Untuk anda yang gemar mendengarkan music secara keras di dalam mobil, tentunya anda tidak asing dengan alat bernama amplifier. Untuk menghasilkan Suara yang keras dan berkualitas, penggunaan power amplifier pada mobil sangatlah disaran.

Karena amplifier pada mobil memiliki peran penting untuk speaker mobil, yaitu sebagi penguat sinyal daya. Atau Fungsi lainnya adalah menambah kekutan daya untuk mendorong subwoofer sehingga lebih optimal. Amplifier memberikan tingkat daya volume yang pas dan merata sehingga suara tanpa distorsi jika volume dibesarkan. Namun tidak sedikit yang mengalami masalah kerusakan pada Amplifier di mobil anda. Berikut akan dijelaskan cara memperbaiki amplifier mobil yang mati total.

Tetapi sebelum itu mari cari tahu terlebih dahulu penyebab kerusakan pada amplifier yang mengakibatkan amplifier mati total.

Penyebab yang biasanya terjadi yaitu karena salah pemasangan konektor power supplay.
Sekring utama pada amplifier dari aki mengalami kerusakan/putus.
Pemasangan konektor power supplay kurang rapat, dan tidak berfungsi.

Amplifier Mobil Mati Total
Setelah mengetahui penyebab kerusakan pada amplifier mobil sehingga menyebabkan amplifier mati total, berikut akan dijelaskan cara memperbaiki amplifier mobil yang sudah mati total yang mungkin dapat anda lakukan sendiri dirumah sebelum membawanya ke tukang service.

Siapkan peralatan teknis seperti :
obeng
gunting
kabel
solder beserta timah
tang dan
multitester
Berikutnya setelah menyiapkan peralatan teknis, bongkar box power amplifier menggunakan obeng.
Setelah box berhasil dibuka, lakukan pengecekkan pada semua kabel dan sekring yang terhubung apakah terhubung dengan baik atau tidak. Jika terjadi kerusakan segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru.
Lalu Cek tegangan AC yang masuk ke Trafo , jika setelah dicek masih normal maka kita beralih pengecekan ke tegangan yang keluar dari trafo dengan tester. Apakah terdapat tegangan yang keluar atau tidak , jika tidak terdapat tegangan yang keluar , berarti trafo tersebut telah rusak dan sebaikanya segera menggantinya dengan yang baru .

Jika amplifier masih mati maka selanjutnya lakukan pengecekka pada jalur PCB. Apakah ada jalur pada PCB yang terbakar atau putus. Apabila terdapat jalur PCB yang putus maka anda bisa memperbaikinya dengan cara JUMPER menggunakan Kabel.
Setelah memperbaiki jalur PCB, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengecekkan pada transistor penguat akhir. Dengan cara lepas kedua transistor tersebut untuk di ukur dengan menggunakan multitester dan jangan lupa ukur juga kedua resistor ber warna putih 5ohm 5watt masih terhubung atau tidak.

Bagi anda yang tidak mengetahui Transistor penguat akhir yaitu transistor yang dipasang pada heatsink atau pendingin yg berhubungan dengan Loud speaker atau Sound dengan melewati dua Resistor besar warna Putih. jika transistor mengalami kerusakan maka segera ganti dengan yang baru.

Terakhir, pasang kembali komponen-komponen yang telah dibongkar dan tutup kembali box amplifier jika amplifier anda telah selesai diperbaiki.
Lalukan Pengetesan pada Amplifier apakah sudah dapat berbunyi dengan baik atau tidak.
Dari penjelasan diatas setelah dilakukan pembongkaran biasanya amplifier sudah dapat bekerja kembali seperti semula. Jika dirasa anda telah mengikuti langkah diatas namun power amplifier masih mati total anda dapat membawanya ke tukang service. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here