Cara Mengkilapkan Cat Mobil Yang Pudar dan Buram Secara Sederhana sangat membantu ketika mobil sudah berusia lebih dari 3 tahun. Merawat mobil tentunya tidak hanya selalu berkaitan dengan mesin dan komponen-komponen yang mendukung kerja dari mobil anda. Penampilan bodi mobil tentunya juga perlu anda perhatikan. Kondisi dari bodi mobil yang tidak baik tentunya mempengaruhi kenyamanan anda dalam berkendara.

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi penampilan dari mobil anda adalah cat mobil. Kondisi cat mobil yang masih baru tentunya masih dalam keadaan yang mengkilap. Namun seiring dengan berjalannya waktu tentunya kondisi cat mobil bisa memudar. Banyak hal ataupun perlakuan anda yang dapat membuat kondisi cat menjadi kusam ataupun kurang mengkilat, antara lain adalah:

Kotoran burung atau serangga yang menempel pada bodi mobil
Polusi di udara
Pemoles mobil yang menggunakan bahan-bahan abrasive
Garam
Mencuci mobil dengan ari panas
Dan masih banyak lainnya.
Bila anda ingin membuat bodi mobil anda mengkilat, maka hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah dengan mengetahui tipe dan jenis cat mobil yang anda gunakan. Dengan mengetahui hal ini, anda dapat mengetahui produk perawatan mana yang cocok untuk mobil anda gunakan. Pada dasarnya, tipe cat mobil yang digunakan terbagi menjadi tiga jenis, antara lain.

1. Nitro Celulose (NC)

Jenis cat ini biasanya digunakan pada mobil keluaran tahun 80an. Tipe cat ini biasanya memang tidak stabil pada warna serta kilap nya sehingga anda harus sering untuk memolesnya. Jika mobil anda menggunakan jenis cat ini, maka anda perlu merawatnya dengan obat poles yang berbahan dasar silikon. Produk yang bisa anda gunakan adalah Amway Silicon Glaze.

2. Nitro Celulose Modified

Jenis cat NC Modified ini biasanya digunakan pad amobil-mobil keluaran tahun 90an. Sebenarnya bahan dasar dari cat mobil ini hampir sama dengan jenis NC biasanya, namun pada NC Modified sudah terdapat bahan tamabahn yaitu bahan hardener yang membuat warna cat menjadi lebih kuat. Untuk perawatan yang tepat, anda dapar menggunakan bahan yang sama yang digunakan pada jenis NC biasa.

3. Polyurethane (PU)

Jenis cat ini biasanya digunakan pada mobil-mobil yang dikeluarkan pada tahun 2000 ke atas. Salah satu keunggulan dari jenis cat ini adalah daya tahannya yang lebih tinggi dibandingkan jenis cat-cat sebelumnya. Untuk merawat cat mobil ini akan lebih baik jika tidak menggunakan bahan-bahan dengan dasar silikon, namun sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan perawatan yang berdasar organik.Bahan yang paling cocok digunakan adalah bahan carnauba. Namun banyak pula pilihan produk lainnya yang bisa anda gunakan, yang pasti jangan sampai produk perawatan yang anda gunakan berbahan dasar silikon.

Lalu bagaiamana cara mengkilapkan cat mobil anda agar tetap dalam kondisi yang baik? Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan.

1. Jangan Menggunakan Compound

Untuk membuat cat mobil anda kembali mengkilap, sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan compound sebagai perawatan rutin. Penggunaan compound dapat membuat cat mobil anda perlahan akan mengikis sehingga warna mobil dapat memudar. Kerja compound adalah sebagai obat poles yang digunakan dengan cara menggosoknya ke bodi mobil. Hal ini memang dapat mengkilapkan cat mobil anda karena permukaan mobil yang kusam dapat terkikis. Namun hal tersebut justru akan membuat cat mobil dapat terkikis.

2. Gunakan Wax

Bila anda ingin membuat mobil mengkilap tanpa perlu membuat permukaan cat dapat terkikis, anda dapat menggunakan wax karena dirasa lebih aman. Hal ini dikarenakan wax memiliki sifat seperti lilin. Berikut ini langkah-langkah penggunaan wax pada mobil anda.
Pastikan bila anda meletakkan kendaraan anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Cuci bodi mobil anda secara keseluruhan. Tak perlu menggunakan shampoo mobil jika kendaraan anda tidak terlalu kotor. Namun jika kondisi mobil anda penuh lumpur dan noda-noda, maka anda dapat menggunakan shampoo mobil agar bodi mobil anda benar-benar dalam kondisi yang bersih.

