Tentu anda pernah mengendarai mobil ke wilayah dataran tinggi seperti pegunungan atau bukit. Tapi ketika melalui tanjakan, mendadak mobil anda tidak kuat menaikinya.

Apa Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga

Ada jenis mobil yang kuat di tanjakan dan Sehingga semua penghuni mobil turun dan terpaksa mendorong mobil bersama-sama. Ini berarti mobil anda sedang tidak bertenaga dan tentu ada beberapa penyebab mobil tidak bertenaga. Dibawah beberapa hal yang menyebabkan mobil menjadi tidak bertenaga.

  • Kotornya Saluran Bahan Bakar

Penyebab mobil pertama tidak bertenaga mungkin karena kotornya saluran bahan bakar. Periksalah mulai dari tangki bahan bakar sampai injektor. Penyumbatan terjadi karena kotoran yang mengotori sistem injeksi. Dampak dari sumbatan ini membuat mesin pincang, kehilangan tenaga dan yang terburuknya mogok.
Ada beberapa komponen bahan bakar yang sering tersumbat oleh kotoran. Yaitu injektor dan filter bahan bakar.

  • Kekurangan Suplai Udara

Jangan meremehkan udara karena udara menentukan bagaimana tenaga mobil. Jika suplai udara besar, maka tenaga yang dihasilkan juga besar. Begitu juga sebaliknya, jika suplai udara kecil, maka tenaga mobil yang dihasilkan kecil. Temperatur udara juga mempengaruhi. Pada udara dingin, molekulnya cukup kecil sehingga suplai udara besar bisa masuk dengan mudah. Salah satu sebab mobil kekurangan suplai udara karena ada sesuatu yang mengganggu jalan udara hingga intake manifold.
Periksa dulu filter udaranya. Segera bersihkan apabila filter udaranya penuh dengan kotoran dan debu karena menghambat laju udara. Intinya tidak begitu jauh beda dengan filter bahan bakar. Filter bahan bakar diganggu oleh kotoran semacam timbal dan filter udara diganggu oleh debu yang menghambat masuknya udara.

  • Plat Kopling Sudah Habis

Ketika melalui tanjakan, umumnya orang-orang akan menggunakan setengah kopling. Penggunaan setengah kopling ini membuat gesekan kuat plat kopling dengan pressure plate. Semakin sering dua komponen ini bergesekan, maka plat kopling akan semakin cepat aus. Tenaga mesin tidak bisa lanjut ke transmisi karena plat kopling habis atau menipis. Waktu mobil melalui tanjakan, putaran mesin tidak mampu menggerakkan mobil.
Kenali tanda plat kopling yang sudah habis seperti kesulitan masuk gigi. Periksa dulu jika tanda-tanda ini muncul apakah plat kopling benar sudah habis.

  • Masalah Pada Turbo Vane

Di dalam mobil ada turbocharger yang salah satu komponen penyusunnya disebut turbo vane. Manfaat turbo vane ini untuk mengatur tekanan boost yang dihasilkan turbo. Mungkin penyebab mobil tidak bertenaga karena turbo vanenya bermasalah. Turbo vane yang bermasalah memperlihatkan dua efek yaitu overboost dan underboost.
Overboost terjadi karena terlalu banyak udara yang masuk yang mengakibatkan mesin knocking dan mengalami overheat. Underboost terjadi karena buka tutupnya katup tidak pas, mesin akan kekurangan udara sehingga tenaga mesin melemah.

  • Tapak Roda Terlalu Lebar

Tapak roda yang lebar memang lebih stabil tapi kerugiannya membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Wajar saja karena harus memutar massa dan luas penampang yang lebih besar. Jika spesifikasi mesin tidak mengatasi, maka malah membuat daya mesin semakin lemah. Sebaiknya gunakan roda yang sesuai spesifikasi.

Demikian artikel tentang Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here