saat anda menyetir.

Karena selain membuat pikiran agak santai dan rileks, mendengarkan musik juga dapat membawa anda mengingat kenangan – kenangan anda yang indah pada saat – saat dulu ya sobat, sehingga pikiran anda akan terlihat santai. Gimana mau coba sobat? Bukan hanya kita yang wajib jaga kondisi, mobil seperti halnya toyota avanza veloz 15 mt luxury, juga wajib dijaga kondisinya agar tetap fit.

3. Usahakan Ketika Sedang Menyetir Ada Aktivitas Lain yang Anda Lakukan

Aktivitas lain yang dimaksud dalam bahasan ini adalah aktivitas kecil yang dapat menggerakkan bagian tubuh anda, agar tidak terlalu kaku apabila anda monoton pada saat anda nyetir. Salah satu aktivitas kecil yang dimaksud adalah mislanya mengunyah permen atau makan cemilan kesukaan anda, agar tubuh anda melakukan gerakan – gerakan kecil yang dapat menhaktifkan gerakan otot pada tubuh anda. Silahkan di coba ya sobat
4. Hindari Alkohol dan Obat – Obatan

Tips kuat nyetir berikutnya ialah jauh – jauh dari alkohol atau pun obat – obatan. Alkohol merupakan minuman yang dapat mempengaruhi kesadaran seseorang. Jenis minuman ini dapat membuat pikiran dan daya ingat anda seolah – olah nge fly, padahal sebenarnya anda sedang melakukan perjalanan di lalu lintas yang sewaktu – waktu dapat membahayakan keselamatan anda jika tidak berkendara dengan baik.

Hal ini terbukti ya sobat, banyaknya kasus – kasus yang terjadi yang sering kita dengar bahkan saksikan sendiri karena pengaruh alkohol dan obat – obatan. Jika anda merupakan salah seorang pelakunya, mulai dari sekarang sebaiknya berhenti ya sobat. Ingatlah bahwa nyawa anda sangatlah berharga dan tidak akan bisa dibeli dimanapun. Oke sobat

5. Pilihlah Makanan Berprotein Tinggi

Sebelum anda melakukan perjalanan, atau pada saat anda istirahat sejenak dan mengisi perut, sebainya hindarilah makanan yang bersifat karbo. Karena pada dasarnya makanan yang bersifat karbo ini akan menurunkan daya konsentasi anda dan akan membuat anda meudah mengantuk.

Sudah terbayang ya sobat di benak anda makanan apa saja yang banyak mengandung karbohidrat. Biasanya jenis makanan yang banyak mengandung karbo adalah makanan siap saji yang gampang kita jumpai di berbagai rest area. Tetapi sebaiknya konsumsilah makanan yang proteinnya tinggi.

Karena selain memberi dampak yang baik bagi tubuh anda, jenis makanan ini juga baik untuk meningkatkan daya konsentrasi anda ketika anda sedang melakukan perjalanan. Jadi apabila anda penggemar makanan karbo, berhenti dulu ya sobat ketika anda sedang menyetir dan melakukan perjalanan.

6. Minum Kopi

Pada sebagian orang meminum kopi adalah salah satu solusi untuk menahan kantuk dan menambah stamina pada saat akan melakukan perjalanan dan kebetulan kebagian tugas untuk menyetir kendaraan anda. Hal ini sebenarnya sah – sah aja ya sobat, karena kafein yang ada dalam kopi bisa membuat mata anda melek dan mencegah rasa ngantuk.

Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah jangan minum kopi pada saat perut anda kosong ya sobat, karena hal ini akan berdampak buruk pada lambung anda nantinya. Sebaiknya konsumsilah kopi pada saat anda sudah mengisis perut anda.

Selain itu jangan minum kopi dengan dosis yang terlalu banyak ya sobat, minumlah secukupnya saja. Apabila anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, akan berdampak buruk pada kesehatan anda, yang tentunya juga akan menggagu daya konsentrasi anda ketika nyetir. Ingat sobat, konsentrasi yang menurun akan membuat daya pikir anda menurun juga.

7. Segeralah Istirahat Apabila Konsentrasi Anda Sudah Buyar

Apabila anda sudah melakukan ke enam point diatas dan masih saja anda merasa sudah tidak kuat untuk menyetir, yang mungkin saja diakibatkan anda lelah atau mengantuk, sebiknya segeralah beristirahat sejenak. Karena jika anda memaksaknnya, sama saja dengan anda mempertaruhkan keselamatan anda dan juga semua penumpang mobil anda.

Memaksakan diri untuk tetap nyetir dengan kondisi lelah dan mengantuk adalah perbuatan buruk ya sobat, jangan meniru apalagi melakukannya. Budayakan berkendara dengan sehat jasmani demi keselamatan anda.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tipskuat nyetir mengemudi mobil di luar kota yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips kuat nyetir. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here