Saat sedang mengendarai mobil, pernahkah anda merasa mesin mobil menjadi cepat panas? Jika hal ini terjadi pada mobil anda, maka tentu saja anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Kondisi mesin mobil yang cepat panas bisa jadi karena kerusakan yang terjadi pada komponen mobil anda. Permasalahan ini seringkali terjadi karena pemilik mobil tidak mengetahui cara merawat mesin mobil dengan baik. Kondisi seperti ini tidak dapat diremehkan begitu saja karena nantinya akan berakibat fatal bagi anda saat mengendarai mobil tersebut. Mobil anda dapat tiba-tiba mogok ditengah jalan ataupun dalam kecepatan tinggi.

Biasanya masalah seperti ini terjadi pada mobil-mobil yang berusia cukup tua. Untuk itu pentingnya mengetahui cara merawat mesin mobil tua yang benar. Namun bukan berarti kerusakan seperti ini tidak akan terjadi pada mobil yang masih baru, terutama yang jarang dirawat. Lalu bagaimana cara mengatasi mesin mobil cepat panas? Penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian mengatasi penyebab tersebut.

1. Masalah Pada Radiator dan Cara Mengatasinya

Penyebab mesin mobil cepat panas yang paling sering terjadi adalah masalah pada radiator mobil. Beberapa kerusakan radiator dapat menyebabkan temperatur mesin mobil menjadi cepat panas dan overheating. Salah satu hal yang menyebabkan kerusakan adalah kebocoran pada radiator. Untuk itu lah penting melakukan pengecekan rutin pada selang dan radiator apakah selalu dalam kondisi baik dan tidak tersumbat. Segera bawa langsung mobil ke bengkel yang khusus menangani radiator mobil. Jika kerusakan yang terjadi cukup parah, akan lebih baik untuk melakukan penggantian pada radiator untuk mencegah mesin mobil menjadi overheating kembali.

Penyebab lainnya disebabkan karena anda menggunakan cairan radiator yang kurang tepat. Seringkali pemilik mobil hanya menggunakan air biasa ataupun air sumur sebagai cairan radiator. Sehingga menyebabkan kondisi radiator menjadi kotor karena tumpukan logam dan mineral pada elemen radiator. Gunakan cairan yang memang khusus untuk radiator dan lakukan penggantian rutin 5 minggu sekali.

Kondisi radiator yang kotor juga sering menyebabkan sirkulasi menjadi kurang lancar yang menyebabkan mesin mobil cepat sekali panas. Sehingga lakukan perawatan dengan rutin sehingga kondisi radiator selalu terjaga dengan baik. Jangan lupa menggunakan cairan khusus anti karat untuk meluruhkan karat-karat yang menempel. Namun jika kondisinya sudah cukup parah, anda bisa mencoba mengganti kisi-kisi radiator.

2. Masalah Penggunaan Oli dan Cara Mengatasinya

Penyebab lainnya bisa dikarenakan penggunaan oli yang kurang baik yang menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas. Penggunaan kualitas oli yang rendah akan menyebabkan mesin cepat overheating sehingga mesin mobil bisa tiba-tiba mati mendadak. Mengapa? Hal ini karena oli tersebut tidak mampu menahan panas mesin yang berlebih. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan volume oli cepat berkurang, sehingga kinerja mobil tidak maksimal serta mesin akan cepat rusak. Cara mengatasi mesin mobil cepat panas ini dapat anda lakukan dengan menggunakan oli mobil yang memang memiliki kualitas dan sesuai spesifikasi mesin mobil anda. Ada banyak oli mobil terbaik di pasaran yang bisa anda pilih. Selain itu pastikan melakukan pengecekan rutin agar tidak terjadi kebocoran oli.

3. Masalah Pada Thermostat dan Cara Mengatasi

Kondisi mesin mobil yang menjadi panas secara cepat bisa disebabkan karena kerusakan pada masalah thermostat. Thermostat adalah alat yang mengukur suhu yang ditempatkan di mesin mobil. Jika thermostat tidak dapat bekerja dengan baik maka tentu saja tidak memberikan akurasi temperatur yang tepat. Sehingga temperatur mesin mobil akan terus menerus meningkat. Untuk mencegah kerusakan tersebut maka tentu saja lakukan pengecekan rutin tentang kondisi thermostat mobil anda. Namun jika kondisi thermostat sudah cukup rusak parah, maka segera ganti komponen thermostat sehingga kerja nya tidak akan menganggu komponen mobil lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin mobil cepat panas saat berada di tengah jalan? Berikut ini cara-cara yang bisa anda lakukan.

Jika terjadi overheat saat sedang mengendarai mobil, maka segera berhentikan mobil di pinggiran jalan dan matikan mesin kendaraan. Hal ini dilakukan agar tidak memperparah kerusakan yang terjadi.
Cepat buka kap mesin agar panas yang ada di dalam mesin dapat cepat menyingkir. Namun hati-hati jangan sampai terkena panas dari radiator mobil.
Jangan membuka tutup radiator ketika mesin masih panas, hal ini akan menyebabkan resiko kulit terkena uap panas.
Kemudian periksa cadangan air radiator, jika anda melihat air radiator berkurang maka anda bisa mengisi air radiator jika dibutuhkan. Namun hal ini hanya bisa anda lakukan ketika kondisi mesin sudah mendingin. Sehingga diamkan dulu mesin mobil anda beberapa saat dan kemudian barulah anda mengisi cairan radiator.
Jika hanya terjadi kekurangan cairan radiator, maka anda bisa mengatasi mesin yang panas tersebut dengan mengisi radiator dengan cairan khusus dan melanjutkan perjalanan. Namun jika ciri ciri mobil overheating yang terlihat sudah terlalu parah, maka segera cari bantuan karena akan sangat beresiko untuk melanjutkan perjalanan anda. Jangan memaksakan kendaraan untuk dijalankan.
Namun jika tidak ada bantuan, maka anda bisa melanjutkan perjalanan namun tetap perhatikan beberapa hal berikut ini dalam mengendarai mobil yang overheating. Mulai dari mematikan AC, menyalakan heater, selalu perhatikan petunjuk temperatur, jalankan mobil dengan stabil, dan jangan mengendarai di kondisi jalanan yang macet. Jangan melakukan sesuatu yang menyebbakan temperatur mesin mobil terus meningkat.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi mesin mobil cepat panas yang bisa anda lakukan, baik ketika berada di rumah maupun kondisi sedang berada di jalanan. Jangan sesekali menyepelekan kondisi mesin mobil yang cepat panas ini, hal ini akan sangat membahayakan jika anda membiarkannya begitu saja. Segera lakukan perbaikan untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here