Setelah itu, keringkan mobil dengan menggunakan lap chamois. Kemudian anda dapat mulai memoles.
Namun jika cat mobil anda masih dalam kondisi yang baik, anda dapat melewatkan proses memoles dan langsung ke proses waxing.
Siapkan wax, obat poles, spons, dan kain lembut yang bersih atau microfiber.
Oleskan obat poles pada spon (jika anda menggunakan model obat poles cair). Kemudian gosokkan spon tersebut pada bodi mobil dengan gerakan memutar ataupun naik turun. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit kurang lebih 10-15 menit.
Setelah kering, anda dapat membersihkan sisa-sisa dari obat poles dengan menggunakan microfiber. Agar hasilnya dapat maksimal, anda dapat melakukannya hingga beberapa tahap jangan langsung menggunakan obat poles pada keseluruhan bodi mobil.

Proses selanjutnya yaitu waxing, untuk proses ini sebenarnya hampir sama dengan proses mempoles dengan menggunakan obat poles namun proses waxing lebih ringan.
Poles wax pada bodi mobil anda, setelah itu diamkan beberapa saat. Tak perlu menunggu lama, anda hany perlu menunggu kurang lebih 5 menit.

Kemudian setelah kering, bersihkan sisa-sisa wax dengan menggunakan lap kering.
Untuk bodi mobil yang tetap tampil mengkilap dan bebas dari jamur, akan lebih baik jika anda melakukan waxing minimal 1 kali dalam sebulan.

Selain membuat bodi mobil anda tetap mengkilap, hal lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan merawat cat mobil anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat cat mobil anda agar tetap mengkilap setiap waktu.

Hindari mobil anda terkena air hujan terus menerus. Jika mobil anda terkena air hujan, sebaiknya segera anda keringkan sehingga tidak menimbulkan tumbuhnya jamur yang dapat membuat cat menjadi kusam dan tidak lagi mengkilap.

Sebisa mungkin jauhkan mobil anda dari debu-debu yang ada di sekitar. Debu dan kotoran yang menempel dapat membuat bodi mobil menjadi tergores hingga menimbulkan baret. Jika terdapat debu yang menempel, sesegera mungkin untuk untuk memmbersihkannya. Bersihkan debu dengan menggunakan air agar tidak menimbulkan goresan-goresan pada bodi mobil.
Biasanya banyak pemilik mobil yang menggunakan cover mobil untuk melindungi mobil mereka. Namun jangan menggunakan cover pada saat kondisi mobil terkena matahari langsung karena hal ini dapat membuat lembab sehingga timbul jamur-jamur pada bodi mobil. Akan lebih baik jika anda menggunakan cover pada saat kondisi sekitar sudah dingin ataupun pada malam hari.

Jangan menggunakan bahan cover yang dapat ditembus dengan air. Bila anda menggunakan cover dengan bahan seperti itu dan tidak segera dibuka maka tentunya akan menimbulkan jamur pada cat mobil anda.
Hindari memarkirkan mobil di bawah pohon yang rindang. Memang sebaiknya mobil anda diletakkan di tempat-tempat yang teduh, namun anda juga perlu memperhatikan posisi dari tempat tersebut. Jika anda meletakkannya dibawah pohon bisa saja kotoran burung ataupun serangga dapat menempel pada mobil anda. Kotoran yang menempel membuat cat menjadi rusak dan kusam.
Hindari penggunaan cat, obat, shampoo dan apapun yang terkait dengan perawatan mobil yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengikis permukaan car mobil anda.

Hindari hal-hal yang dapat merusak cat mobil seperti pada saat pengisian air aki ataupun oli rem. Kedua bahan ini sangat berbahaya bagi cat mobil anda.
Nah itu tadi beberapa cara membuat mobil anda mengkilap seperti baru. Penampilan mobil yang indah tentunya membuat penampilan mobil semakin menarik. Selain itu, anda akan merasa nyaman mengendarai mobil anda kemanapun. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here