Mempunyai mobil yang ac nya tidak dingin sangat membuat perjalanan tidak nyaman,anda harus segera megatasinya,sebelum memperbaikinya anda harus lebih tau dulu apa penyebabnya,berikut ini adalah penyebab ac mobil tidak dingin.

Penyebab ac mobil tidak dingin.

Freon yang kurang atau Habis

Freon yang kurang atau habis bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada salah satu sistem AC. Karena cara kerja Freon adalah sirkulasi, jika tidak ada kebocoran maka Freon dalam AC tidak mungkin kurang atau habis. Kebocoran pada freon mengakibatkan Ac mobil tidak dingin optimal.

Kondensor dan Radiator yang kotor

Jika permukaan kondensor atau radiator kotor, maka pembuangan panas dari gas freon yang bertekanan tinggi dalam kondensor menjadi tidak sempurna. Hal ini akan berakibat pada proses kondensasi yang tidak maksimal, sehingga suhu AC mobil kurang dingin.

Extra fanAc meleleh, Lemah atau bahkan Mati

Putaran motor fan yang lemah atau bahkan mati berdampak langsung pada pembuangan panas dalam kondensor. Jika pembuangan panas dalam kondensor tidak berjalan dengan baik, maka proses kondensasi yang menghasilkan suhu dingin juga akan terhambat. Penting bagi pengguna mobil untuk terus memastikan kinerja motor cooling agar suhu dingin AC mobil tetap terjaga.

Magnetic Clucth Mati atau Terbakar

Jika spul Magnetic Clucth mati atau terbakar, maka center piece tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar. Akibatnya, sirkulasi udara dalam AC juga terganggu sehingga Ac mobil tidak dingin.

Tekanan Freon dalam kondisi Over Heat

Tekanan yang berlebihan dalam sistem AC menyebabkan kondensor menjadi over heat atau terlalu panas. Hal ini membuat kompresor menjadi terlalu panas dan secara otomatis membuat kinerja AC menjadi menurun, sehingga suhu Ac mobil tidak dingin.

Oli Kompresor Berlebihan

Sistem AC memiliki volume yang tetap. Maka jika ada oli kompresor yang berlebihan, ruang untuk Freon menjadi terbatas. Jika kita masih tetap menambahkan dengan Freon hingga penuh, hal ini justru akan membuat sistem AC menjadi over heat.

Kompresor yang Aus tau Jebol

Kompresor AC yang Aus biasanya ditandai dengan tekanan AC yang tidak normal, Sigh Glass terlihat hitam,dan Dryer atau Expansi Valve tersumbat (masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda). Jika sudah muncul tanda-tanda seperti yang telah disebutkan, maka segera ganti kompresor anda untuk menjaga kinerja AC anda tetap optimal.

Thermistor atau Termostart yang Bermasalah

Thermistor Cooler merupakan peraba suhu yang berada di dalam rumah evaporator. Alat ini berfungsi untuk membaca perubahan temperatur, kemudian diteruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompresor. Jika kinerja alat ini bermasalah, maka sistem AC akan terganggung regulasinya, sehingga berdampak pada suhu Ac mobil tidak dingin.

Evaporator yang Kotor

Pada artikel kami yang lain, kami telah mengulas tentang kotoran yang menempel pada evaporator dan berujung dengan Korosi Pada Evaporator korosi, debu yang dihisap oleh blower dan menempel di evaporator akan menyebabkan aliran udara menjadi tersumbat. Hal ini berakibat pada sistem sirkulasi AC yang tidak lancar, sehingga AC terasa kurang atau tidak dingin.

Saluran Air pembuangan pada Box Evap yang Tersumbat

Jika saluran pembuangan air pada sistem kondensasi tersumbat, maka Box Evap akan dipenuhi oleh air. Akibatnya, Dashboard akan mengembun bahkan hingga meneteskan air ke karpet mobil. Sehingga alih-alih membuat suhu di dalam mobil menjadi dingin, AC justru membuat mobil anda menjadi basah. Jika air memenuhi Box Evap, maka aliran udara dari blower juga menjadi terhambat.

Itu dia penyebab nya,berikut ini ada cara mengatasi ac mobil anda yang tidak dingin.

Cara mengatasi ac mobil tidak dingin.

  1. Menjaga Kebersihan Kabin

Cara termudah merawat ac mobil yaitu selalu menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Pakailah karpet sebagai alas di dalam kabin agar debu dan kotoran yang menempel tidak langsung mengenai lantai mobil. Kalau lantai mobil kotor, tinggal buka karpet. Lalu, pasangkan kembali.

  1. Mencuci Bagian Kondensor

Kondensor bentuknya mirip dengan radiator mobil. Bagian kondensor juga perlu dirawat dengan membersihkannya secara rutin. Kalau tidak, maka kondensor mudah berkarat atau korosi dan keropos. Hidupkan air kencang dan semprotkan langsung pada bagian kondensor. Terutama di bagian sela-sela kondensor yang berdebu.

  1. Memarkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

Memilih parkir yang teduh juga termasuk cara untuk merawat ac. Pasalnya kondisi ac akan terganggu jika mobil terlalu lama diparkirkan di tempat yang panas.

  1. Tidak Merokok di Dalam Mobil

Asap dari puntung rokok sangat berbahaya bagi ac mobil. Karena asap tersebut dapat diserap masuk ke dalam komponen ac melalui lubang filter. Asap rokok yang menempel di dalam kabin juga sangat sulit dihilangkan karena sifatnya yang pekat.

  1. Tidak Membuka Kaca Mobil

Membuka kaca mobil terlalu sering menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk ke bagian kabin. Sehingga kabin menjadi kotor. Tidak hanya itu saja, debu dan kotoran nantinya juga masuk ke dalam lubang ac yang mengakibatkan ac menjadi tidak dingin. Oleh sebab itu, sebaiknya matikan ac mobil setiap kali kaca mobil dibuka.

  1. Tidak Makan di Dalam Mobil

Makan di dalam mobil sebenarnya sah-sah saja. Namun, Anda perlu berhati-hati saat makan di dalam mobil, apalagi kalau makannya berkuah. Jangan sampai makanannya tumpah, apalagi di dekat ac mobil.

  1. Matikan AC Saat Kaca Mobil Terbuka

Seperti yang telah disebutkan di atas, ac lebih baik dimatikan setiap kali membuka kaca mobil. Sehingga debu dan kotoran yang ada di luar tidak masuk ke dalam kabin dan diserap oleh ac.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi ac mobil anda yang  tidak dingin,semoga dapat membantu kita semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here