Kebakaran mobil memang jarang ditemukan,namun kalian yang mempunyai kendaraan mobil harus tetap waspada,berikut ini ada penyebab dan cara mengatasi mobil yang terbakar.

Penyebab mobil terbakar.

Berikut ini adalah penyebabnya:

  • Kebocoran bahan bakar dan oli
  • Kerusakan listrik
  • Mesin overheat
  • Kecelakaan

Itu dia penyebab yang sering ditemukan oleh pengendara yang mempunyai masalah kebakaran pada mobilnya,dibawah ini ada cara mencegah mobil anda tidak terbakar

Cara mencegah mobil terbakar.

Berikut adalah cara mencegahnya:

  1. Gunakan Lampu Original Apabila Wiring Belum Dimodifikasi

Bagi pengguna mobil biasanya akan senang memodifikasi mobilnya. Modifikasi yang ringan adalah mengganti lampu bawaan mobil dengan lampu-lampu after sales. Umumnya ini dilakukan untuk menghasilkan efek cahaya yang berbeda dari sebelumnya.

Ini boleh saja tapi yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi dari lampu pastikan sesuai dengan bohlam aslinya. Penggunaan bohlam yang tidak sesuai dengan spesifikasi kelistrikan mobil dapat menyebabkan lampu panas dan akhirnya meleleh. Sehingga cukup rawan terjadi pembakaran.

  1. Pakai Lampu dengan Kapasitas Tinggi

Cara ini akan membuat arus listrik yang mengalir ke lampu menjadi semakin besar. Namun kalau kita perbesar arus tanpa mengganti bohlam itu yang beresiko. Karena bohlam stkamur mobil memiliki kapasitas yang telah diset, sehingga arus listrik yang mengalir itu melebihi kapasitas dari bohlam tersebut.

  1. Gunakan Sekering dan Relay

Untuk mengamankan lampu dari kebakaran, gunakan fuse dan relay. Fuse akan melindungi kelistrikan dari kebakaran dengan memutuskan rangkaian ketika terjadi lonjakan aliran arus. Sementara relay akan melindungi saklar dari potensi arus besar sehingga potensi panas yang dihasilkan tidak berlebihan.

  1. Cek Kabel dan Konektor

Kabel yang terkelupas menjadi penyebab lain yang juga cukup sepele. Kadang, kabel yang terkelupas bisa dikarenakan saat kita menyambung kabel namun isolasi kabel terkelupas. Sehingga kawat tembaga bisa menyentuh blok mesin atau komponen mobil yang berbahan logam.

Kita tahu sendiri kalau komponen mobil yang berbahan logam (konduktor) itu terhubung ke masa atau negatif baterai. Selain dari faktor ketidaksengajaan, kadang ulah tikus juga bisa menyebabkan kabel terkelupas bahkan putus. Sehingga kita perlu sering-sering mengecek kondisi kap mesin mobil kita.

  1. Rapikan Kabel-kabel

Merapikan kabel tidak hanya untuk enak dipandang tetapi memiliki peranan pentng di mana kita bisa mengatur dan memperkecil terjadinya korsleting pada kabel.

Itu dia penyebab dan cara mencegah mobil yang terbakar,semoga dapat membantu kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here