Hello sobat terkasih, ketemu lagi dengan penulis yang selalu setia menemani anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengemudi di tempat tingal atau di daerah yang biasa nya kita lalui tentunya berbeda dengan mengemudi di luat kota atau tempat yang jarang atau bahkan belum pernah kita lalui sama sekali.

Selain lebih menegangkan karena memang belum tau medan perjalanannya seperti apa, juga sekaligus menguji kecakaan dan keahlian anda dalam mengemudikan kendaraan kesayangan anda. Selain itu faktor kehati – hatian dan kewaspadaan menjadi salah sau modal utama yang harus anda miliki dan terapkan dalam perjalanan ini.

Selain itu modal keberanian dan modal kepercayaan diri juga tidak luput pentingnya dari anda ketika melakukan perjalanan atau mengemudi di luar kota ya sobat. Bagi anda yang menggunakan mobil seperti misalnya kijang innova type v at gasoline, pastikan untuk menjaga kondisi mobil anda ya sobat.

Tips Mengemudi Mobil di Luar Kota

Tentunya sobat semua sudah pernah mengemudi atau dikemudikan ke luar kota atau di luar kota bukan? Nah sobat tentunya kondisi jalanan yang anda lalui juga berbeda dengan kondisi jalanan yang anda lalui sehari – hari bukan. Bagi pengendara yang biasanya hafal dengan jalanan, sudah terbiasa dengan polisi tidur yang dilaluinya, tikungan yang dilaluinya atau bahkan tanjakan atau turunan yang dilaluinya setiap hariya. Kondisi inilah yang mengharuskan anda untuk tetap waspada dalam melakukan perjalanan anda ya soabt.

Dalam pembahasan kali ini, penulis khusus memberikan tips bagi sobat semua yang akan dan sedang menegmudi di luar kota. Bagi sobat semua yang sering melakukan perjalanan ke luar kota, sebaiknya mari kita simak ulasan berikut ini mengenai tips mengemudi mobil di luar kota ya sobat, siapa tahu saja dapat menjadi referensi bagi anda. Mari kita simak dengan seksama.

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Tips mengemudi mobil di luar kota yang pertama adalah memastikan orang yang akan mengemudikan anda keluar kota tersebut dalam kondisi sehat, fit dan bugar ya sobat. Pasalnya tenaga, konsentrasi dan daya uji ketika melakukan perjalanan dilaur kota tentunya akan berbeda ketika anda melakukan perjalanan di dalam kota yang memang sering anda lewati.

Pasalnya medan jalanan yang akan anda tempuh bisa saja lebih sulit atau sebaliknya dari keadaan jalanan yang anda lewati sehari – harinya. Untuk itu pastikan kondisi anda dalam keadan stamina yang prima ya sobat. Pelajari juga masalah – masalah yang sering timbul pada mobil anda, contohnya saja anda menggunakan mobil kijang innova type g at gasoline, maka sudah wajar jika pemilik lebih tau kelemahan dari kendaraannya.

2. Lakukan Service Terlebih Dahulu

Tips mengemudi mobil di luar kota yang kedua, pastikan kondisi mobil yang akan anda kendarai dalam keadaan yang oke. Sebelum mobil kesayangan anda akan anda bawa berpetualang ke luar kota, ada baiknya jika anda melakukan service terlebih dahulu di bengkel yang profesional. Jika memang anda paham mengenai cara service mobil sendiri, maka anda bisa melakukannya sendiri. Selain hemat, proses service pasti akan lebih baik.

Hal ini bertujuan agar keadaan mobil anda dalam kondisi yang “ Oke” baik luar maupun dalam, agar tidak ada ada kendala yang cukup berarti yang dapt menghambat perjalanan anda nantinya. Pastikan anda melakukan service di bengkel yang resmi ya sobat, agar petugas dari bengkel tersebut melakukan pengecekan dengan benar pada setiap komponen mobil anda dan juga melakukan perawatan dengan benar pula.

