Dibawah  ini adalah beberapa penyebab mobil timor boros bbm, semoga yang saya infokan ini bermanffat untuk kalian semua.

 Apa Penyebab Mobil Timor Boros Bbm? Ini Penyebabnya!

  1. Mobil Yang Sudah Tua

Mobil Timor termasuk mobil tua. Menurut wikipedia, masa produksinya saja mulai dari tahun 1995 hingga 2005. Entah sudah berapa ratusan ribu kilometer yang sudah dilalui. Semakin banyak kilometer yang sudah dilalui, maka semakin boroslah mobil tersebut. Mirip seperti manusia yang sudah tua. Dengan kata lain, performansinya menurun.

Solusinya yaitu mengembalikan performa mobil timor ke performa tertinggi. Tapi ini gampang-gampang susah. Karena harus mensetting beberapa komponen penting yang menentukan performa mobil. Setting ini juga harus tepat agar komposisinya juga tepat. Untuk mobil Timor DOHC (Double Over Head Cam) yang rumit di tiap sensornya.

Untuk Timor SOHC (Single Over Head Cam) yang rumit ada di bagian karburator karena karburator SOHC sudah semi elekrtik. Sebaiknya konsultasi dengan para ahli otomotif yang bisa menyetting. Semakin baik komposisinya maka semakin efisien pula bensin yang terpakai.

  1. Oli Mesin Kurang Kental

Penyebab mobil timor boros bensin pertama adalah karena oli mesin yang kurang kental. Satuan pengukuran kekentalan oli ini bernama society of automotive engineers (SAE). Semakin kental olinya maka semakin tinggi pula nilai SAE. Penggunaan kekentalan oli ini bergantung pada berapa lama usia mobil. Mobil yang usianya sudah lebih dari lima belas tahun sebaiknya menggunakan oli yang kental. Contohnya kalau produksi mobil sebelum tahun 2000 sebaiknya memakai oli yang 20W-50. Mesin pada mobil tua sudah longgar, karena itulah butuh oli yang lebih kental dari oli yang digunakan pada mobil baru.

Kalau mobil tua dipaksa menggunakan oli yang encer, maka mesinnya akan kasar. Karena peluang terjadinya gesekan antar mesin akan lebih besar. Sehingga tarikannya pun kasar dan tentu memakan bahan bakar yang lebih banyak dari semestinya. Jika mobil Timor anda boros bensin, maka solusinya coba diganti dengan oli yang kekentalannya tinggi. Jangan gunakan oli full synthetic karena terlalu encer untuk mobil tua meski kemampuan serapnya bagus.

 

  1. Cara Mengemudi yang Buruk

Jangan salah, ternyata cara mengemudi yang buruk juga bisa menjadi penyebab mobil timor boros bensin. Seperti menekan pedal dan gas secara bergantian dalam waktu singkat atau mendadak. Biasanya ini terjadi ketika anda menghadapi macet dan semacamnya. Solusinya tentu menjaga jarak dengan mobil depan. Mungkin sekitar dua meter. Jika ingin melakukan percepatan maka injak pedal gas secara perlahan dan jika ingin berhenti maka injak dengan perlahan pula. Bisa juga gunakan rem tangan ketika berada di lampu merah atau macet. Jangan menginjak kopling terus. Ini membuat pelat kopling segera habis dan nanti akan membuat bahan bakar boros.

  1. Perawatan Kurang Rutin

Penyebab mobil timor boros bensin terakhir adalah pemilik kurang memberikan perawatan rutin pada mobilnya. Perawatan rutin sangatlah perlu untuk menjaga mobil tetap irit bensin. Terutama mobil tua seperti timor. Anda harus melakukan perawatan menyeluruh. Seperti pada filter udara. Pastikan filter udara bersih dari debu. Jangan lupa bersihkan kerak di ruang pembakaran karena kerak mengurangi volume ruang bakar.

Kemudian perhatikan juga kondisi pistonnya. Amati secara berkala apakah piston dan ring pistonnya masih aus atau tidak. Sesuaikan juga letak busi dan karburator karena posisi busi dan karburator yang tidak pas bisa membuat bensin anda semakin boros. Kampas rem dan bearing roda yang sudah tua juga berpotensi membuat bensin boros. Karena bisa memperberat putaran roda.

Itulah beberapa info mengenai Macam Penyebab mobil Timor boros bbm, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua, Wassalamualaikum,wr.wb.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here