Penyebab mobil mati mendadak atau tiba-tiba mogok memang banyak sekali penyebabnya sehingga tiap mobil memiliki kasus yang berbeda, akan tetapi secara umum mobil yang mati mendadak biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Apa Penyebab Mobil Matic Mogok Secara Tiba-tiba

Pada artikel ini akan dibahas hal yang menyebabkan mobil matic mogok secara tiba-tiba. Dibawah ini beberapa penyebabnya.

  1. Gangguan pada sistem pengapian mobil
Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya ditandai dengan tidak adanya percikan api pada busi, penyebabnya macam-macam misalnya busi sudah soak (minta diganti), kabel busi putus sampai kerusakan coil.

Biasanya pemilik mobil sudah mengetahui kondisi pengapian mobil misalnya busi terbakar, sudah lama tidak diganti, busi kotor, delco terkena air, kabel bermasalah, sampai coil yang bermasalah.

Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya diawali dengan mobil mbrebet atau sering mati ketika bekerja keras.

2. Gangguan pada sistem kelistrikan mobil

Sistem kelistrikan mobil yang terganggu akan menyebabkan tersendatnya arus/ hilangnya arus listrik yang menuju koil untuk membuat bunga api, otomatis jika sistem kelistrikan mobil mati maka sistem pengapian juga mati (tidak ada pembakaran dalam mesin) mobil tidak bisa berjalan.

Sistem kelistrikan pada mobil dimulai dari Accu (aki), kabel, alternator, sampai koil (Tips Periksa dan Rawat Kondisi Aki Sebelum Rusak). Sebenarnya lampu-lampu, wiper, sistem audio dll, juga terhubung dengan sistem kelistrikan mobil, tapi kali ini yang dipentingkan adalah yang berhubungan dengan sistem pengapian mobil.

3. Gangguan sistem pasokan bahan bakar

Tersumbatnya saluran bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil mati mendadak Jika bensin/ solar tersendat/ terhambat di slang (saluran bahan bakar) maka apa yang terjadi? bensin tidak mengalir ke karburator dan tidak mengalir ke ruang bakar….lalu apa yang mau dibakar. Pastikan saluran bahan bakar tidak ada masalah, yang sering terjadi adalah bensin di tangki BBM sudah habis padahal indikator bensin masih banyak.

4. Temperatur tinggi atau mesin mobil (Overheat)

Faktor Faktor yang menyebabkan terjadinya overheat:

  1. Kipas radiator pendingin mesin rusak, rusaknya kipas radiator ini akan membuat mesin cepat sekali panas karena pendingin tidak berfungsi (cek putaran kipas, berputar atau tidak)
  2. Air radiator habis, nah ini juga sering terjadi dimana pemilik mobil lupa mengecek air radiator dan tidak menjaganya. Air radiator habis/ tinggal sedikit menyebabkan fungsi pendinginan mesin tidak berfungsi
  3. Temperatur mesin mobil tinggi atau (overheat) terjadi karena salah satu komponen pada cooling system tidak bekerja dengan baik, seperti contoh di atas, air radiator habis karena selang radiator pecah dan air radiator terbuang, atau kipas radiator tidak berputar jika menggunakan fan elektrik, belt water pump putus.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan mobil matic mogok secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here