3. Mempelajari Jalur yang Akan Dilewati

Tips mengemudi mobil di luar kota yang ketiga, mencari informasi mengenai jalan yang akan anda lalui. Sebelum anda melakukan perjalanan diluar kota, sebaiknya anda cari tau terlebih dahulu informasi mengenai tempat yang akan anda kunjungi. Hal ini untuk mempermudah anda mengunjungi daerah yang menjadi tujuan anda.

Selain itu informasi ini penting bagi anda untuk meng update keadaan atau kondisi terkini di daerah yang akan anda lalui. Gampang kan sobat melakukan hal yang satu ini, karena sekarnag semuanya sudah bisa di update melalui ponsel pintar anda.

4. Mengemudilah Dengan Baik dan Menjaga Konsentrasi

Pastikan pada saat mengemudi, pandangan anda fokus pada jalanan yang sedang anda lalui. Pada banyak kasus kecelakaan yang terjadi, banyak sekali kecelakaan tersebut terjadi yang disebabkan oleh kelalaian oleh pengemudinya sendiri.

Salah satu penyebabnya adalah tidak konsentrasi dalam melakukan pengemudiaanya atau setirannya, sehingga mengakibatkan kecelakaan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena pengemudi sibuk berbicara atau sambil bercanda dengan rekan disampingnya, bisa juga sambil telpon pada saat menyetir, dan masih banyak lagi hal yang sebenarnya disebabkan oleh kelalaian pengemudi itu sendiri.

Sebaiknya jangan berbicara, bercanda dalam porsi yang berlebihan ya sobat sehingga mengurangi konsentrasi anda dalam berkendara. Selain itu, jangan biasakan bertelpon pada saat mengemudikan kendaraan anda ya sobat.

5. Perhatikan Daerah Sekitar anda

Karena dianggap perjalanan diluar kota adalah perjalanan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, maka anda terlalu memfokuskan diri hanya pada jalanan saja. Fokus pada jalanan itu sifatnya harus ya sobat, namun ada hal yang perlu anda perhatikan juga pada saat anda melakukan perjalanan di luar kota.

Salah satunya adalah pemandangan di sekitar anda sobat. Sudah pasti pemandangan yang biasanya anda lihat sehari – hari akan berbeda dengan pemandangan yang dapat anda saksikan ketika sedang menyetir di lar kota. Memandangi keadan sekitar bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari anda dari rasa jenuh dan bosan. Jadi nikmatilah sebaik mungkin pemandangan yang ada di alam Indonesia yanh kita banggakan ini ya sobat.

6. Ikutilah Semua Aturan yang Sudah Ditentukan

Pada dasarnya semua aturan lalu lintas di setiap daerah adalah sama. Tetapi apabila anda menemukan perbedaan tertentu dari tempat yang bisanya anda lalui, tetap ikuti aturan tersebut ya sobat. Karena dimana anda berada, anda juga harus mengikuti aturan yang berlaku pada daerah tersebut.

Jangan sampai anda melanggar atau bahkan ngomel – ngomel pada petugas lalu lintas di daerah yang sedang anda lalui ya sobat, bahasa kerennya jangan membuat malu di daearah orang lain. Karena memang seyogianya peraturan itu dibuat karena ada maksud baik didalamnya. Jadi tetap ikuti peraturan yang ada ya sobat.

7. Menikmati Wisata Kuliner

Tips mengemudi mobil di luar kota yang terakhir, wajib coba wisata kuliner. Agar perjalanan anda tidak membisankan dan agar konsentrasi nyetir anda tetap prima, ada baiknya anda mencoba kuliner asli dari daerah yang anda tuju tersebut ya sobat. Selain membuat anda kenyang, anda juga bisa melepaskan lelahnya menyetir sembari anda menikmati kuliner anda. Bagaimana sobat menarik bukan tips ini?

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips mengemudi mobil di luar kota yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips mengemudi mobil di luar kota. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here