Mempunyai mobil merupakan keuntungan bagi si pemilik,namun jika mobil terbakar pasti sangat membuat si pemilik terkejut dan merasa takut,hal ini harus di cegah,sebelum itu anda harus tau dulu apa penyebab mobil anda bisa terbakar,berikut penyebabnya.

Penyebab brio terbakar.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil brio bisa terbakar:

  • Kebocoran bahan bakar dan oli

Terdapat cairan mudah terbakar yang bersirkulasi ketika mobil dijalankan. Seperti bensin, solar, oli mesin, oli transmisi, oli power steering dan bahkan cairan pendingin mesin. Semua cairan ini bisa terbakar jika selang atau tangkinya bocor.

Kebocoran adalah penyebab utama dalam berbagai insiden kebakaran mobil. Dalam suhu sekitar 7,2 derajat Celcius, bensin bisa terbakar dengan percikan kecil, seperti api yang berasal dari ruang bakar mobil.

Cara terbaik mencegah hal ini terjadi adalah merawat sistem sirkulasi bahan bakar dan oli mobil. Jika mencium bau bensin di sekitar dan di dalam mobil, cari sumbernya dan segera perbaiki.

  • Kerusakan listrik

Kerusakan di sistem kelistrikan mobil adalah penyebab kedua kebakaran mobil. Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan timbunan gas hidrogen di ruang mesin. Gas ini bisa bocor jika terdapat kerusakan pada kabel. Percikan api pada gas bisa memantik timbulnya kebakaran dalam mobil.

Kebakaran akibat kerusakan listrik bisa terjadi hampir di seluruh bagian mobil. Pasalnya, sistem kelistikan mobil tidak hanya terdapat di bagian bawah kap mesin saja, melainkan di sekujur mobil, seperti pintu, di bawah karpet, pendingin hingga sistem audio.

  • Mesin overheat

Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan overheat atau suhu terlalu panas. Panasnya mesin mobil dapat menyebabkan suhu oli sangat tinggi sehingga menetes atau bocor ke bagian yang bisa memantik api.

Biasanya mesin mobil yang mudah panas disebabkan oleh kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna. Kerusakan bisa menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien, pembakaran tidak sempurna, sehingga dapat menyebabkan beban kerja konverter katalisis terlalu besar>
Konverter katalisis atau catalytic converter (CC) berfungsi menyaring hidrokarbon dan polutan lain yang dihasilkan oleh mesin. Suhu CC bisa mencapai 1.000 derajat Celcius jika terlalu panas, bisa menyebabkan kebakaran interior mobil.
Keadaan mesin yang panas bisa segera diketahui dari indikator pada dashboard. Jika hal ini terjadi, segera pinggirkan mobil dan matikan mesin.

  • Kecelakaan

Mobil masa kini dirancang dengan kerangka yang aman untuk mengatasi dampak benturan jika terjadi kecelakaan. Namun jika kecelakaan terjadi sangat keras, cairan bahan bakar atau oli bisa bocor, benturan dan gesekan menimbulkan percikan api, kombinasi keduanya dapat menyebabkan kebakaran mobil.
Kecelakaan adalah sebuah keadaan yang tidak diinginkan semua orang. Namun jika terjebak dalam situasi ini segera jauhi kendaraan, khawatir mobil terbakar sewaktu-waktu.

Itu dia beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada mobil anda yang mengalami kebakar,dan berikut ini adalah cara mengatasinya.

Cara penjegahan.

Berikut ini adalah cara mencegah supaya mobil tidak terbakar:

  • Gunakan lampu original apabila wiring belum dimodifikasi
  • Pakai lampu dengan kapasitas lebih tinggi apabila wiring sudah dimodifikasi
  • Apabila ada kelistrikan tambahan pastikan melengkapinya dengan sekering dan relay
  • Apabila ada sekering putus di fuse blok jangan ganti fuse tersebut dengan kapasitas lebih besar.
  • Cek kabel dan konektor, kalau ada yang terkelupas segera dibalut
  • Rapikan kabel-kabel yang berantakan
  • Cek kabel baterai dan stater, pastikan kencang
  • Jangan gunakan kabel diameter kecil sebagai kabel arus utama
  • Pastikan catalytic converter tidak mengenai karpet peredam, bila perlu pasang pelindung
  • Cek selalu koneksi selang bahan bakar

Itu dia beberapa penyebab dan cara mencegah mobil terbakar,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here